Mother&Baby Indonesia
Tips Belajar Memulai Bisnis Baru ala Drama Korea Start-Up

Tips Belajar Memulai Bisnis Baru ala Drama Korea Start-Up

Dalam memulai sebuah usaha atau bisnis, Anda perlu memahami beberapa hal yang mendasar agar usaha atau bisnis yang Anda lakukan berjalan lancar. Nah, jika Moms punya keinginan untukĀ membuka usaha di masa pandemi, namun masih memerlukan insight untuk memulainya, Anda bisa tonton serial drama Korea Start-Up.

Ya, banyak pelajaran bisnis yang diperoleh dari drama Korea tersebut. Faktanya, drakor Start-Up bisa membantu Moms menemukan banyak insight mengenai usaha baru yang Anda bangun dari awal hingga menjadi sukses nantinya. Drama yang diperankan oleh Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, dan Kim Seon Ho ini punya sejumlah tips yang bisa Anda pakai untuk memulai sebuah bisnis. Simak tipsnya berikut ini, Moms.




1. Pikirkan Secara Matang

Membangun bisnis memang tidaklah mudah. Karenanya, perlu ada pemikiran yang matang dengan segala kemungkinan terbaik dan terburuk yang bisa saja Anda hadapi selama menjalaninya.

2. Uang Bukan Fokus Utama

Usaha yang Anda jalankan nantinya memang akan menghasilkan pemasukan buat Anda. Namun, jangan jadikan ini sebagai tujuan utama! Carilah fokus lain, misalnya dengan membuat kalender tahun baru yang dilengkapi gambar bahasa isyarat agar bisa berkomunikasi dengan teman tuli.

3. Carilah Pengalaman dan Peluang

Sambil memulai bisnis secara bertahap, jadikan setiap momennya menjadi pengalaman dalam menghadapi situasi di masa depan. Selain itu, perhatikan sekitar untuk menemukan peluang yang akan membantu mengembangkan usaha Anda. Tapi, tetap berpatok pada tujuan Anda berbisnis, ya.




4. Tim yang Solid

Tujuan dari bisnis yang Anda bangun bisa tercapai dengan kerja sama tim yang baik. Karenanya, carilah rekanan yang bisa dipercaya, serius, namun memiliki pandangan terbuka pada setiap hal. Dengan begitu, usaha Moms bisa berkembang dan tetap sejalan hingga akhir.

5. Buat Strategi yang Tepat

Dalam menjalankan usaha, strategi dalam pengembangan hingga pemasaran ke investor tentu perlu dipikirkan dengan matang dan tepat. Tidak hanya sekadar merencanakan, tapi juga ada solusi dari setiap kemungkinan agar bisnis bisa terus berjalan.

6. Perlu Ada Mentor

Percaya atau tidak, keberadaan mentor akan membantu Anda untuk mencapai tujuan dari usaha yang dijalani. Merekalah yang akan membimbing, memberi saran dan kritik untuk Moms dalam membangun usaha. Maka, cari seseorang yang dapat menjadi mentor yang tepat untuk Anda dan tim, supaya tujuan dari bisnis yang dipilih bisa tercapai dengan maksimal.

Jadi, Moms masuk #timNamDoSan atau #timHanJiPyeong? Semoga tips di atas bisa membantu Anda membuka usaha baru dengan lebih semangat seperti Seo Dal Mi dan menjadi besar di kemudian hari ya, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik, IMDb)



Tags: memulai bisnis,   entrepreneur,   drama korea,   start up