Mother&Baby Indonesia
Mompreneurs: Trik agar Karyawan Bekerja Efektif saat New Normal

Mompreneurs: Trik agar Karyawan Bekerja Efektif saat New Normal

Pandemi akibat COVID-19 yang muncul sejak awal 2020 hingga saat ini tentu menghambat jalannya aktivitas sehari-hari. Dan menjalankan new normal atau kenormalan baru menjadi cara yang dipilih untuk menyesuaikan situasi, khususnya dalam hal pekerjaan.

Kenormalan baru ini pun tidak bisa mengembalikan langsung rutinitas seperti semula. Tetap ada pembatasan dan penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan WHO dan pemerintah, agar kita dapat hidup sehat dan terhindar dari virus yang telah menyebar di seluruh dunia ini.



Karenanya, pengusaha kecil ataupun besar seperti Moms perlu melakukan upaya untuk menjalankan protokol kesehatan yang tepat. Ini penting untuk diperhatikan oleh pengusaha secara maksimal, agar karyawan bisa bekerja secara efektif dan tetap sehat. Untuk membantu Mompreneurs, simak trik berikut ini!

1. Menjaga Komunikasi dengan Baik

Selama new normal, banyak usaha kecil dan besar memberlakukan sistem bekerja dari rumah. Meski banyak hambatan, namun Anda masih bisa memanfaatkan aplikasi daring yang memberi fasilitas group chatroom serta video call untuk memaksimalkan proses komunikasi.

2. Mengadakan Program Kesehatan Mental

Pembatasan aktivitas serta ketidakpastian dari situasi saat ini akan memengaruhi kondisi mental karyawan. Maka sebagai Mompreneurs, Anda perlu memperhatikan kesehatan karyawan secara fisik maupun psikis. Dalam hal kesehatan mental, Moms bisa mengadakan kelas yoga atau meditasi secara online bersama. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan konselor psikologis untuk membantu karyawan menghadapi masalah mental, seperti stres selama pandemi.



Hal ini pun dilakukan oleh PT Johnson & Johnson Indonesia yang menyelenggarakan Employee Assistance Program (EAP), untuk mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan karyawan. Kegiatan ini merupakan akses bagi karyawan untuk berkonsultasi dengan konselor bersertifikasi mengenai sejumlah masalah personal maupun terkait kesehatan mental, termasuk stres akibat pandemi.


3. Memastikan Kondisi Kesehatan

Di samping menjaga kesehatan mental, fisik karyawan juga penting. Moms bisa mengadakan kelas olahraga atau memanfaatkan aplikasi khusus workout/exercise bersama untuk memastikan semua karyawan menjalankan kegiatan ini dengan baik. Pemberian fasilitas ini mampu menjadi solusi dalam menjaga kesehatan tubuh Anda dan karyawan yang tetap bisa dipantau secara mobile.

Hal ini pun menjadi salah satu program yang dijalankan oleh PT Johnson & Johnson Indonesia. “Kami juga menyediakan berbagai inisiatif, salah satunya adalah pelatihan Energy for Performance®. Pelatihan ini bertujuan untuk menyosialisasikan perilaku hidup sehat yang membantu mereka menjadi lebih produktif dan efektif, sekaligus menjaga kesehatan fisik dan mental mereka. Semua karyawan memiliki akses ke pelatihan gratis ini. Hingga saat ini, lebih dari 92.000 karyawan di seluruh dunia telah menyelesaikan program tersebut,” jelas Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia.

4. Pergantian Waktu Kerja

Jika sudah kembali melaksanakan proses bekerja di kantor, maka Mompreneurs perlu membatasi jumlah karyawan serta waktu kerja mereka. Sistem shift ini akan membantu mencegah banyaknya karyawan yang berkumpul dalam satu waktu. Beriringan dengan hal ini, ajak karyawan untuk wajib menjaga kebersihan diri dan tempat kerja. Sediakan juga fasilitas cuci tangan, hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh sebagai langkah menjaga kesehatan karyawan selama COVID-19 masih menyebar.

Memberlakukan hal-hal di atas dalam usaha Anda menjadi bukti dari perhatian yang diberikan oleh pemilik usaha pada karyawannya. Sebab, merekalah yang membantu perputaran ekonomi usaha Moms tetap berjalan dengan baik di masa yang penuh dengan kesulitan dan ketidakpastian ini.

Situasi tersebut juga dijelaskan oleh Indriyati Sumarsono, Head of HR & Business Development/Strategy PT Johnson & Johnson Indonesia. “Kesehatan dan kesejahteraan karyawan serta kesehatan mental, menjadi prioritas kami, terutama selama pandemi ini. Dalam menghadapi situasi pandemi, kami terus berfokus pada adaptasi lingkungan kerja, menerapkan kebijakan yang bermanfaat dan mendukung karyawan kami dalam menyeimbangkan tanggung jawab pribadi dan profesional, serta memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan emosional, mental, dan fisik mereka, sehingga mereka bisa menjadi yang terbaik,” ucapnya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik, PT Johnson & Johnson Indonesia)



Tags: mompreneurs,   new normal,   bekerja efektif