Mother&Baby Indonesia
Sering Sakit Kepala? Konsumsi 10 Makanan Pereda Sakit Kepala

Sering Sakit Kepala? Konsumsi 10 Makanan Pereda Sakit Kepala

Sakit kepala adalah kondisi umum yang sering dialami oleh kebanyakan orang dan tentu saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari orang yang mengalaminya. Memang, ada banyak obat tersedia untuk meredakan dan menghilangkan gejala sakit kepala. Meskipun begitu, jika Anda mau memilih cara yang alami, sebenarnya ada sejumlah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu meredakan sakit kepala. Apa saja makanan tersebut? Cek di bawah ini, ya Moms!

1. Quinoa

Jenis gandum utuh seperti quinoa mengandung karbohidrat kompleks dan protein seimbang yang dapat meningkatkan simpanan glikogen di otak untuk meredakan gejala sakit kepala.

2. Bayam

Sebagaimana diketahui, sayuran merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan, termasuk untuk membantu meredakan sakit kepala. Adapun jenis sayuran yang baik untuk membantu meredakan gejala sakit kepala adalah bayam. Bukan tanpa alasan, ini dikarenakan bayam mengandung magnesium, vitamin B, dan mikronutrien penting lainnya yang diyakini dapat membantu menghilangkan sakit kepala atau migrain.



3. Salmon

Sudah bukan rahasia lagi jika salmon adalah salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salmon diperkaya dengan asam lemak omega-3, vitamin B, dan antiinflamasi, yang telah diteliti mampu membantu mengurangi frekuensi sakit kepala dan nyeri.

4. Kentang Panggang

Perlu diketahui, salah satu pemicu sakit kepala yang paling umum adalah dehidrasi akibat tubuh kekurangan asupan cairan dan elektrolit. Selain memperbanyak konsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit, Anda juga bisa mengonsumsi kentang beserta kulitnya.

Kentang diketahui mengandung kalium yang dapat menjaga kadar air dan keseimbangan elektrolit di dalam tubuh, sehingga dapat meredakan gejala sakit kepala akibat dehidrasi. Tak hanya itu, kentang juga mengandung magnesium yang diperlukan bagi penderita sakit kepala.

Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi kentang beserta kulitnya dengan cara dipanggang. Ketika dipanggang, kandungan kalium pada kentang berukuran medium terhitung paling tinggi, yakni sekitar 925 mg.

5. Semangka

Tidak hanya mengonsumsi kentang panggang, sakit kepala yang dipicu oleh dehidrasi juga dapat dihilangkan dengan mengonsumsi makanan kaya air, seperti semangka. Dikutip dari Womansday, menurut seorang ahli gizi, Stella Metsovas, BS, CN, air alami yang terkandung di dalam buah dan sayuran biasanya mengandung mineral penting, seperti magnesium, yang merupakan kunci untuk meredakan sakit kepala. Makanan lain dengan kandungan air tinggi termasuk beri, mentimun, melon, tomat, dan selada.



6. Brokoli

Jika Anda sering mengalami sakit kepala ringan, makanan berpengawet tinggi mungkin menjadi salah satu penyebabnya. Nah, untuk meredakan gejala sakit kepala ringan ini, Anda dapat mengonsumsi sayuran hijau, seperti brokoli. Brokoli mengandung vitamin B dan magnesium yang diketahui baik untuk meredakan sakit kepala.

7. Alpukat

Alpukat diperkaya dengan magnesium, kalium, dan vitamin B, sehingga tak heran jika buah ini menjadi buah super yang dapat membantu meringankan gejala sakit kepala. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah alpukat dapat mengurangi kadar kolesterol total secara signifikan,  menjaga kesehatan mata, dan membantu menurunkan berat badan.

8. Jamur

Bagi Anda yang sering menderita sakit kepala, menambahkan lebih banyak jamur ke dalam makanan Anda dapat membantu. Ini karena jamur kaya akan riboflavin yang menjanjikan dalam mengurangi gejala sakit kepala atau migrain dengan mendukung metabolisme energi otak.

Selain itu, kandungan riboflavin ini juga penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan fungsi sel dalam tubuh serta membantu mengubah makanan menjadi sumber energi yang Anda butuhkan, sehingga Anda tidak mudah merasa kelelahan dan lemas.

9. Kacang Almond

Menurut penelitian, magnesium yang terkandung di dalam kacang almond dapat membantu meredakan gejala sakit kepala dengan meredakan saraf dan otot yang memengaruhinya. Selain itu, kacang almond juga diketahui mengandung salicin, yakni komponen antiinflamasi yang dapat membantu meredakan sakit kepala.

10. Yoghurt

Selain karena kekurangan magnesium dan dehidrasi, sakit kepala juga bisa dipicu oleh kekurangan asupan kalsium. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan otak tidak dapat berfungsi secara efisien. Stella Metsovas, BS, CN, mengungkapkan bahwa menambah asupan kalsium dengan mengonsumsi makanan kaya kalsium, seperti Greek yoghurt fat-free dapat membantu otak berfungsi secara optimal dan Anda akan terhindar dari kondisi sakit kepala. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Jcomp/Freepik)



Tags: sakit kepala,   makanan pereda sakit kepala,   nutrisi