Mother&Baby Indonesia
9 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Anda dan Keluarga

9 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Anda dan Keluarga

Moms, saat berbelanja di supermarket, buah apa yang selalu menjadi pilihan Anda dan keluarga? Apakah pir salah satunya? Pir merupakan buah yang lembut dan manis dengan bagian tengah berserat. Dikutip dari laman Medical News Today, pir kaya akan antioksidan esensial, senyawa tumbuhan, dan serat makanan, bebas lemak, dan bebas kolesterol. Maka tak heran jika buah ini tidak hanya lezat tetapi juga baik untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat pir untuk kesehatan Anda dan keluarga.

1. Meningkatkan Kesehatan Usus

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan pada 2013, pir kaya akan serat pektin dan probiotik yang baik untuk melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Tahukah Anda? Satu buah pir berukuran sedang (178 gram) mengandung sekitar 6 gram serat yang dapat memenuhi 22% kebutuhan serat harian Anda.

Sebuah studi tahun 2014 yang dilakukan selama 4 minggu dengan melibatkan 80 orang dewasa menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 24 gram pektin per hari dapat membantu meredakan sembelit dan meningkatkan bakteri usus sehat. Kabar baiknya, kulit pir juga mengandung banyak serat, jadi alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi pir tanpa mengupas kulitnya.



2. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Dikutip dari Healthline, pir mengandung senyawa antikanker, yakni anthocyanin dan cinnamic acid yang telah terbukti mampu melawan sel kanker, khususnya kanker paru-paru, perut, dan kandung kemih. Meskipun begitu, bukan berarti mengonsumsi pir menjadi satu-satunya cara untuk menurunkan risiko penyakit kanker. Anda juga perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi buah dan sayuran lainnya serta melakukan gaya hidup sehat.

3. Mencegah Inflamasi

Riset membuktikan bahwa pir dapat membantu mencegah inflamasi dan meregulasi sistem imun, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Hal ini berkat kandungan serat dan flavonoid di dalamnya. Terlebih lagi, pir juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin C dan vitamin K serta tembaga untuk mencegah inflamasi.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Selain diperkaya akan serat dan flavonoid, pir juga mengandung anthocyanin yang terbukti bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 23%. Serat yang terkandung di dalam pir juga diketahui dapat memperlambat pencernaan, sehingga memberi tubuh Anda lebih banyak kesempatan untuk menyerap karbohidrat dengan baik. Hal ini akan membantu mengatur kadar gula darah dan mengontrol diabetes.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah pir hijau mengandung senyawa karotenoid, yakni lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa ini memiliki efek antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas, mencegah kerusakan sel dan organ, serta sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan procyanidin dalam pir telah terbukti dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Terlebih lagi, kandungan antioksidan yang disebut quercetin dalam kulit pir dianggap bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan membantu mengurangi peradangan dan faktor risiko penyakit jantung, seperti tingginya kadar kolesterol dan tekanan darah.



Sebuah riset besar yang melibatkan lebih dari 30.000 wanita mengungkapkan bahwa mengonsumsi 80 gram pir setiap hari diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 6-7%. Sementara itu, riset lainnya mengungkapkan bahwa mengonsumsi 25 gram buah berdaging putih, termasuk pir, dapat menurunkan risiko penyakit stroke sebesar 9%.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda sedang dalam program penurunan berat badan? Jika ya, mengonsumsi buah pir dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Ini karena pir tinggi air, kaya serat, dan rendah kalori sehingga menjadikannya salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan, karena serat dan air dapat membuat Anda tetap kenyang.

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu dengan 40 orang dewasa ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 2 buah pir setiap hari kehilangan hingga 2,7 cm dari lingkar pinggang mereka. Sebuah studi lainnya yang dilakukan selama 10 minggu menemukan bahwa wanita yang menambahkan 3 buah pir per hari ke dalam program diet mereka kehilangan rata-rata 0,84 kg, dan terjadi peningkatan pada profil lipid mereka, yakni penanda kesehatan jantung.

8. Menjaga Kesehatan Janin

Kandungan asam folat pada pir dinilai sangat berguna untuk fase awal pembentukan janin, mencegah terjadinya keguguran, mendukung pertumbuhan plasenta, dan meningkatkan kesuburan pria. 

9. Mengatasi Tekanan Darah

Kandungan antioksidan dan anti-carcinogen, yakni glutathione dalam pir diketahui sangat berguna untuk membantu mengatur tekanan darah. Selain itu, kandungan gizi dalam pir juga dapat membantu mengatasi masalah kantong empedu dan arthritis. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Azerbaijan_Stockers/Freepik)



Tags: pir,   kesehatan,   nutrisi,   buah