Mother&Baby Indonesia
Diet Ketat? Waspada Terkena Pankreatitis Seperti George Clooney

Diet Ketat? Waspada Terkena Pankreatitis Seperti George Clooney

Moms yang menggemari film-film Hollywood tentunya sudah tak asing dengan sosok George Clooney. Beberapa waktu lalu, aktor tampan asal Amerika Serikat berusia 59 tahun terpaksa menjalani perawatan di rumah sakit akibat penyakit pankreatitis. Hmm, apa ya yang dimaksud dengan pankreatitis?

Dalam istilah medis, pankreatitis adalah peradangan pada pankreas, kelenjar yang berada di belakang lambung di bagian atas. Pankreas berfungsi untuk menghasilkan enzim yang membantu pencernaan dan hormon yang mengatur gula (glukosa). Radang pankreas atau pankreatitis bisa terjadi secara tiba-tiba (pankreatitis akut) atau terjadi selama bertahun-tahun (pankreatitis kronis).

Dalam kasus Clooney, pankreatitis yang dialaminya disinyalir disebabkan oleh diet yang terlalu ketat. Untuk tampil dalam film terbarunya yang berjudul Midnight Sky, Clooney dikabarkan berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 13,6 kilogram dalam kurun waktu yang relatif cepat. Namun keberhasilannya mengubah penampilan ternyata harus dibarengi dengan serangan pankreatitis.



Penyebab Pankreatitis

Selain diet yang terlalu ketat seperti yang dijalani Clooney, radang pankreas juga bisa disebabkan oleh kondisi sebagai berikut:

• Operasi perut

• Konsumsi alkohol yang berlebihan

• Konsumsi obat-obatan tertentu

• Penyakit fibrosis kistik (penyakit keturunan yang bisa merusak paru-paru dan sistem pencernaan)

• Batu empedu

• Kadar kalsium yang tinggi dalam darah (hiperkalsemia), yang mungkin disebabkan oleh kelenjar tiroid yang terlalu aktif

• Kadar trigliserida tinggi dalam darah



• Infeksi, seperti virus atau parasit

• Cedera perut

• Obesitas

• Kanker pankreas

Endoscopic retrograde cholangiopancreotography (ERCP), prosedur yang digunakan untuk mengangkat batu empedu juga bisa menyebabkan pankreatitis.

Gejalanya Pankreatitis

Seperti dikutip dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, gejala utama pankreatitis akut dan kronis adalah munculnya rasa nyeri di perut bagian atas yang mungkin bisa menyebar ke punggung. Namun seseorang yang mengalami pankreatitis akut atau kronis bisa saja mengalami gejala yang berbeda.

Pankreatitis akut biasanya diawali dengan nyeri yang dimulai secara perlahan atau tiba-tiba di perut bagian atas dan kadang-kadang menyebar sampai ke punggung. Gejala lain pankreatitis akut adalah demam, mual dan muntah, detak jantung cepat, serta perut membengkak atau terasa lembut.

Di sisi lain, pengidap pankreatitis kronis biasanya merasakan sakit di perut bagian atas. Tapi ada juga yang tidak merasakan sakit sama sekali. Orang dengan pankreatitis kronis mungkin saja tidak memiliki gejala sampai mengalami komplikasi. Gejala pankreatitis kronis antara lain adalah diare, mual, tinja berminyak dan berbau tidak sedap, muntah, serta mengalami penurunan berat badan.

Jika dibiarkan, radang pankreas bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu, Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter apabila merasakan gejala-gejala yang disebabkan pankreatitis akut maupun pankreatitis kronis. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: pankreatitis,   peradangan pankreas,   kesehatan,   diet