Mother&Baby Indonesia
Studi Terbaru: Obat Kumur dengan CPC Ampuh Cegah Corona

Studi Terbaru: Obat Kumur dengan CPC Ampuh Cegah Corona

Dalam menjaga kesehatan keluarga di tengah pandemi seperti saat ini, salah satu cara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan rutin berkumur menggunakan mouthwash (obat kumur). Tapi tidak sembarang mouthwash, karena sebuah penelitian terbaru menguak fakta bahwa mouthwash yang mengandung CPC dapat mencegah infeksi virus corona lho, Moms. Apa itu CPC dan apa saja manfaatnya? Yuk, simak hasil penelitian ini lebih lanjut.

Pentingnya 3M Ekstra


Sudah tidak perlu diragukan lagi, cara terbaik melindungi diri dari COVID-19 adalah dengan menerapkan 3M: Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan. “Agar perlindungan Anda semakin maksimal, Anda perlu menerapkan 3M Ekstra, yaitu: Mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan dilengkapi dengan menjaga kesehatan rongga mulut,” papar Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. selaku Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation (UIF).



Kenapa penting untuk menjaga kesehatan rongga mulut? “Selain di saluran pernapasan, banyak riset menunjukkan bahwa virus SARS-CoV-2 juga terdapat di rongga mulut orang yang terinfeksi, terutama di air liur. Hal ini harus kita waspadai karena di dalam 1 ml air liur terdapat lebih dari 1 juta partikel virus. Sementara, data terbaru dari CDC (Center for Disease Control and Prevention) menunjukkan bahwa lebih dari 50% penyebaran virus SARS-CoV-2 berasal dari kasus konfirmasi tanpa gejala yang berada di sekitar kita,” jelas drg. Tritarayati, SH, MHKes. selaku Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Seperti yang Moms ketahui, penyebaran utama COVID-19 adalah melalui tetesan air liur atau keluarnya cairan hidung. Maka dengan mengurangi jumlah virus di mulut, hal ini dipercaya dapat turut membantu mengurangi penularan COVID-19. Nah, cara mudah dan efektif untuk mengurangi jumlah virus di rongga mulut adalah dengan menggunakan mouthwash. “Berbagai temuan menunjukkan bahwa mouthwash berpotensi menjadi tambahan penting untuk tindakan perlindungan sehari-hari lainnya, seperti mencuci tangan, menjaga jarak secara fisik, dan mengenakan masker,” jelas Drg. Mirah.

Mouthwash dengan CPC




Kandungan CPC atau cetylpyridinium chloride mungkin masih asing di telinga Anda ya, Moms, namun hasil studi terbaru menunjukkan bahwa CPC efektif melawan Corona, lho. Hasil studi secara in vitro (studi dalam lingkungan terkendali di luar organisme hidup) membuktikan bahwa mouthwash dengan CPC efektif mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 hingga 99,9% dengan waktu kontak 30 detik.

Studi ilmiah yang diinisiasi oleh Unilever dan Laboratorium Microbac (Amerika Serikat) ini menguak fakta mengenai efektivitas CPC untuk melawan SARS-CoV-2, dengan menargetkan dan menghancurkan selubung lipid dari virus tersebut. Berdasarkan studi yang membandingkan mouthwash CPC dengan mouthwash berkandungan etanol, campuran enzim, dan zinc sulfat ini, hanya teknologi CPC yang hingga saat ini menunjukkan hasil yang konsisten dan positif.

“Hasil studi ini didukung oleh sebuah uji klinis dari sekelompok peneliti independen di Singapura yang melibatkan sejumlah penderita COVID-19. Uji klinis tersebut memperlihatkan bahwa berkumur dengan mouthwash yang mengandung CPC dapat mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 secara signifkan setelah berkumur selama 30 detik, dan efeknya bertahan selama 6 jam,” jelas Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M.Kes. selaku Dokter Gigi dan Peneliti.

Tambahan berita baik untuk para Moms: Mouthwash dengan kandungan CPC ini aman untuk digunakan para ibu hamil dan menyusui, lho! Kini melindungi diri di tengah pandemi ternyata tidaklah sesukar yang kita bayangkan dan mudah ya, Moms. Jangan lupa untuk selalu menerapkan 3M Ekstra, ya! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: mouthwash,   covid-19,   virus corona,   pandemi,   kesehatan