Mother&Baby Indonesia
Ini 7 Karakter Unik yang Dimiliki Anak Pertama Perempuan

Ini 7 Karakter Unik yang Dimiliki Anak Pertama Perempuan

Keberadaan seorang adik dalam keluarga memang memengaruhi sifat, psikologi, dan karakter si kakak yang merupakan anak pertama. Para psikolog menyatakan bahwa anak pertama umumnya dikenal memiliki sifat kepemimpinan dan kepribadian yang kuat. Hal ini disebabkan oleh munculnya rasa ingin melindungi sang adik oleh si kakak.

“Anak pertama identik dengan sifat kepemimpinan dan kepribadian yang kuat,” tutur Dr. Seda Gragossian, seorang psikolog, dilansir dari Bustle.com. Lalu bagaimana jika anak pertama Anda adalah seorang perempuan? Nah, ada sejumlah karakter unik yang dimiliki oleh anak pertama perempuan yang menarik untuk Moms dan Dads ketahui.

1. Kemandirian yang Tinggi

Setiap anak pertama, termasuk si kakak perempuan, sering dituntut untuk bisa belajar mandiri. Akhirnya, ia pun menjadi lebih cekatan karena kemampuan motoriknya lebih terstimulasi saat ia bermain seorang diri. Situasi ini pun membuat Si Kecil bisa lebih dipercaya untuk diberi tanggung jawab, seperti membereskan mainan sendiri selagi orang tua sibuk mengurus sang adik.



2. Bisa Diandalkan

Sifat kepemimpinan dan mandiri yang dimiliki anak pertama perempuan nyatanya membuat ia menjadi seseorang yang bisa diandalkan. Keberanian Si Kecil untuk melakukan sesuatu tanpa mudah menyerah membuatnya merasa harus menjadi contoh untuk adik-adiknya kelak, terutama demi menjaga nama baik keluarga.

3. Sosok Pendengar yang Baik

Si kakak sepertinya jadi terbiasa mendengarkan cerita dari adik, orang tua, ataupun orang lain di sekitarnya. Hal ini pun bisa menjadi dasar sifatnya sebagai sosok pendengar yang baik, bisa dipercaya, dan mampu memberikan tanggapan yang cenderung tepat. Tak jarang anak pertama perempuan Anda pun memiliki banyak teman karena memiliki sifat yang satu ini.

4. Mau Mengalah

Anak pertama perempuan umumnya juga mau mengalah pada adik untuk menjaga keharmonisan dalam keluarga. Jadi, tidak ada perselisahan yang terjadi dalam waktu lama antara ia dengan saudaranya. Ia lebih mampu menahan emosi yang dipendam sendiri dan menerima keadaan yang ada. Tapi, selalu ajak anak Anda untuk berbincang agar kesehatan mentalnya tetap terjaga ya, Moms.



5. Memiliki Sifat Keibuan

Kemandirian yang dimiliki anak pertama perempuan ternyata juga menumbuhkan sifat keibuan secara alami dalam dirinya. Ia jadi merasa memiliki tanggung jawab untuk bisa merawat sang adik untuk membantu Moms dan Dads saat sedang sibuk dengan aktivitas lainnya. Semakin beranjak dewasa, sang kakak juga mampu melakukan peran ibu, seperti mencuci piring, membersihkan rumah, hingga memasak makanan untuk adiknya.

6. Berkepribadian Melankolis

Meski dikenal kuat, anak pertama perempuan juga cenderung lebih melankolis ketika menghadapi suatu masalah. Perasaan yang dipendam tak jarang membuatnya menjadi sensitif, walaupun ia juga mudah memaafkan. Mengajaknya bercerita dan bermain bersama bisa menjadi cara untuk mengembalikan keceriaannya.

7. Cerewet Tetapi Peka

Dibanding anak laki-laki, anak perempuan memang lebih cerewet. Apalagi anak pertama, yang merasa harus menjadi contoh dan memberi nasihat pada sang adik agar bersikap lebih baik. Selain itu, anak pertama perempuan juga memiliki kepekaan akan situasi hingga perasaan orang lain yang lebih tinggi. Ia bisa menjadi orang pertama yang tahu bagaimana kondisi adik ataupun orang tuanya hanya dengan melihat dari luar saja.

Ternyata, karakter anak pertama perempuan sangat dinamis ya, Moms. Sifat-sifatnya ini pun bisa berubah atau justru terbawa hingga ia dewasa. Karenanya, bimbingan dari Moms dan Dads menjadi sangat penting agar ia bisa tumbuh menjadi perempuan hebat di masa depan. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   anak pertama,   anak perempuan,   anak pertama perempuan