Mother&Baby Indonesia
9 Perilaku Anak yang Menunjukkan Tanda Ungkapan Cinta

9 Perilaku Anak yang Menunjukkan Tanda Ungkapan Cinta

Moms, bagi Si Kecil, kehadiran Anda adalah segalanya. Ia akan merasa aman bila Anda berada di dekatnya. Kehadiran Anda bahkan akan memengaruhi perilaku. Dari perilaku yang ia tunjukkan, mungkin tak sedikit dari Anda yang belum menyadari bahwa sebenarnya perilakunya tersebut adalah ungkapan cinta Si Kecil.

Yuk, Moms simak beberapa perilaku Si Kecil yang menunjukkan bentuk cintanya pada Anda!



1. Si Kecil menceritakan semua hal pada Anda

Ketika Si Kecil menemukan hal baru, ia menceritakannya dengan penuh semangat pada Anda. Hal ini menunjukkan cinta dan kepercayaanya pada Anda. Ia juga berbagi kisah sedih maupun senangnya. Si Kecil merasa nyaman dengan dirinya karena merasa mempunyai orang tua yang selalu mencintainya.

2. Membuat Anda menunda kepergian 

Ketika Anda pergi beraktivitas, Si Kecil membuat kepergian Anda tertunda. Ia merasa waktu bersama Anda adalah hal terbaik. Karena itu, ia akan memperpanjang kebersamaan itu sebisa mungkin.

3. Mengajak Anda kejar-kejaran

Berlarian dengan gembira adalah salah satu cara Si Kecil mengekspresikan kebebasannya. Dengan bermain kejar-kejaran. Si Kecil merasa menjadi diri sendiri dan yakin bahwa orang tuanya akan menangkapnya. Si Kecil bebas berlarian, karena ia merasa memiliki seorang pelindung di rumahnya, yaitu orang tua yang ia anggap sebagai orang paling penting di dunia. Itulah caranya menunjukkan rasa cintanya kepada Anda. 

4. Selalu membawa benda favoritnya

Apabila Si Kecil memiliki sebuah benda favorit, maka benda tersebut adalah representasi keberadaan cinta orang tuanya. Terutama ketika sedang tidak bersama Anda. Si Kecil sangat mencintai Anda sehingga ia ingin merasa tetap “dekat" dengan Anda. Benda favorit yang selalu ia bawa-bawa itu bagaikan diri Anda, Moms. Membawa benda favorit membuat Si Kecil merasa aman dan dekat dengan orang tuanya, Bahkan di saat Anda sedang tidak bersamanya.



5. Bermain-main dengan makanan

Pada saat makan, Si Kecil biasanya banyak menghabiskan waktu untuk mengeksplorasi makanannya, mulai dari menyentuh, meremas, hingga menumbuk. Hal ini wajar karena Si Kecil menganggap makanan sebagai media untuk bereksplorasi atau bereksperiman.

Bermain-main dengan makanan merupakan cara Si Kecil berbagi kegembiraan. Ketika ia membuat kekacauan dan menunjukkannya pada Anda, itu adalah caranya memperlihatkan penemuan baru. Bagi Si Kecil, kehidupan adalah sesuatu yang membuat ia penasaran. Melalui makanan, Si Kecil menuangkan rasa penasaran dan mencoba-coba hal yang berbeda. Kekacauan yang ia buat saat makan adalah cara yang ia tunjukkan untuk membuat Anda senang dengan hasil perbuatannya.

6. Berpelukan dengan Anda

Saat tantrum, biasanya Si Kecil lebih memilih untuk tetap dekat dengan orang tuanya. Ia juga lebih memilih untuk berada di pelukan Anda dan menyandarkan kepalanya di pundak Anda. Ia merasa nyaman berada di dekapan ibu atau ayahnya. Ketika Si Kecil berpelukan dengan Anda, ia menunjukkan bahwa ia tahu orang tuanya selalu ada untuk memberi kenyamanan. Perilaku ini merupakan cara Si Kecil untuk menunjukkan rasa cintanya pada Anda.

7. Berteriak menyambut Anda

Saat kembali dari beraktivitas di luar rumah, pernahkah Anda disambut dengan teriakan riang Si Kecil yang berlari ke arah Anda? Teriakan itulah yang menggambarkan kegembiraannya saat Anda pulang ke rumah. Saat Anda pamit pergi, Si Kecil memiliki keyakinan bahwa orang tuanya akan kembali. Secara emosional Si Kecil percaya bahwa orang tuanya akan selalu kembali. Teriakan suka citanya saat menyambut Anda pulang itu adalah salah satu pengingat bahwa ia mencintai Anda.

8. Mengejutkan Anda dengan Lolipop

Si Kecil hanya ingin berbagi dengan orang yang ia cintai. Meskipun itu sesuatu yang ia anggap paling berharga, Si Kecil akan dengan senang hati menawarkan lolipop yang ada di tangannya kepada Anda. Ketika Si Kecil memberikan lolipop lengket yang sudah ia jilat itu, maka di saat yang sama ia belajar untuk tidak mementingkan dirinya sendiri. Ia dengan rela mengorbankan lolipopnya untuk Anda, orang yang ia cintai.

Dengan berbagi lolipop kesukaannya, Si Kecil menunjukkan rasa cintanya pada Anda. Ia berasumsi bahwa apa yang membuatnya bahagia, akan membuat orang tuanya ikut bahagia juga. Si Kecil hanya akan berbagi kebahagian dengan orang yang benar-benar ia sayangi.

9. Memiliki rutinitas

Si Kecil sangat suka melakukan hal secara berulang sehingga memiliki rutinitas tertentu, terutama rutinitas yang ia lakukan bersama Anda, orang yang ia sayangi, misalnya membaca buku yang sama setiap malam. Rutinitas yang ia lakukan secara berulang ini dilakukan untuk menunjukkan rasa cintanya pada Anda.

Ketika Anda membacakan buku yang sama setiap malam, Si Kecil juga merasakan kedekatan dengan Anda, Ini juga yang membuat Si Kecil menyukai rutinitas yang dilakukan bersama Anda tersebut. Menjalani rutinitas yang sama bersama Anda membuatnya merasa aman. Sama seperti ketika Anda memberikan rasa aman, nyaman, dan cinta padanya. Tak heran jika Si Kecil tak bosan melakukan rutinitas tersebut. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: ungkapan cinta anak,   perilaku anak,   balita,   anak