Mother&Baby Indonesia
7 Fakta Menarik tentang Anak Pertama Laki-laki

7 Fakta Menarik tentang Anak Pertama Laki-laki

Setiap anak tentu memiliki keunikannya masing-masing, mulai dari anak pertama, anak tengah, hingga anak bungsu. Urutan kelahiran ini nyatanya juga dapat berpengaruh pada karakter, sifat, hingga psikologi sang anak dalam keluarga. Dan berbicara tentang anak pertama, sangat umum jika banyak orang mengaitkannya dengan sifat kepemimpinan.

“Anak pertama identik dengan sifat kepemimpinan dan kepribadian yang kuat,” tutur Dr. Seda Gragossian, seorang psikolog, dilansir dari Bustle.com. Lalu, bagaimana dengan anak pertama yang berjenis kelamin laki-laki? Jika anak pertama Anda adalah laki-laki, berikut beberapa fakta menarik tentang anak pertama laki-laki yang perlu Anda ketahui, Moms.



1. Sosok Pemimpin

Disadari atau tidak, anak pertama laki-laki memiliki sifat sebagai pemimpin secara alami. Hal ini didapatkan dari perhatian yang pada awalnya diberikan pada Si Kecil tanpa terbagi. Namun, setelah memiliki adik, ia pun merasa dituakan dan turut mengambil peran dalam merawat adiknya hingga dewasa. Ia juga akan lebih bertanggung jawab karena merasa menjadi contoh untuk adik-adiknya kelak.

2. Pekerja Keras

Anak pertama laki-laki biasanya memiliki jiwa kompetitif yang cukup tinggi, yang membuatnya fokus pada prestasi yang ingin dicapai. Namun di balik hal ini, ia mengharapkan adanya pujian dan pengakuan dari anggota keluarga, terutama dari Moms dan Dads. Kondisi ini membuat anak Anda bekerja lebih keras, hingga mudah stres karena dirinya sendiri, maupun memikirkan situasi di keluarganya.



3. Cepat Adaptasi

Anak pertama laki-laki cenderung lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Ia juga lebih senang mengekspresikan dirinya melalui gerakan. Situasi tersebut membuatnya mampu memegang kendali pada banyak hal serta suka berpetualang dan mengeksplorasi berbagai hal baru.

4. Mandiri

Kemampuan anak pertama laki-laki dalam beradaptasi dengan lebih cepat juga akan membawanya jadi lebih mandiri. Si Kecil akan terbiasa untuk mengatur diri sendiri, di samping orang tuanya yang sedang fokus merawat sang adik. Ia pun bisa membaca situasi sehingga merasa tak masalah jika menghabiskan waktu seorang diri untuk beberapa saat.

5. Berkepribadian Baik

Mayoritas anak pertama sebenarnya memiliki kepribadian yang baik. Hal tersebut disebabkan keinginan mereka untuk menunjukkan diri sebagai teladan bagi adik-adiknya di depan orang lain. Saat dewasa kelak, Si Kecil pun akan lebih banyak mengalah, penuh perhatian, dan mau berkorban sebagai tulang punggung bagi keluarganya.

6. Keras Kepala

Anak pertama memang cenderung keras kepala, karena merasa ingin selalu diandalkan pada setiap situasi. Di sisi lain, ia juga egois dan sulit menerima masukan yang bertentangan dengan prinsipnya. Meski begitu, sifat ini tidak selalu negatif dan justru keluar sebagai bentuk perhatian sang kakak untuk adiknya.

7. Mampu Menguasai Lebih dari 1 Bahasa

Menurut jurnal Frontiers in Psychology, dalam keluarga bilingual, anak pertama akan lebih mampu menguasai bahasa kedua dengan lebih baik dibandingkan saudara lainnya. Hal ini terkait dengan tingkat kecerdasan anak pertama yang memang cenderung lebih tinggi.

Nah, Moms sekarang jadi lebih mengenal si kakak, anak pertama laki-laki Anda, kan? Sifat-sifat ini bisa bisa berubah atau justru terbawa hingga Si Kecil dewasa kelak. Jadi, bimbingan dari Anda sebagai orang tua tentu sangat dibutuhkan, ya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   anak pertama,   anak laki-laki,   anak pertama laki-laki