Mother&Baby Indonesia
Ingin Anak Tidur Nyenyak? Dengarkan 8 Podcast Dongeng Ini!

Ingin Anak Tidur Nyenyak? Dengarkan 8 Podcast Dongeng Ini!

Moms, Anda tentu sudah tahu bahwa mendongeng adalah salah satu cara penting untuk membantu tumbuh kembang anak. Tak hanya membantu memperkaya kosakata Si Kecil, membacakan dongeng untuk anak bisa meningkatkan keterampilan berkomunikasi, baik saat berbicara maupun membaca, membantu anak berimajinasi, merangsang minat baca, sarana yang tepat untuk menanamkan etika dan nilai-nilai kehidupan, sekaligus mempererat bonding antara Moms dan Si Kecil.

Wah, banyak sekali ya manfaatnya, Moms. Namun, tidak semua orang tua “dikaruniai” keterampilan mendongeng. Banyak Moms yang merasa “mati gaya” saat diminta mendongeng untuk anaknya. Saya pun sering seperti itu kok, Moms. Namun seiring dengan kemajuan teknologi, kita pun diberi banyak kemudahan dalam melakukan berbagai hal. Salah satunya dalam hal mendongeng, Moms.



Podcast! Ya, podcast akhir-akhir ini menjadi “penyelamat” saya saat anak ingin mendengar dongeng atau ketika ia sulit tidur di malam hari. Percaya atau tidak, Si Kecil bisa langsung terlelap setelah podcaster selesai membacakan dongeng, lho!



Daftar podcast dongeng anak sendiri pada dasarnya sangat banyak dan bisa Moms temukan di beberapa platform, seperti Spotify dan Apple Podcast. Namun, untuk memudahkan Moms memilih podcast dongeng anak untuk Si Kecil, di bawah ini M&B telah merangkum 8 podcast yang dapat Moms follow dan coba dengarkan bersama Si Kecil malam ini!

1. KalaDhila


Si Kecil penggemar fabel alias cerita tentang hewan? Kalau ya, Moms wajib follow podcast yang satu ini, ya. Suara lembut Dhila, pendongeng dalam podcast ini begitu lembut dan menenangkan sehingga Si Kecil pasti suka mendengarkannya. Tak hanya fabel, ada juga berbagai kisah para Nabi hingga kisah nasionalisme dalam podcast ini, Moms. Asyiknya lagi, KalaDhila juga selalu menyisipkan pesan-pesan moral di setiap akhir dongeng.

2. Dongengin



Nah, tak hanya menjadi favorit anak saya, podcast ini juga merupakan podcast dongeng anak favorit saya lho, Moms. Memang, hingga saat ini baru ada 6 seri dongeng yang ada, tapi semuanya sangat menarik dan bisa didengarkan berulang kali. Tak hanya cerita seru yang dibawakan dengan menarik oleh suara menenangkan Kak Aldy (Rinaldy Zulkranain), saya jamin Si Kecil (dan Moms!) juga akan terbius oleh backsound musik pengantar tidur yang dimainkan oleh Kak Mor (Joseph Moris). Bahkan, anak saya selalu menanti-nanti saat Kak Aldy mengucapkan “Selamat tidur...”.

3. Sebelum Tidur


Sesuai namanya, cerita-cerita di dalam podcast dongeng anak ini paling pas didengarkan bersama Si Kecil di malam hari sebagai pengantar tidur Si Kecil. Bermula dari sebuah blog bernama Dongeng Sebelum Tidur, Salsabilla Azzahra, podcaster dalam akun ini, percaya bahwa kata-kata dalam dongeng adalah bahasa cinta paling indah yang wajib dinikmati anak-anak. Karena itu, ia juga akhirnya membuat rekaman untuk dongeng-dongeng yang ditulisnya agar bisa didengarkan kapan pun. Dongeng-dongeng yang dibawakan Salsabilla sarat akan hiburan dan nilai-nilai universal.

4. Dongeng untuk Hooria


Si Kecil punya banyak buku dongeng tapi Moms masih bingung bagaimana cara seru membacakannya? Nah, Moms bisa belajar nih dari Fazia Febriany, alias Ibu Zia, yang mendongeng untuk Si Kecil Hooria sambil merekamnya. Mengambil cerita dari buku-buku dongeng yang dimiliki Hooria, podcast ini sangat simpel tapi juga menarik.

5. Cerita untuk Njie


Aulia Fitriani adalah seorang ibu yang membuat podcast dari dongeng-dongeng yang selalu ia bacakan untuk Kenzie (Njie), putra kecilnya. Karena bosan mengulang-ulang membacakan cerita yang sama, ia merekamnya lewat ponsel, dan akhirnya memutuskan untuk mengunggahnya sebagai podcast dengan harapan agar dongeng yang ia bacakan bisa berguna juga untuk Moms lainnya. Seluruh cerita yang ada di sini sarat dengan pembelajaran tentang agama Islam serta kisah teladan Nabi, yang memang merupakan kisah kegemaran Njie yang selalu didengarkannya sebelum tidur.

6. Dongeng Anak Masa Kini


“Bangau bisa terbang, kepiting bisa mencapit. Kira-kira kalau mereka berduel, siapa ya, yang menang?” Ya, itu adalah salah satu dialog dalam podcast dongeng yang juga merupakan favorit anak saya, Moms. Merupakan besutan dari Happy Kids Project, dongeng-dongeng dalam podcast ini dibawakan secara menarik oleh tiga orang pendongeng, yaitu Kak Ana, Kak Budi, dan Kak Mandy. Cerita yang diambil berasal dari seluruh dunia, namun untuk Si Kecil yang belum familiar dengan bahasa asing, Moms tak perlu khawatir, karena dongeng-dongeng tersebut tetap dibawakan dengan bahasa Indonesia, kok. 

7. Night Night by Makna Talks


Ingin mendengar Lolita Agustine, Yura Yunita, atau bahkan Raisa mendongeng untuk Si Kecil? Lho, memang bisa? Bisa dong, Moms! Moms tinggal follow akun podcast dongeng yang satu ini. Dibacakan oleh suara merdu para public figure, cerita yang dibawakan cukup bervariasi dan familiar untuk Anda maupun Si Kecil, seperti Timun Mas, Kisah Nabi Daud, atau The Little Mermaid.

8. Circle Round


Nah, jika Moms ingin bahasa Inggris Si Kecil makin lancar, maka wajib bagi Moms untuk memperdengarkan podcast ini. Circle Round, podcast yang berasal dari Amerika Serikat ini, banyak menghadirkan kisah dari seluruh dunia, dan cocok untuk anak berusia 4-10 tahun. Serunya, tak hanya cerita yang menarik, setiap dongeng mengandung pesan moral, baik tentang kebaikan, berbagi dengan sesama, hingga kerja keras. Podcast ini sendiri sudah mendapatkan banyak penghargaan lho, Moms, antara lain dari Parents Choice Gold Award untuk nominasi Webby, Hear Now Festival, serta ditayangkan di The UK International Radio Drama Festival. Nah, dari delapan podcast dongeng anak pilihan M&B ini, adakah yang sudah pernah didengarkan dan bahkan menjadi favorit Si Kecil, Moms? (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   dongeng,   podcast,   podcast dongeng