Mother&Baby Indonesia
Kapan Sebaiknya Ajarkan Anak untuk Bisa Tidur Sendiri?

Kapan Sebaiknya Ajarkan Anak untuk Bisa Tidur Sendiri?

Ada banyak hal yang menjadi buah pertanyaan jika menyangkut soal proses merawat Si Kecil, salah satunya adalah hal-hal seputar tidur. Nah, pertanyaan tentang kebiasaan tidur pada anak yang mungkin sering dipikirkan oleh orang tua adalah kapan sebaiknya Si Kecil mulai tidur sendiri? Untuk menjawabnya, yuk, simak penjelasannya berikut ini, Moms!

Mengapa Anak Perlu Tidur Sendiri?

Memang mungkin terasa sulit untuk melepas Si Kecil tidur sendiri. Kebiasaan atau tradisi keluarga juga sering kali membuat tidur seruangan atau bahkan sekasur dengan Si Kecil merupakan pilihan utama. Namun ternyata, membiarkan Si Kecil tidur sendiri, setidaknya saat ia mulai beranjak balita, memiliki banyak manfaat bagi Si Kecil lho, Moms. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa alasan penting mengapa Si Kecil perlu tidur sendiri:



1. Membangun kebiasaan tidur yang baik dan teratur. Co-sleeping atau tidur bersama anak dapat mengganggu kebutuhan tidur masing-masing pihak, baik Moms, Dads, dan Si Kecil. Kebiasaan Moms berelaksasi dengan membaca buku favorit di malam hari bisa mengganggu kebutuhan tidur Si Kecil, begitupun sebaliknya.

2. Mendukung rasa percaya diri Si Kecil. Tidur sendiri mendorong Si Kecil untuk memahami otonomi yang ia miliki di kamarnya, termasuk ketika ia mampu mengatur sendiri momen tidurnya. Hal ini akan memupuk rasa kebanggaan diri dan percaya diri Si Kecil.



3. Mendorong kemampuan penyelesaian masalah sejak dini. Si Kecil perlu belajar cara menenangkan diri sejak kecil, dan tidur sendiri adalah cara yang tepat untuk mengajarkannya hal tersebut. Saat waktu tidur datang, ia bisa belajar sendiri bagaimana membuat dirinya merasa nyaman.

4. Mengajarkan batasan sehat. Dengan tidur sendiri, Si Kecil akan belajar bahwa Moms dan Dads memiliki hubungan yang privat dengan cara yang sehat. Hal ini akan mengajarkan pada Si Kecil tentang batasan dan mendorongnya untuk memiliki hubungan yang sehat dengan pasangannya kelak.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Anak Bisa Tidur Sendiri?

Mengutip Firstcry Parenting, penting untuk mengajarkan anak tidur sendiri di umur yang tepat. Sebabnya, jika dilakukan terlalu cepat maka hal ini dapat menyebabkan separation anxiety, dan jika dilakukan terlambat akan sulit mengubah ketergantungan Si Kecil.

Menurut panduan tidur terbaru dari American Academy of Pediatrics (AAP), sebaiknya Si Kecil tidur di ruangan yang sama dengan orang tua setidaknya selama 6 bulan pertama hingga ia berusia setahun untuk melindunginya dari SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

Bisa dibilang, waktu yang baik untuk memulai kebiasaan tidur sendiri adalah ketika Si Kecil berusia 2 atau 3 tahun. Secara umum, pada usia ini Si Kecil akan lebih mudah diajari untuk melakukan kebiasaan baru. Ia semakin mahir dalam berkomunikasi dan memahami penjelasan Anda, sehingga proses pembelajaran ini dapat semakin mudah.

Namun hal ini juga perlu disesuaikan dengan kondisi Si Kecil dan Anda, Moms. Moms perlu siap secara mental (dan terkadang fisik) terlebih dahulu, karena mengajarkan Si Kecil tidur sendiri bukan proses yang mulus. Selain itu, Moms selalu bisa konsultasikan hal ini dengan dokter guna memastikan waktu yang tepat bagi Anda dan Si Kecil untuk mulai tidur terpisah. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   anak tidur sendiri,   balita tidur sendiri