Mother&Baby Indonesia
5 Jenis Tepung yang Bisa Digunakan untuk MPASI Bayi

5 Jenis Tepung yang Bisa Digunakan untuk MPASI Bayi

Dalam memberikan MPASI yang baik untuk Si Kecil, Moms harus memperhatikan komposisi nutrisinya. Salah satu yang tak boleh ketinggalan adalah karbohidrat. Kalau bicara karbohidrat, Moms mungkin langsung terpikir nasi dan kentang saja, padahal berbagai jenis tepung juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang enak untuk dijadikan bahan MPASI. Apa saja jenis tepung yang bisa Moms andalkan untuk dijadikan bahan MPASI? Simak berikut ini yuk, Moms.

Tepung Beras Putih

Tepung yang terbuat dari beras putih yang digiling halus ini bisa dibilang jenis tepung yang paling mudah ditemukan di pasaran. Anda pun bisa membuat sendiri tepung beras putih, dengan menggiling beras di food processor atau blender hingga halus seperti tepung.

Jenis tepung ini bisa menjadi alternatif menarik bagi anak yang mengalami alergi gluten lho, Moms, sehingga Si Kecil tetap bisa mendapat manfaat karbohidrat tanpa khawatir dengan kandungan gluten. Namun perlu diingat kalau kandungan kalori di dalam tepung beras cukup tinggi, setidaknya lebih tinggi dibanding tepung gandum.



Tepung Beras Merah

Jenis ini aman untuk dikenalkan sebagai bahan MPASI perdana, karena beras diketahui sebagai sumber makanan yang bebas alergen. Kini tepung beras merah juga sudah banyak yang organik lho, Moms, sehingga tentu bisa menjadi pilihan yang lebih sehat untuk Si Kecil. Menurut USDA National Nutrient Database, dalam 1 cangkir beras merah (98 gram) mengandung 108 kalori, 5 mg sodium, 2 gram serat, 3 gram protein, dan tidak mengandung lemak jenuh.

Tepung Gandum

Walau bahan dasarnya sama dengan tepung terigu, tapi tentu saja tepung gandum tak sama dengan tepung terigu. Tepung gandum terbuat dari seluruh bagian gandum utuh, sedangkan terigu hanya dari daging gandumnya saja. Tepung ini kaya akan serat yang baik untuk melancarkan kesehatan saluran cerna anak. Tapi ingat, tepung gandum tidak aman untuk Si Kecil yang alergi gluten ya, Moms.

Menunda pemberian gandum karena khawatir anak alergi gandum? Jangan salah, para pakar justru menyebutkan kalau penundaan pemberian alergen tidak terbukti dapat mencegah alergi. Mengutip Healthy Children, tidak ada bukti kalau menunda atau mengurangi pemberian makanan penyebab alergi (seperti makanan berbahan dasar gandum) dapat mencegah alergi.



Tepung Ubi Ungu

Kini sudah banyak beredar tepung ubi ungu yang organik dan bebas gluten. Pastikan juga Moms membeli tepung ubi ungu yang tanpa pewarna tambahan ya, Moms, karena bisa saja warna ungu terang merupakan hasil dari penambahan pewarna makanan. Ya, walaupun menggunakan pewarna makanan, namun untuk MPASI sebaiknya pilih yang serba natural.

Jenis tepung ini mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin A, E, C, zat besi, dan tentu saja serat. Moms bisa mulai mengenalkan jenis tepung ini ketika bayi sudah berusia sekitar 7 bulan. Rasanya yang sedikit manis pasti disukai Si Kecil, Moms. Cara mengolahnya juga mudah, lho.

Tepung Jagung

Jagung adalah bahan makanan yang kaya nutrisi, begitu juga dengan tepung jagung. Jenis tepung ini juga bisa dikreasikan menjadi berbagai menu makanan enak yang tentu disukai Si Kecil. Tepung jagung juga dapat membantu menaikkan berat badan bayi dan mengoptimalkan perkembangan otaknya, Moms. Walau begitu, Moms tetap harus memberikan aneka bahan makanan bergizi lainnya agar kebutuhan nutrisi harian Si Kecil terpenuhi, ya. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: tepung,   makanan,   mpasi,   bayi,   nutrisi