Mother&Baby Indonesia
Tea Tree Oil, Minyak Esensial yang Aman untuk Bayi

Tea Tree Oil, Minyak Esensial yang Aman untuk Bayi

Mungkin banyak dari Anda yang semakin menggemari pemakaian essential oil di kehidupan sehari-hari. Ada banyak ragam minyak dengan aroma menenangkan serta memiliki manfaat baik bagi tubuh. Untuk menggunakannya, Moms bisa mencampurnya dengan air dan dimasukkan ke dalam diffuser atau dioleskan langsung tubuh.

Namun, tidak semua minyak esensial bisa langsung dipakai di area tubuh, khususnya untuk Si Kecil. Moms perlu menambahkan minyak tambahan seperti minyak kelapa, sebagai campuran untuk mencegah iritasi kulit dan risiko berbahaya lainnya.

Manfaat Tea Tree Oil




Dari banyaknya ragam minyak esensial, tea tree oil menjadi salah satu yang aman untuk diberikan pada bayi Anda, seperti dijelaskan dalam jurnal yang diterbitkan oleh University of Kentucky. Lalu, apa saja manfaat dari minyak yang dihasilkan dari tumbuhan bernama Melaleuca Alternifolia asal Australia ini?

1. Dapat Mengusir Serangga

Tea tree oil dapat dijadikan sebagai "senjata" untuk mengusir serangga dan nyamuk di sekitar rumah. Caranya, rendam bola kapas di dalam wadah berisikan minyak, lalu letakkan di sudut kamar atau ruang main Si Kecil.

2. Mengandung Antibakteri dan Antimikroba

Minyak alami satu ini memilki sifat antibakteri yang dapat menjaga tubuh Si Kecil dari serangan penyakit. Sifat antimikroba di dalamnya juga mampu meredakan masalah peradangan, seperti batuk dan penyakit kulit yang disebabkan adanya mikroba tertentu. Manfaat balsamik yang terkandung di dalam tea tree oil juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh bayi Anda.



3. Luka Cepat Sembuh

Jika Si Kecil mengalami luka ringan akibat goresan kuku atau gigitan nyamuk, tea tree oil bisa menjadi obat untuk mempercepat penyembuhannya. Hal ini dikarenakan adanya kandungan cicatrizant, yang mampu melindungi tubuh dari infeksi berbahaya. Rasa sakit dan tidak nyaman yang Si Kecil rasakan juga bisa berkurang karena efek relaksasi dari minyak alami ini.

4. Mengatasi Infeksi Akibat Jamur

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa tea tree oil mampu mengobati infeksi jamur. Hal ini bisa menjadi solusi masalah jamur pada kulit bayi, seperti yang diakibatkan karena pemakaian popok. Untuk mendapatkan manfaat ini, Moms bisa menambahkan setetes tea tree oil ke dalam air hangat untuk menyeka kulit Si Kecil atau meneteskannya pada tisu basah bayi agar lebih higienis saat akan digunakan.

Adakah Efek Samping?

Studi yang dilakukan di Thomas Jefferson University menunjukkan bahwa 5 persen pengguna tea tree oil dapat mengalami masalah dermatitis alergi (eksim) karena penggunaan topikal (dioleskan ke kulit).

Karenanya, akan lebih baik jika Moms mencampurkan tea tree oil dengan carrier oil seperti minyak kelapa atau minyak zaitun sebelum dipakaikan ke kulit Si Kecil. Selain itu, konsultasikan juga dengan dokter untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut dalam penggunaan tea tree oil pada anak Anda agar lebih aman. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   minyak esensial,   tea tree oil,   essential oil