Mother&Baby Indonesia
Cara Ampuh Melentikkan Bulu Mata Bayi

Cara Ampuh Melentikkan Bulu Mata Bayi

Memandangi mata indah bayi Anda memang tidak ada puasnya ya, Moms. Terlebih, kontak mata ke mata bisa menjadi quality time yang menguatkan hubungan Anda dan Si Kecil. Nah, kalau sudah bicara soal mata bayi, para Moms pasti sangat mendambakan bayinya memiliki bulu mata yang lentik.

Kami mengerti, perpaduan wajah imut dan bulu mata lentik memang membuat Si Kecil terlihat mirip boneka ya, Moms. Namun Anda perlu ingat kalau bulu mata bayi sangat dipengaruhi faktor genetik, yang bentuk, panjang, dan ketebalannya sudah terbentuk sejak dalam kandungan. Mengutip What To Expect, bulu mata mulai terbentuk sejak janin masih berusia sekitar 8 minggu, dan sudah terbentuk sempurna di usia kehamilan 22 minggu.

Walau sangat dipengaruhi faktor genetik, namun tetap ada beberapa cara untuk melentikkan bulu mata bayi. Jika Anda salah satu Moms yang mendambakan bulu mata bayi lentik, beberapa cara alami di bawah ini bisa Anda coba. Yuk, simak caranya!



Oleskan Minyak Zaitun

Minyak yang satu ini sudah terkenal bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan, termasuk dalam hal bulu mata. Untuk melentikkan bulu mata bayi, Anda bisa mengoleskan sedikit minyak zaitun di bulu matanya setiap hari. Tapi pastikan Anda hanya menggunakan extra virgin olive oil atau EVOO ya, Moms. 

EVOO adalah jenis minyak zaitun murni yang kaya akan polifenol untuk menyehatkan bulu mata. Minyak zaitun ini juga kaya akan antioksidan dan vitamin E lho, Moms, sehingga baik untuk menutrisi bulu mata anak. Anda bisa mengoleskan EVOO ke bulu mata Si Kecil sebelum ia tidur. Gunakan cotton bud yang sudah dioleskan EVOO secara merata ya, Moms.

Oleskan Minyak Kelapa

Kandungan vitamin E yang tinggi pada minyak kelapa dapat membantu menstimulasi pertumbuhan bulu mata Si Kecil. Anda bisa mengoleskan sedikit minyak kelapa pada cotton bud atau kapas, kemudian dioleskan lagi pada bulu mata anak. Lakukan sebelum tidur malam ya, Moms, dan bersihkan sisa minyak di pagi hari.



Oleskan Minyak Kemiri

Moms pasti sudah tahu manfaat minyak kemiri yang dikenal baik untuk merangsang pertumbuhan rambut. Tak hanya membuat rambut lebih hitam, minyak kemiri juga bisa menstimulasi akar rambut, alis, dan bulu mata menjadi lebih baik. Nah, jika Anda ingin Si Kecil memiliki bulu mata yang tebal dan panjang, maka mengoles tipis minyak kemiri sebelum tidur bisa membantu. Pastikan minyak yang dioleskan tipis saja dan tidak mengenai kelopak mata anak, ya.

Makanan Tinggi Vitamin E

Beberapa jenis makanan yang tinggi vitamin E dapat menjadi cara alami untuk mengaktifkan folikel bulu mata anak. Makanan tinggi vitamin E juga baik untuk menutrisi kulit anak, menangkal radikal bebas penyebab kanker, dan tentu saja membuat anak tidak mudah sakit.

Mengutip Medline.gov, contoh makanan yang mengandung vitamin E tinggi adalah alpukat, kiwi, brokoli, gandum, minyak sayur, salmon, mangga, dan sayuran hijau. Semuanya aman untuk MPASI Si Kecil, Moms. Nah, jika usia Si Kecil sudah lebih dari 12 bulan, Moms bisa memberikannya kacang-kacangan yang juga tinggi vitamin E. Kenapa harus menunggu lebih dari 12 bulan? Selain menunggu pencernaannya lebih sempurna, ini juga mengantisipasi risiko alergi kacang yang mungkin terjadi pada bayi Anda. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bulu mata,   melentikkan bulu mata bayi