Mother&Baby Indonesia
10 Hal yang Harus Moms Lakukan Sebelum Bayi Anda Lahir

10 Hal yang Harus Moms Lakukan Sebelum Bayi Anda Lahir

Persalinan sudah di depan mata, senangnya! Moms pasti sudah tak sabar bertemu dengan Si Kecil, ya. Tapi jangan sampai hal ini membuat Anda jadi terlena dan tidak mempersiapkan diri, Moms. Setelah bayi lahir, dunia akan berubah dan Anda akan lebih sibuk dari sebelumnya. Maka, menyiapkan beberapa hal yang esensial sebelum persalinan sangat penting demi kenyamanan Si Kecil dan diri Anda sendiri.

Tenang, Moms tak perlu khawatir dan bingung tentang apa saja yang harus disiapkan. Melansir The Bump, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum persalinan. Yuk, simak penjelasannya, Moms!

1. Mengikuti Kelas Prenatal




Walau ini bukan lagi persalinan yang pertama bagi Anda, mengikuti kelas bersalin akan sangat membantu menyiapkan diri saat persalinan nanti. Di kelas ini, Anda akan berlatih teknik bernapas dan relaksasi yang akan sangat membantu Anda saat proses melahirkan kelak.

2. Mengetahui Dasar-dasar Menyusui


Jangan harap Si Kecil akan langsung bisa melekat dan menyusu dengan fasih sesaat setelah ia lahir, Moms. Sebabnya, menyusu adalah sebuah proses belajar, baik bagi Si Kecil dan Anda. Tak jarang momen Inisiasi Menyusui Dini (IMD) menjadi penuh tantangan karena kurangnya pengetahuan tentang menyusui. Untuk itu, mengikuti kelas laktasi sebelum persalinan tiba adalah langkah tepat.

3. Menyiapkan Kasur Bayi


Setiap orang membutuhkan tempat yang nyaman untuk tidur, terutama Si Kecil. Baik di kamar sendiri atau di kamar Anda, siapkan kasur atau tempat tidur khusus bayi agar tidur Si Kecil nyaman dan minim masalah.

4. Mendiskusikan Rencana Persalinan


Selama masa kehamilan, tentunya Moms akan rutin bertemu dan berkonsultasi dengan dokter kandungan. Karena itu, mengapa tidak memanfaatkan kesempatan ini untuk mendiskusikan metode persalinan Anda kelak? Diskusikan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi, rencana A dan rencana B (atau bahkan rencana C), serta metode yang paling aman bagi kehamilan Anda.

5. Menyiapkan Tas Persalinan


Ketika sudah berada di rumah sakit untuk bersalin, Anda akan cukup sibuk dengan persiapan persalinan, sehingga segala kebutuhan Anda saat di rumah sakit perlu dipersiapkan beberapa hari sebelum Hari Perkiraan Lahir (HPL). Pastikan Anda membawa pakaian, makanan, charger handphone, kaus kaki, makanan ringan, sikat gigi, dan berbagai hal lainnya di dalam satu tas. Jadi, ketika waktunya tiba, Moms bisa langsung pergi dengan membawa tas tersebut.



6. Mengabarkan Kelahiran Bayi


Saat bersalin, Moms dan Dads akan sangat hectic dengan kontraksi sehingga tak ada cukup waktu untuk merumuskan cara mengabarkan kelahiran Si Kecil. Untuk itu, Moms bisa mencicil agenda ini sejak masa kehamilan. Baik hanya melalui pesan terusan WhatsApp atau foto persalinan dengan jasa fotografer khusus, Moms lebih baik merencanakannya jauh sebelum HPL.

7. Menyiapkan Makanan Bernutrisi


Hari-hari pertama setelah melahirkan adalah momen yang paling melelahkan, bahkan tubuh Moms masih belum pulih sepenuhnya, sehingga memasak tidak lagi menjadi tugas pertama dalam agenda Anda. Maka, menyiapkan makanan siap saji (yang memiliki nilai nutrisi dan gizi yang baik tentunya) sejak sebelum HPL adalah ide bagus. Penuhi kulkas Anda dengan makanan bernutrisi nan lezat yang siap santap, agar hari-hari pertama pascapersalinan menjadi lebih mudah.

8. Memasang Car Seat


Saat persalinan dimulai, baik Anda maupun Dads akan sangat gugup sehingga membaca instruksi memasang car seat dengan tepat bukanlah tugas yang lagi mudah dan simpel dilakukan. Maka, menyiapkan car seat sejak masa kehamilan akan bisa sangat membantu.

9. Membersihkan Pakaian Bayi


Mencuci dan membersihkan sprei kasur, selimut, pakaian, dan berbagai hal lainnya yang akan bersentuhan langsung dengan kulit Si Kecil adalah ide yang sangat baik. Moms tak perlu benar-benar mencuci seluruh pakaian atau sprei yang Anda punya, tapi cukup cuci sebanyak kebutuhan selama seminggu atau dua minggu sudah cukup.

10. Memilih Dokter Anak


Merawat bayi yang baru lahir dapat dipenuhi dengan pertanyaan, dan sosok yang tepat untuk membantu Anda mengatasi ini semua adalah dokter anak. Maka dari itu, “berburu” dokter anak sejak masa kehamilan dapat sangat membantu meringankan beban Anda setelah persalinan. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: persalinan,   kehamilan,   ibu hamil,   persiapan melahirkan