Mother&Baby Indonesia
10 Spot Menarik dan Instagrammable di Kebun Raya Bogor

10 Spot Menarik dan Instagrammable di Kebun Raya Bogor

Moms, jenuh di rumah saja? Saatnya Anda melepas penat dan menikmati waktu bersama keluarga di Kebun Raya Bogor. Bisa dibilang, Kebun Raya yang menjadi salah satu ikon kota Bogor ini merupakan pilihan destinasi liburan singkat yang tepat dan menjadi tempat rekreasi outdoor yang menyenangkan di tengah pandemi saat ini.


Nah, beberapa waktu lalu, tim M&B berkesempatan berkunjung ke Kebun Raya Bogor yang telah berdiri sejak 1817 ini. Tak hanya bisa menikmati udara bersih nan segar, tetapi mata kita juga dimanjakan dengan beraneka ragam jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Selain itu, banyak spot menarik dan instagrammable di tempat ini, lho! Apa saja? Ini dia 10 spot menarik dan instagrammable di Kebun Raya Bogor favorit M&B:



1. Griya Anggrek


Anda penyuka bunga Anggrek? Bila ya, jangan lupa singgah di Griya Anggrek, Moms. Di tempat ini Anda bisa melihat keindahan berbagai jenis anggrek yang ada. Di tempat ini Anda juga bisa membeli tanaman anggrek dan tanaman non-anggrek (Nepenthes dan Alocasia) dalam bentuk botolan atau pot hasil perbanyakan dari kultur jaringan Kebun Raya. Bagi Anda yang berminat, anggrek hibrid yang tengah berbunga juga dijual, lho!

2. Taman Mexico


Nah, kali ini bagi Anda pecinta tanaman kaktus, tentunya Taman Mexico bisa menjadi spot favorit Anda! Tak hanya kaktus, di taman ini Anda juga bisa melihat kumpulan spesies tumbuhan iklim kering seperti Agave, Yucca, dan tumbuhan sukulen lain yang ditata menyerupai habitat aslinya.

Akan tetapi, sungguh disayangkan, masih banyak tangan nakal yang tak bertanggung jawab yang malah merusak koleksi tanaman di Taman Mexico ini dengan memberikan coretan pada tanaman-tanaman kaktus tersebut. Bila Anda dan keluarga berkunjung ke Taman Mexico, jangan sampai Anda melakukan hal yang sama ya Moms, stop vandalisme!

3. Tugu Raffles

Ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang dibangun pemimpin pemerintahan Hindia Belanda pada masanya, yaitu Thomas Stamford Raffles. Ia membuat Tugu Raffles sebagai bukti cintanya terhadap sang istri, yaitu Lady Olivia Marianne, yang meninggal pada 26 November 1814 di Bogor akibat penyakit malaria. Tugu ini bisa Anda jumpai tidak jauh dari pintu gerbang utama Kebun Raya Bogor, tepatnya di dekat area kolam gunting.

4. Pohon Jodoh


Nama pohon ini tercetus karena dua pohon langka yang berbeda jenis ditanam bersamaan dan berdampingan pada 1866 ini tumbuh bersama dan hidup subur sampai saat ini. Bagi orang yang belum bertemu dengan jodohnya, konon jika berfoto di tempat ini, maka ia akan segera bertemu dengan jodohnya. Sedangkan bagi Anda yang telah menikah, hubungan pernikahan Anda diyakini akan semakin erat.

5. Jalan Kenari 2

Dapat menghirup udara segar tentunya menjadi dambaan setiap orang, terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Nah beruntungnya Anda bila menyusuri Jalan Kenari 2 di Kebun Raya Bogor. Pasalnya, ini merupakan tempat oksigen terbaik di Asia Tenggara karena area ini dipenuhi dengan pohon-pohon besar nan tinggi dan cantik. Dijamin Anda pasti akan merasakan udara yang sejuk dan asri di sini.

6. Jalan Astrid

Jalan Astrid juga menjadi salah satu tempat bersejarah dan menarik di Kebun Raya Bogor. Jalan ini dibangun pada 1929 dalam rangka menyambut kedatangan Ratu Astrid asal Belgia yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Di sepanjang jalan ini juga ditanami pohon astrid, dengan warna bunga merah dan kuning seperti warna bendera negara Belgia.



7. Ecodome

Ecodome merupakan wahana baru di Kebun Raya Bogor yang diresmikan pada November 2017 lalu. Di dalam Ecodome ini terdapat wahana pendidikan lingkungan, kegiatan pameran yang berkaitan dengan lingkungan dan iptek, ekosistem, seni, musik, dan budaya. Selain itu, bangunan ini juga kaya akan tanaman dan bunga tropis.

8. Beverly Hills ala Kebun Raya


Di Kebun Raya Bogor Anda juga bisa menyusuri jalan yang menyuguhkan panorama layaknya di Beverly Hills California yang dipenuhi dengan pohon palem di kedua sisinya.

9. Sumber Air Cai Katulampa

Ini merupakan tempat favorit mantan presiden pertama Indonesia, yaitu Dr. Ir. H. Soekarno untuk mandi dan mencuci muka. Konon katanya meski di cuaca sangat panas sekalipun, sumber air ini tidak akan berkurang lho, Moms.

10. Kompleks Pemakaman Belanda

Kompleks pemakaman tua ini sudah ada jauh sebelum Kebun Raya Bogor diresmikan oleh Caspar Georg Karl Reinwardt, yaitu pendiri sekaligus pemimpin pertama Kebun Raya Bogor pada tahun 1817. Di area ini terdapat beberapa makam tokoh yang telah mengabdikan dirinya di Kebun Raya Bogor.

Jika Anda berjalan-jalan di Kebun Raya Bogor, tak perlu khawatir akan kelelahan, Moms. Anda bisa dengan mudah dan nyaman mengitari area Kebun Raya Bogor dengan menyewa mobil wisata, golf car, maupun sepeda. Setelah puas berkeliling, Moms bisa mampir ke Raffles Kitchen and Cafe untuk menyantap sajian lezat yang mereka sajikan.

Nah, sebelum pulang, jangan lupa mampir ke Olive Store untuk membeli suvenir khas Kebun Raya Bogor. So, Moms, tunggu apa lagi? #AyokeKebunRaya Bogor! Pokoknya, di Kebun Raya Bogor ini Anda bisa piknik menyenangkan bersama keluarga, lho! Untuk info lebih lanjut, Anda bisa kunjungi laman www.kebunraya.id/bogor atau Instagram @kebunraya_id.

Simak pula keseruan tim M&B saat berkunjung ke Kebun Raya Bogor beberapa waktu lalu dalam M&B Approved: Kebun Raya Bogor berikut ini, Moms.

(Vonda Nabilla/SW/Dok. M&B)



Tags: kebun raya bogor,   rekreasi,   liburan