Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Efek Samping Makan Menu Pedas saat Anda Hamil

Moms, Ini Efek Samping Makan Menu Pedas saat Anda Hamil

Mungkin Moms termasuk dalam golongan pecinta makanan pedas. Rasanya belum puas kalau belum mengonsumsi menu dengan rasa yang membuat mata menjadi melek ini. Mulai dari makan dengan sambal tradisional, saus sambal botolan, hingga langsung menggigit cabainya, semua sudah bisa menambah rasa makanan menjadi lebih nikmat untuk disantap.

Namun bagaimana jika Anda tengah hamil? Apakah kegemaran Anda akan makanan pedas boleh tetap berlanjut selama menjalani masa kehamilan, atau haruskah kebiasaan tersebut distop terlebih dahulu untuk menjaga kesehatan Anda dan janin dalam kandungan?

Sebenarnya, para pakar sepakat bahwa ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi makanan pedas dan hal tersebut tidak akan menyakiti janin di dalam rahim. Namun, ada baiknya jika bumil tidak berlebihan saat mengonsumsi menu pedas agar tidak memicu masalah kesehatan yang bisa mengganggu kehamilan Anda. Berikut ini beberapa efek samping yang kemungkinan akan Anda alami jika berlebihan dalam mengonsumsi makanan pedas saat hamil, Moms.



Morning Sickness

Rasa mual di masa kehamilan memang wajar terjadi yang dikenal dengan istilah morning sickness. Kondisi ini pun bisa semakin parah, khususnya pada beberapa bumil akibat mengonsumsi makanan pedas dengan porsi yang berlebihan.

Heartburn

Bumil juga mungkin familiar dengan heartburn, yaitu sensasi seperti terbakar di sekitar area perut bagian atas atau dada bagian bawah yang menjalar ke kerongkongan. Menu makanan yang pedas akan meningkatkan risiko kondisi tersebut yang tentu saja akan menimbulkan rasa tidak nyaman setelahnya.

Perut Mulas

Setelah mengonsumsi makanan pedas, beberapa orang memang bisa merasakan mulas di perut. Kondisi ini pun bisa terjadi pada ibu hamil hingga menimbulkan rasa tidak nyaman, walaupun sebenarnya tidak berkaitan dengan situasi di rahim Anda.



GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

Kondisi GERD sebenarnya bisa terjadi pada Moms yang sudah punya riwayat penyakit lambung sebelum hamil. Dan kondisi ini pun bisa terpicu jika bumil mengonsumsi makanan pedas, hingga menimbulkan nyeri di dada, serta rasa mual dan muntah yang berlebihan.

Diare

Makanan pedas memang identik dan berkaitan dengan sistem pencernaan. Jika terjadi diare, maka masalah ini bisa menyebabkan risiko dehidrasi pada ibu hamil. Bahkan volume air ketuban menjadi berkurang, perkembangan janin terganggu, hingga yang paling berbahaya, yaitu berisiko keguguran.

Karena itu, untuk mencegah gangguan kesehatan tersebut, ada baiknya jika Moms mengontrol porsi menu makanan pedas yang ingin dinikmati. Pastikan juga untuk selalu terhidrasi dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, terutama setelah memakan makanan pedas.

Apabila kemudian Anda merasakan sakit atau tidak nyaman akibat berlebihan saat mengonsumsi makanan pedas, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk menerima penanganan yang tepat, sehingga masalah tersebut tidak akan memengaruhi kondisi kesehatan Anda dan janin di dalam rahim. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   makanan pedas