Mother&Baby Indonesia
Nyeri pada Payudara saat Hamil? Ini Penyebabnya, Moms!

Nyeri pada Payudara saat Hamil? Ini Penyebabnya, Moms!

Perubahan hormon dan bentuk tubuh kerap membuat ibu hamil merasakan sejumlah keluhan, salah satunya adalah nyeri pada payudara. Apa penyebab masalah ini dan bagaimana cara untuk mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini ya, Moms!

Terjadi pada Trimester Pertama

Nyeri pada payudara merupakan salah satu keluhan yang paling sering dirasakan oleh ibu hamil. Biasanya, keluhan ini muncul saat kehamilan berusia 4 hingga 6 minggu dan berlangsung selama trimester pertama.

Penyebab munculnya rasa nyeri ini adalah perubahan hormon yang terjadi pada Moms selama periode kehamilan. Pada trimester pertama, produksi hormon estrogen dan progesteron pada ibu hamil akan meningkat. Hormon ini berfungsi untuk menunjang tumbuh kembang bayi dalam kandungan, sekaligus mempersiapkan payudara Moms untuk menyusui Si Kecil ketika sudah dilahirkan.



Efek dari kenaikan jumlah hormon ini adalah aliran darah ke payudara akan meningkat, jumlah kelenjar susu bertambah, dan lapisan lemak di payudara menjadi lebih tebal. Efeknya bukan sekadar menyebabkan ukuran payudara membesar, tapi juga menimbulkan rasa nyeri serta terasa lebih sensitif ketika disentuh. Pada umumnya, rasa nyeri ini akan berangsur hilang memasuki trimester kedua kehamilan.

Mengatasi Rasa Nyeri pada Payudara

Salah satu cara yang bisa ibu hamil lakukan guna mengurangi rasa nyeri tersebut adalah dengan mengenakan bra atau penyangga payudara yang tepat. Berbeda dengan bra biasa, bra untuk ibu hamil sangat disarankan untuk memenuhi beberapa kriteria berikut ini:

• Sesuai dengan ukuran payudara. Jangan mengenakan bra yang terlalu kecil atau terlalu longgar.

• Tidak berkawat. Ya, bra berkawat akan membuat Moms merasakan tidak nyaman di bagian dada. Selain itu, bra berkawat tidak sesuai dengan perubahan payudara Moms saat tengah hamil.

• Memilih bra khusus ibu hamil yang terbuat dari bahan yang nyaman dan menyerap keringat, seperti bahan katun. Bra semacam ini akan nyaman dipakai seharian, termasuk saat tidur. Dengan mengenakan bra khusus ibu hamil, nyeri payudara dapat diminimalisasi.

Selain mengenakan bra yang tepat, Moms juga bisa mengatasi nyeri payudara saat hamil dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Kebiasaan ini akan membantu pembuangan zat metabolisme dari dalam tubuh. Langkah lain yang bisa dilakukan adalah:



1. Mengompres payudara dengan air hangat atau air dingin.

2. Mandi air hangat.

3. Mengenakan bra saat tidur.

4. Melakukan peregangan ringan, tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter.

5. Melakukan yoga atau meditasi guna menenangkan diri sehingga bisa meminimalisasi rasa nyeri tersebut.

6. Mengurangi konsumsi garam.

Pada umumnya, rasa nyeri di payudara yang dialami ibu hamil masih bisa ditoleransi dan akan menghilang dengan sendirinya. Akan tetapi jika rasa sakit tersebut sudah tak tertahankan lagi hingga menimbulkan demam, maka Moms sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   nyeri payudara,   estrogen,   progesteron,   ibu hamil