Mother&Baby Indonesia
Benarkah Janin Merasakan saat Moms Berhubungan Seks?

Benarkah Janin Merasakan saat Moms Berhubungan Seks?

Tidak sedikit Moms yang menolak untuk berhubungan seks kala hamil. Alasannya beragam, namun sebagian besar Moms enggan bercinta ketika tengah mengandung karena khawatir hal tersebut akan memengaruhi janin atau bahkan mencelakakannya.

Namun benarkah janin akan merasakan saat sang ibu berhubungan seks? Jawabannya adalah tidak! Selama kehamilan Anda tidak bermasalah, maka bercinta bukan hal yang dilarang untuk dilakukan, Moms.

Janin Terlindungi

Sebaliknya, Moms juga bisa menggunakan tubuh Anda sebagai panduan. Dengan kata lain, jika Anda merasa nyaman melakukan seks dalam posisi tertentu tanpa merasakan nyeri apa pun, maka hal ini bisa menjadi pertanda bahwa bayi yang berada di dalam kandungan juga baik-baik saja.



Di sisi lain, Dads juga tidak perlu khawatir penetrasi penis akan menyentuh atau bahkan membahayakan janin ketika berhubungan seks. Menurut penelitian, penis tidak akan sampai menyentuh atau membahayakan janin saat melakukan penetrasi.

Selain itu, Si Kecil terlindungi sepenuhnya dengan adanya cairan ketuban. Janin juga mendapatkan perlindungan dari otot rahim, perut, dan panggul, sehingga ia tidak akan merasakan benturan atau guncangan saat Moms dan Dads berhubungan seks.

Seks Aman saat Hamil

Namun jika Moms dan Dads masih khawatir bercinta akan memengaruhi janin, maka Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

1. Ciptakan Suasana Nyaman



Ibu hamil kerap mengalami perubahan mood yang tiba-tiba, begitu pula dengan gairah seksnya. Agar gairah seks terjaga, Anda dan pasangan bisa membuat suasana di ruangan terasa lebih nyaman, misalnya dengan memastikan suhu kamar yang tepat, menyediakan alas tidur yang aman dan tidak membuat badan sakit, atau Anda juga bisa memasang aromaterapi yang bisa membuat tubuh serta pikiran lebih rileks.

2. Cari Posisi Aman

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Moms bisa menggunakan tubuh Anda sebagai panduan untuk mengetahui apakah posisi seks yang dipilih akan memengaruhi janin atau tidak. Pastikan Anda tidak merasakan nyeri atau merasa tertekan di bagian tubuh tertentu, khususnya di perut. Posisi berbaring menyamping dan woman on top bisa menjadi pilihan kala Anda bercinta pada saat hamil. Pastikan tidak menekan atau mengimpit perut ibu hamil, seperti pada posisi misionaris atau telentang.

3. Rileks saat Penetrasi

Agar hubungan seks terasa nyaman, minta pasangan untuk tidak melakukannya secara terburu-buru. Usahakan juga agar Anda selalu dalam kondisi rileks, bahkan bila perlu gunakan pelumas vagina. Hal ini akan membantu Moms untuk menghindari rasa nyeri ketika penetrasi dilakukan. Satu hal yang pasti, jangan memaksa ibu hamil untuk berhubungan seks jika memang sedang tidak mood. Hal tersebut hanya akan membuat ibu hamil merasa nyeri dan tak bisa menikmati sesi bercinta. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   seks,   janin