Mother&Baby Indonesia
Dads, Begini Cara Mengatasi Perubahan Mood Istri saat Hamil

Dads, Begini Cara Mengatasi Perubahan Mood Istri saat Hamil

Suasana hati yang mudah berubah-ubah saat hamil tentu sudah menjadi pemandangan yang tak asing lagi. Sejak awal kehamilan, ibu hamil menjadi mudah tersinggung, menangis, atau bahkan lebih mudah marah-marah. Perubahan suasana hati atau mood swing ini menjadi hal yang menantang, tak hanya bagi ibu hamil, tapi juga bagi para Dads yang senantiasa menemani Moms.

Dads, Anda juga bisa membantu istri mengatasi perubahan mood saat hamil, lho. Yuk, ketahui cara efektif yang bisa Dads lakukan untuk membantu bumil mengatasi perubahan mood yang dialami!

Pastikan Bumil Cukup Tidur

Salah satu penyebab perubahan mood saat hamil adalah lelah dan kurang tidur. Dengan memastikan bumil telah mencukupi kebutuhan tidur hariannya, maka Dads telah membantu mengurangi risiko perubahan mood yang kerap terjadi. Bantu bumil mendapatkan tidur nyenyak di malam hari, dengan cara menyematkan bantal di antara kaki bumil atau hal lain yang membuatnya nyaman. Sedikit pijatan lembut di punggung juga akan bisa membantu bumil lebih nyaman lho, Dads!



Ajak Mengobrol

Luangkan lebih banyak waktu untuk mendengarkan curahan hati istri. Ingat, aktivitas sederhana seperti ini saja bisa membantu menjaga mood bumil tetap baik lho, Dads. Biarkan ia mencurahkan keluh kesahnya, entah yang terkait dengan keluhan kehamilan maupun urusan drama di tempat kerja.

Dengarkan dan beri respons dengan penuh cinta, tanpa harus menghakimi perubahan cara berpikir dan sikap istri. Terkadang saat istri curhat dengan suami, yang dicari bukan sekadar solusi, tapi juga perhatian dan waktu hangat berdua saja.

Ajak Berolahraga Ringan

Asalkan bumil sehat dan sudah diizinkan dokter, berolahraga saat hamil boleh dan perlu dilakukan. Tidak perlu olahraga dengan intensitas berat, sekadar berjalan kaki atau berjalan cepat saja sudah cukup. Olahraga berdua istri menstimulasi munculnya hormon bahagia yang bisa menjaga mood tetap ceria! Sebagai bonus, olahraga juga menjadi quality time yang membuat hubungan suami istri makin romantis.



Pijatan Penuh Cinta

Semakin besar usia kehamilan, semakin mudah lelah juga bumil. Kalau sudah lelah, sakit punggung, kaki bengkak, wah, istri pasti sangat mudah mengalami bad mood! Sebelum ini terjadi, Dads perlu rutin memberi pijatan lembut yang penuh cinta. Bahkan sekadar dibelai lembut saja juga bisa membantu menstabilkan mood bumil lho, Dads.

Ajak Bersenang-senang

Ketika semua cara di atas tidak mempan mengendalikan mood bumil, maka cobalah untuk mengajaknya bersenang-senang. Dads perlu tahu kalau salah satu alasan bumil sering bad mood adalah karena ia diam-diam memendam berbagai perasaan negatif, seperti khawatir dengan kondisi janin, cemas persalinan tidak lancar, atau bahkan merasa tidak percaya diri karena kenaikan berat badan yang dialami.

Untuk membasmi berbagai perasaan negatif tersebut, ajakan bersenang-senang dari Dads pasti efektif membuat bumil bahagia. Tidak perlu babymoon ke Maldives, staycation romantis di hotel terdekat atau menyiapkan movie night di rumah juga bisa. Lakukan berbagai aktivitas sederhana yang bisa menunjukkan bumil kalau Anda selalu ada untuknya, selalu mendukungnya, dan selalu mencintainya dalam kondisi apa pun. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   kandungan,   mood swing