Mother&Baby Indonesia
Konsumsi 5 Buah Ini untuk Atasi Morning Sickness Ibu Hamil

Konsumsi 5 Buah Ini untuk Atasi Morning Sickness Ibu Hamil

Mual dan muntah merupakan keluhan yang sering dialami oleh wanita saat hamil. Keluhan yang populer dengan istilah morning sickness ini dialami lebih dari setengah ibu hamil pada trimester pertama kehamilannya. Kondisi tersebut pastinya membuat Anda merasa tidak nyaman saat hamil ya, Moms. Apalagi, jika Anda mengalami mual saat mencoba makan sesuatu, sehingga Anda pun kehilangan nafsu makan.

Walaupun begitu, Moms harus tetap mengonsumsi makanan, karena Anda membutuhkan berbagai nutrisi penting bagi kesehatan kehamilan Anda dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Sebagai solusi, Anda bisa konsumsi buah-buahan. Beberapa jenis buah sangat baik untuk membantu Anda mengurangi rasa mual saat hamil. Buah-buahan tersebut di antaranya adalah:

1. Jeruk




Sudah jadi pengetahuan umum bahwa jeruk punya segudang manfaat untuk kita, termasuk untuk ibu hamil. Nutrisi dalam buah ini memiliki efek baik untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu selama kehamilan. Kandungan vitamin C di dalamnya sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, aroma jeruk yang menyegarkan mampu membantu mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Kandungan asam di dalamnya juga bekerja untuk mengatasi peradangan dan mencegah masalah yang berhubungan dengan sistem pencernaan ibu hamil, sehingga terhindar dari sembelit. Sebaiknya konsumsi jeruk setelah makan untuk mencegah peningkatan asam lambung akibat rasa asam dari buah ini.

2. Pisang


Pisang kaya akan vitamin B6 yang sangat efektif meredakan rasa mual dan muntah saat hamil. Buah ini pun kaya akan serat. Maka, jika ibu hamil sering mengalami sembelit, rutin mengonsumsi pisang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan.

Bukan cuma itu, pisang juga jadi pilihan yang baik untuk mengatasi anemia atau gejala kurang darah yang kerap dialami ibu hamil. Gangguan ini disebabkan peredaran darah dalam tubuh Anda selama hamil meningkat menjadi semakin deras dan memicu anemia kehamilan. Anemia akan membuat ibu hamil semakin lemah setelah mual dan muntah-muntah. Nah, mengonsumsi pisang yang kaya akan zat besi bisa membantu melawan anemia.

3. Apel


Saat hamil, perut Moms akan menjadi lebih sensitif karena meningkatnya asam lambung. Apel mengandung serat tidak larut yang sangat baik untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan dan menurunkan asam lambung sehingga bisa membantu mengurangi rasa mual akibat kapasitas perut yang sudah penuh dengan gas.



Tidak hanya kaya vitamin dan serat, apel memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat sebagai antioksidan dalam tubuh untuk membantu mengatasi radikal bebas yang bisa memengaruhi daya tahan tubuh yang cenderung menurun pada masa kehamilan.

4. Lemon


Seperti halnya jeruk, lemon juga bisa membantu Anda mengurangi rasa mual ketika menjalani kehamilan. Aroma dan rasa lemon yang menyegarkan bisa membantu menenangkan perut Anda dan mengurangi mual.

Moms bisa mengonsumsi lemon dengan cara mengiris lemon, taruh di dalam gelas berisi air hangat, dan lalu diminum. Anda juga dapat meredakan mual dan muntah di pagi hari dengan cara menaruh potongan lemon di tangan, kemudian cium aromanya yang menyegarkan. Namun, sama seperti jeruk, sebaiknya konsumsi lemon setelah perut Anda terisi ya, Moms.

5. Melon


Melon juga bisa jadi pilihan Anda untuk membantu mengatasi mual selama kehamilan. Rasanya yang segar bisa mengurangi gejala mual di trimester pertama. Selain itu, melon juga mengandung cairan yang baik untuk membantu mencegah dehidrasi, Moms.

Mual dan muntah yang kerap muncul saat hamil bisa menyebabkan ibu hamil berisiko kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Untuk mencegah dehidrasi, selain mencukupi konsumsi air, ibu hamil juga bisa konsumsi melon karena tingginya kandungan air di dalam buah tersebut. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   morning sickness,   ibu hamil mual muntah,   buah atasi mual