Mother&Baby Indonesia
Ini Alasan Ibu Hamil Merasa Lelah Setelah Makan

Ini Alasan Ibu Hamil Merasa Lelah Setelah Makan

Moms, apa Anda merasa jadi mudah lelah selama hamil? Jika ya, tidak usah cemas, Anda tak sendiri, kok. Saat hamil, tak sedikit wanita merasa kelelahan sepanjang waktu dikarenakan perubahan yang terjadi pada tubuhnya, mulai dari perubahan tekanan darah, hormon, dan penambahan berat badan, yang juga menjadi faktor kelelahan saat hamil.

Bila faktor-faktor tersebut bisa membuat Anda kelelahan saat hamil, tentu melakukan berbagai aktivitas saat hamil pun juga cukup membuat Anda kewalahan dan lelah. Bahkan tak sedikit ibu hamil yang mengaku kelelahan setelah makan. Apa Anda juga demikian, Moms?

Yuk, cari tahu alasan di balik rasa lelah yang Anda rasakan setelah makan saat hamil!



1. Morning Sickness

Mual dan muntah yang sering disebut dengan morning sickness merupakan salah satu keluhan yang dialami banyak ibu hamil akibat perubahan homon yang terjadi selama kehamilan. Mual dan muntah ini bisa mengganggu rutinitas makan dan membuat Anda merasa lelah setelah makan. Hal ini dikarenakan ketika Moms tidak makan dengan cukup, energi akan menurun dan membuat Anda merasa lelah sepanjang waktu.

Untuk mengurangi rasa mual ini, Moms bisa mengonsumsi air atau teh jahe. Pastikan Moms makan dengan porsi sedikit sepanjang hari untuk memastikan perut Anda tidak kosong. Nah, ketika rasa mual mulai berkurang, Moms bisa mulai mengatur jadwal makan Anda. Jangan lupa pula untuk mengonsumsi air putih guna mencegah dehidrasi atau minuman sehat seperti jus maupun smoothies.

2. Sistem Pencernaan Berubah

Seperti telah diketahui, seorang wanita mengalami banyak perubahan pada tubuhnya saat ia hamil. Bukan sekadar bentuk tubuh atau perubahan hormon saja, tetapi saluran dan sistem pencernaan Anda pun ikut berubah. Hal ini terjadi karena tubuh membutuhkan ruang untuk janin yang sedang tumbuh.

Saat hamil, sistem pencernaan seorang wanita menjadi lebih lambat, sehingga tubuh perlu bekerja keras untuk mencerna semua makanan. Belum lagi saat hamil, Moms terkadang mengalami mual, sehingga harus makan dalam porsi kecil.

Hal ini pun membuat lebih banyak waktu yang diperlukan untuk mencerna semua makanan karena segala sesuatunya bergerak lambat. Karena usus selalu bekerja untuk mencerna makanan yang Moms makan, tak heran bila Anda merasa lelah setelah makan.



Untuk mengatasinya, Moms bisa makan makanan dalam porsi kecil, pilih jenis makanan yang mudah dicerna usus, dan atur pola makan agar sistem pencernaan berfungsi secara teratur.

3. Terjadinya Pengalihan Darah dari dan ke Usus

Bagi Moms yang merasa lelah setelah makan, hal ini juga bisa disebabkan sebagian besar darah dalam tubuh Anda berpindah ke area usus. Ketika darah menjauh dari anggota tubuh lainnya, ini bisa membuat Anda merasa letih dan kelelahan.

Saat Si Kecil tumbuh di dalam perut Anda, kebutuhan darah untuk dialihkan ke bayi mengalami peningkatan. Nah, setelah makan, organ tubuh pun juga bekerja keras untuk mengalirkan darah ke bayi. Memiliki pola makan yang baik saat hamil tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda, karena bisa membantu proses mengalirkan darah ke janin lebih baik.

Untuk menghindari kelelahan setelah makan, Moms bisa membuat jadwal tidur siang beberapa jam setelah makan. Jika Anda tidak bisa tidur di siang hari, berusahalah untuk tetap aktif setelah makan. Anda bisa berjalan-jalan ringan atau menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah.

Hal ini bisa membantu mendistribusikan darah ke seluruh tubuh Anda dan meminimalkan kelelahan. Jika Moms merasa terlalu lelah, sebaiknya Anda harus mengunjungi dokter Anda dan memeriksakan tekanan darah Anda. (Vonda Nabilla/SW/Dok.Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   ibu hamil lelah,   lelah setelah makan