Mother&Baby Indonesia
8 Hal yang Membuat Bayi Menendang saat di dalam Perut

8 Hal yang Membuat Bayi Menendang saat di dalam Perut

Kehamilan merupakan momen yang pastinya membahagiakan bagi setiap wanita. Selama menjalani masa kehamilan, tentunya ada banyak hal yang menjadi bagian favorit Anda, salah satunya adalah ketika Si Kecil menendang atau bergerak di dalam perut Anda ya, Moms.

Meski tidak bisa dimungkiri bahwa terkadang pergerakan Si Kecil di dalam perut bisa membuat Moms merasa tidak nyaman, namun rasanya tentu menyenangkan bila mengetahui Si Kecil cukup aktif bergerak saat di dalam perut Anda. Bahkan di akhir kehamilan, mungkin Anda justru khawatir apakah Si Kecil sudah cukup bergerak atau tidak.

Nah, bila Anda ingin melihat tendangan Si Kecil pada perut Anda, berikut ini beberapa cara yang mungkin tak terlintas di kepala Anda yang bisa membuat bayi Anda menendang atau bergerak di dalam perut:



1. Makan Permen

Bila Moms ingin membuat bayi di dalam perut Anda bergerak, cobalah untuk makan permen. Saat makan permen, baik orang dewasa maupun anak-anak akan mengalami sugar rush yang membuatnya merasa lebih aktif atau bersemangat. Hal ini dikarenakan permen yang diketahui mengandung gula dapat memberikan energi pada tubuh, sehingga energi ini pun ikut tertransfer ke Si Kecil yang berada di dalam perut Anda dan membuatnya bergerak.

2. Makan Pisang

Selain makan permen, ternyata makan pisang juga bisa membuat Si Kecil bergerak saat berada di dalam perut. Hal ini mungkin dikarenakan kandungan potasium atau gula alami pada pisang sehingga bisa membuat bayi jadi aktif dan banyak bergerak.

3. Berbaring

Saat Moms berbaring, nyatanya Si Kecil akan lebih sering menendang di dalam perut. Hal ini dikarenakan saat Anda terlalu banyak bergerak, bayi akan merasakan pergerakan dari dalam perut yang bisa membuatnya tidur. Nah, saat Anda berhenti bergerak dan berbaring dengan santai, Si Kecil akan menyadarinya dan membuatnya terbangun dan bergerak.

4. Menyinari Perut dengan Senter

Menurut laman Parents, saat mencapai trimester ketiga kehamilan, bayi sudah bisa membuka mata dan mulai mengembangkan kemampuannya untuk melihat. Si Kecil yang ada di dalam perut akan bereaksi terhadap cahaya bila Moms menyinari perut Anda dengan senter, sehingga mereka mungkin akan bergerak untuk menjauh atau menghindari cahaya tersebut.



5. Memanfaatkan Ice Pack

Sama seperti cahaya, bayi juga bisa merespons suhu. Menggunakan kompres es atau ice pack di perut bisa menjadi cara untuk Moms membuat bayi Anda bergerak. Saat Moms menaruh kompres es ini pada perut Anda, ia akan menyadari bahwa ada perubahan suhu, sehingga kemungkinan besar Si Kecil akan mencoba menjauh dari sumber dingin tersebut. Bila Anda tidak memiliki ice pack, Moms bisa gunakan sayuran beku atau kain lap dingin untuk membuat Si Kecil yang berada di dalam perut bergerak.

6. Olahraga Jumping Jack

Melakukan jumping jack saat hamil cenderung aman dan menjadi cara yang cukup efektif untuk membuat bayi Anda bergerak dan menendang perut lebih sering. Menurut laman What to Expect, pada beberapa ibu hamil dengan usia kandungan 20 minggu, melakukan jumping jack berhasil membuat bayi yang sebelumnya tidak banyak bergerak, menjadi cukup aktif. Namun, lakukan aktivitas hanya jika kondisi kehamilan Anda benar-benar aman ya, Moms.

7. Melakukan Hal yang Memicu Adrenalin

Terkadang hal yang bisa membuat bayi bergerak di dalam perut adalah ketika ibu melakukan sesuatu yang membuatnya gugup atau bersemangat yang bisa memicu adrenalinnya. Meskipun begitu, hal ini bukan berarti Moms harus melakukan aktivitas yang dapat membahayakan Anda dan janin untuk memicu adrenalin Anda. Cara sederhananya, Moms bisa menonton film penuh aksi atau horor, atau bahkan memikirkan tentang persalinan.

8. Mandi Air Hangat

Ini menjadi cara yang patut dicoba untuk membuat bayi bergerak dan menendang perut Anda. Pasalnya saat mandi menggunakan air hangat, Moms akan merasa rileks sehingga membuat Anda lebih bisa menyesuaikan diri dengan bayi Anda (baik emosi maupun perilakunya) dan memperhatikan pergerakan janin di dalam perut. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   janin,   tendangan janin,   pergerakan janin