Mother&Baby Indonesia
Manfaat Tidur di Lantai dan Bahayanya untuk Ibu Hamil

Manfaat Tidur di Lantai dan Bahayanya untuk Ibu Hamil

Moms, siapa sih, yang tidak senang bila tidur di kasur yang empuk? Bisa-bisa kita tidak ingin beranjak dan memilih melanjutkan tidur, ya? Yup, kasur atau matras memang diciptakan untuk membuat sesi tidur jadi lebih nyaman serta membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Namun, bila menilik ke belakang, zaman dahulu kala, sebelum terciptanya kasur, orang-orang tidur di tanah. Tanah bisa dibilang menjadi tempat tidur pertama untuk orang-orang pada masa tersebut. Kini, meski orang-orang sudah terbiasa tidur di kasur, tak dipungkiri bahwa masih ada orang yang gemar tidur di lantai. Entah itu memang sudah menjadi kebiasaan atau sekedar iseng menikmati dinginnya lantai.

Biasanya banyak yang mengatakan bahwa tidur di lantai tidak baik. Namun ternyata tidur di lantai memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan lho, Moms. Apa saja ya, manfaatnya?



1. Memperbaiki Postur Tubuh

Tidur di lantai baik untuk memperbaiki postur tubuh Anda. Ini bisa membuat kepala, leher, dan punggung menjadi lurus ke posisi aslinya. Sakit punggung yang diakibatkan oleh postur tubuh yang buruk juga bisa diatasi dengan tidur di lantai.

2. Mengurangi Rasa Sakit Punggung

Tidur di lantai juga memiliki manfaat bagi punggung Anda. Tidur telentang di lantai bisa memberikan efek yang intens pada postur dan rasa sakit yang Anda rasakan. Tidur di lantai akan membantu tulang belakang Anda kembali ke postur aslinya. Tidur di lantai juga dapat membantu meredakan rasa pegal dan kaku otot karena duduk terlalu lama.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Tidur di lantai dapat membantu melancarkan peredaran darah Anda. Hal ini dikarenakan saat Anda berbaring telentang di lantai, jantung akan lebih mudah memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

4. Mencegah Kepanasan

Saat Anda tidur di kasur, terutama di kasur yang memiliki kualitas buruk, ini bisa membuat Anda merasa kepanasan. Panas yang dihasilkan tubuh Anda dapat terperangkap di kasur, sehingga membuat Anda merasa kepanasan dan mengganggu tidur Anda. Cobalah tidur di lantai untuk menghindari masalah kepanasan ini.

5. Membantu Mengatasi Insomnia

Salah satu penyebab insomnia adalah karena tidur di permukaan yang buruk. Bila Anda terus membolak-balikkan tubuh sepanjang malam, tidur di lantai bisa jadi solusinya. Di awal mungkin Anda merasa tak nyaman, tetapi nantinya tubuh akan bisa menyesuaikan sehingga Anda terbiasa tidur di lantai.



Bolehkah Ibu Hamil Tidur di Lantai?

Meski tidur di lantai memiliki manfaat untuk kesehatan, tetapi Anda tetap perlu memperhatikan kondisi fisik, karena hal ini akan menentukan aman atau tidaknya Anda tidur di lantai. Bila kondisi fisik Anda tidak memungkinkan berbaring telentang di lantai, sebaiknya Anda tak perlu memaksakan diri, terlebih untuk Anda yang sedang hamil, Moms.

Meski tak menutup kemungkinan bahwa ibu hamil dapat tidur telentang di lantai, namun hal ini sebenarnya tidak disarankan untuk dilakukan. Pasalnya saat hamil, tulang belakang seorang wanita menjadi sangat sensitif. Ini bisa menyebabkan ibu hamil mengalami sakit punggung yang parah, karena tulang belakang dipaksakan untuk melawan kesejajaran posisi alaminya selama kehamilan.

Selain itu, tidur di lantai tidak disarankan bagi ibu hamil karena kondisi ligamen mereka yang mendapat tekanan selama kehamilan. Melansir laman Babygaga, selama tahap lanjut kehamilan, rahim ibu akan mengembang dan bayi akan mulai menendang. Jika ibu hamil tidur di lantai, bayi bisa jatuh ke bawah akibat tarikan gravitasi. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan dalam kasus yang lebih serius dapat menyebabkan cedera.

Berbaring di lantai kemudian bangkit lagi dari lantai bisa juga menjadi hal yang membahayakan bagi ibu hamil. Dalam kasus yang parah namun jarang terjadi, ini bisa menyebabkan persalinan atau kelahiran prematur.

Cara Aman Ibu Hamil Tidur di Lantai

Tidur di lantai bukan sama sekali tak aman untuk ibu hamil. Bila Anda melakukannya dengan cara yang benar, ini bisa bermanfaat bagi Anda dan kesehatan bayi Anda. Pastikan Anda menggunakan bantal saat tidur di lantai untuk membantu menjaga postur tubuh dan membuat Anda nyaman, serta tidak membebani bagian tubuh Anda. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: tidur di lantai,   kesehatan,   ibu hamil