Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Cara Mengatasi Pilek pada Anak Tanpa Obat

Moms, Ini Cara Mengatasi Pilek pada Anak Tanpa Obat

Pilek merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh balita, apalagi memasuki musim penghujan seperti saat ini. Moms mungkin akan langsung memberikan obat ketika Si Kecil menunjukkan gejala-gejala pilek. Tapi sesungguhnya pilek bisa ditangani tanpa obat, khususnya saat gejalanya masih ringan.

Gejala Pilek

Pilek bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi virus, alergi, hingga paparan udara dingin atau kering. Gejala pilek bisa meliputi bersin, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, tubuh terasa lelah, dan demam.

Pada umumnya, gejala pilek ringan bisa hilang dengan sendirinya tanpa obat. Namun Moms tetap perlu berkonsultasi dengan dokter apabila gejala pilek tidak hilang dalam beberapa hari, disertai demam tinggi dan sesak napas, serta hidung mengeluarkan lendir berwarna hijau. Selain itu, pilek pada bayi di bawah 3 tahun tetap perlu penanganan khusus dari dokter.



Penanganan di Rumah

Sementara itu, pilek ringan pada anak sesungguhnya bisa diatasi tanpa obat. Saat Si Kecil mengalami pilek tanpa demam tinggi atau gejala lainnya, Moms bisa mengatasinya dengan cara berikut ini:

1. Memastikan Si Kecil cukup beristirahat.

2. Ketika berbaring, posisikan kepala anak lebih tinggi dari tubuh sehingga hidung tidak tersumbat dan ia bisa bernapas lebih lega.

3. Konsumsi cukup cairan guna mencegah dehidrasi, seperti air putih, jus buah hangat, atau ASI sesuai usianya.

4. Berikan probiotik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak berusia 12 bulan ke atas akan lebih cepat sembuh dengan mengonsumsi probiotik yang biasanya terkandung dalam yoghurt. Probiotik diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga kondisi Si Kecil juga tidak semakin parah.



5. Berikan makanan hangat, seperti semangkuk sup ayam hangat. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sup ayam mengandung senyawa sistein, sejenis asam amino yang dapat mengurangi lendir. Sup ayam yang hangat memang bukan obat, tapi mengandung rempah-rempah yang diyakini bisa membantu untuk melegakan pernapasan dan hidung tersumbat, serta membuat Si Kecil merasa lebih nyaman.

6. Mengoleskan minyak telon khusus balita di area leher, dada, dan punggung. Selain membuatnya merasa hangat, minyak telon juga bisa membantu meredakan hidung tersumbat.

7. Jika Moms memiliki humidifier di rumah, Anda bisa memasangnya dengan mencampurkan minyak esensial tertentu yang bisa membantu melegakan napas Si Kecil.

8. Bersihkan hidung anak dengan tisu yang dibasahi air hangat jika ada lendir yang menggumpal atau mengering.

9. Memberikan madu kepada Si Kecil yang berusia di atas 1 tahun. Anda bisa mencampurkan madu dengan air hangat dan diberi sedikit perasan jeruk nipis guna mengurangi gejala pileknya. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   anak pilek,   mengatasi pilek tanpa obat