Mother&Baby Indonesia
Busui Wajib Tahu! Ini 5 Langkah untuk Lancarkan Produksi ASI

Busui Wajib Tahu! Ini 5 Langkah untuk Lancarkan Produksi ASI

Asupan pertama yang diterima anak adalah ASI, sehingga sangat penting untuk membuat ASI keluar dengan lancar sejak awal menyusui. Agar pemberian ASI eksklusif berjalan dengan baik, Moms pun perlu mempersiapkannya sedini mungkin.

Salah satu hal yang penting dilakukan adalah dengan menjaga asupan nutrisi dan gizi dari makanan yang dikonsumsi. Menurut dr. I Gusti Ayu Partiwi, SpA, atau akrab disapa dr. Tiwi, ibu menyusui perlu mengonsumsi makanan seperti karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah dengan proporsi yang seimbang.

Busui juga disarankan untuk rutin berolahraga atau menggerakkan tubuh, untuk membuat tubuh tetap bugar dan perasaan lebih bahagia, yang membantu melancarkan ASI. Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk memperlancar produksi ASI, Moms.



1. Memijat Payudara

Agar kelenjar susu bisa memproduksi ASI dengan lancar, Moms perlu memberikan pijatan di bagian payudara secara perlahan sejak usia kandungan 3 bulan. Hal ini akan membuat puting menonjol dan memudahkan bayi menyusu nantinya. Di usia kehamilan 4 hingga 9 bulan, Anda juga bisa melakukan pemijatan menggunakan minyak kelapa selama 10 menit per hari, hingga masa menyusui berlangsung. Tak hanya melancarkan ASI, minyak kelapa juga bermanfaat untuk membersihkan kotoran di payudara dan puting susu.

2. Mengompres Payudara

Mengompres payudara dengan air hangat juga dapat membantu memperlancar produksi ASI. Hal ini bisa dilakukan sesaat sebelum menyusui yang diiringi dengan pijatan.

3. Banyak Minum Air Putih

Tak hanya mengonsumsi makanan kaya nutrisi, Moms juga perlu memperbanyak minum air putih selama menyusui. Selain membantu Moms memperlancar produksi ASI, tubuh juga jadi lebih sehat, dan kesegaran kulit tetap terjaga dengan baik.



4. Sering Menyusui

Setelah bayi lahir, tidak apa-apa jika Si Kecil sering diberi ASI, misalnya setiap 2 jam sekali. Dengan menyusui secara langsung, hormon oksitosin dan prolaktin akan meningkat dan produksi ASI pun menjadi lebih baik. Sering menyusui juga akan menambah kedekatan antara Moms dan bayi dari interaksi bersentuhan secara langsung.

5. Menghindari Stres

Sama seperti ibu hamil, Moms yang berada di fase menyusui juga tidak boleh stres. Pasalnya, suasana hati cukup memengaruhi proses produksi ASI dalam payudara. Selain mencari cara agar perasaan tetap bahagia dan tubuh rileks, Anda juga perlu cukup tidur. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan ikut beristirahat saat Si Kecil juga tidur.

Di luar hal-hal tersebut, Moms boleh mengonsumsi suplemen untuk memperlancar produksi ASI. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan agar dapat memilih suplemen yang bisa Anda konsumsi dengan aman. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu menyusui,   asi,   melancarkan produksi asi