Mother&Baby Indonesia
4 Posisi Tidur Terbaik Pasca Operasi Caesar

4 Posisi Tidur Terbaik Pasca Operasi Caesar

Baik melahirkan normal ataupun caesar, keduanya sama-sama melelahkan. Anda tentu perlu istirahat yang nyaman setelah melahirkan, agar tubuh bisa lekas pulih dan prima untuk merawat newborn. Sayangnya, posisi tidur setelah operasi caesar memang sangat terbatas ya, Moms. Begini salah, begitu salah.

Padahal Anda sangat butuh tidur berkualitas setelah melahirkan Si Kecil. Lalu, bagaimana posisi tidur yang tepat, aman, dan tentunya nyaman setelah melahirkan dengan operasi caesar? Simak panduannya di bawah ini, yuk!

Pentingnya Mengatur Posisi Tidur yang Tepat

Bukan sekadar memberi kenyamanan, posisi tidur yang tepat juga membantu proses penyembuhan usai operasi caesar. Posisi tidur yang tepat membantu mengurangi tekanan di sekitar area yang dioperasi, ini juga membantu mengurangi berbagai keluhan di area tersebut, pernapasan pun jadi lebih baik. Posisi tidur yang baik mengurangi tegangan pada otot-otot perut dan mengurangi risiko infeksi.



Posisi Tidur Pasca Caesar

Walau beda orang beda kondisi, namun beberapa posisi tidur ini disebut Mom Junction sebagai posisi tidur terbaik setelah Anda menjalani operasi caesar, Moms.

1. Telentang

Bisa dibilang ini posisi tidur paling aman dan nyaman untuk beberapa hari pertama setelah operasi caesar. Posisi ini tidak memberi tekanan pada daerah sayatan operasi. Namun hati-hati saat bangun dari tidur telentang, karena cara bangun yang salah bisa menekan luka operasi. Posisi ini juga biasanya tidak terlalu disarankan jika Anda memiliki tekanan darah yang tergolong tidak normal.

2. Miring

Mungkin Moms sudah akrab dengan posisi tidur miring sejak hamil, terutama di trimester tiga. Posisi ini juga termasuk aman dan nyaman, karena tidak ada tekanan pada area luka operasi. Untuk kenyamanan ekstra, Anda bisa menyematkan bantal untuk mengganjal area perut dan panggul.



Bangun tidur dari posisi miring juga lebih nyaman, tidak seperti bangun langsung dari posisi telentang. Tidur miring kiri bahkan bisa membantu mengoptimalkan aliran darah dan meningkatkan pencernaan Anda, lho. Tak heran dokter menyarankan posisi tidur miring kiri untuk Anda yang mengalami masalah tekanan darah abnormal.

3. Meninggikan Bagian Tubuh Atas

Sematkan beberapa bantal untuk mengganjal bagian tubuh atas Anda, sehingga seluruh tubuh ikut terangkat. Ini membantu pernapasan saat tidur menjadi lebih baik, sehingga Anda bisa tidur lebih nyaman, terutama untuk Anda yang mengalami masalah obstructive sleep apnea. Jika Anda kurang nyaman tidur dengan posisi ini, menyematkan bantal di antara lutut dan panggul saja juga bisa dilakukan.

4. Duduk

Untuk tidur sebentar atau sekadar power nap, posisi ini aman dan nyaman untuk dicoba. Tidurlah di single couch yang nyaman, kemudian sanggah tubuh Anda dengan beberapa bantal agar lebih nyaman. Posisi tidur sementara ini juga memudahkan Anda untuk menyusui Si Kecil, karena Anda bisa mudah berdiri dari posisi duduk.

Coba cari kursi recliner atau yang bisa diatur kemiringannya, sehingga tidur di kursi pun lebih nyaman, setidaknya selama 1-2 minggu pertama setelah operasi caesar. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: tidur,   posisi tidur,   ibu melahirkan,   operasi caesar,   ibu baru