Mother&Baby Indonesia
Mau Ikut MLM? Ini 8 Bisnis MLM Populer di Indonesia

Mau Ikut MLM? Ini 8 Bisnis MLM Populer di Indonesia

Moms, Anda mungkin pernah atau bahkan sering ditawari untuk bergabung dengan bisnis multi level marketing (MLM), baik oleh teman, tetangga, bahkan kerabat. MLM sendiri merupakan strategi pemasaran berjenjang atau berantai di mana tenaga penjual (sales) tidak hanya mendapatkan kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan, tapi juga atas hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut.

Baca juga: Perhatikan Ini saat Ingin Bergabung dengan Bisnis MLM!

Di Indonesia, bisnis MLM mulai booming sejak pertengahan tahun 1990-an. Seiring perjalanan dan perkembangannya, ada bisnis MLM yang tumbang, ada juga yang tetap bertahan hingga kini. Nah, jika Moms tertarik untuk bergabung dengan bisnis model ini, berikut beberapa bisnis MLM yang nama dan produknya populer di Indonesia.



1. Oriflame

Oriflame merupakan perusahaan kosmetik asal Swedia yang berdiri sejak 1967 dan menerapkan sistem multi level marketing dalam pemasaran produk-produknya. Sejak berdiri lebih dari 50 tahun lalu, perusahaan tersebut kini telah hadir dan punya jaringan di lebih dari 60 negara dengan omset sebesar 1,5 miliar dollar AS, serta memiliki lebih dari 3 juta anggota yang menjual dan mempromosikan produk kecantikan. Ciri khas Oriflame adalah produknya yang terbuat dari bahan alami, mulai dari perawatan kulit hingga makeup.

2. Tupperware

Moms tentu sudah sangat akrab dengan peralatan dari Tupperware. Bisa jadi Anda bahkan punya banyak koleksinya di rumah. Tupperware yang berpusat di Orlando, AS, ini boleh dibilang merupakan perusahaan yang sudah lama ada, sejak 1948. Tupperware menjadi besar sejak tahun 1950-an karena melakukan penjualan produk dengan sistem potongan harga jika menjadi anggotanya. Indonesia sendiri bahkan menjadi salah satu pasar terbesar Tupperware, karena banyak orang yang membeli dan menggunakan produk-produknya.

3. Nu Skin

Nu Skin merupakan perusahaan MLM yang menjual produk-produk kecantikan yang sangat populer dan bisa dibilang salah satu yang terbaik di Indonesia. Perusahaan yang berbasis di Utah, AS, dan sudah berdiri sejak 1984 ini bahkan pernah dinobatkan sebagai 100 Perusahaan Paling Tepercaya versi Forbes pada tahun 2010. Kredibilitas perusahaannya sendiri tidak perlu diragukan lagi, karena Nu Skin telah terdaftar dalam Bursa Saham New York Stock Exchange (NYSE).

4. Herbalife Nutrition

Herbalife Nutrition adalah perusahaan MLM yang bergerak di bidang nutrisi dan weight management dengan berbagai suplemen nutrisi dan produk perawatan kulit. Herbalife didirikan di Los Angeles, AS, pada 1980 dan sudah beroperasi di lebih dari 90 negara di seluruh dunia. Maraknya program diet dan hidup sehat yang berkembang membuat nama Herbalife turut populer. Produk-produk Herbalife sendiri juga sudah terkenal di Indonesia.



5. Amway

Berbicara tentang bisnis MLM, Anda tidak bisa melupakan nama yang satu ini begitu saja. Ya, sejak berdiri pada 1959 di Michigan, AS, Amway menjadi salah satu perusahaan direct selling paling menguntungkan di dunia menurut Harvard Business School dan mengisi posisi teratas dalam 100 Bisnis MLM Terbaik di Dunia 2018 menurut Direct Selling News. Perusahaan yang sudah berkembang di 80 negara di dunia ini menawarkan berbagai produk kecantikan, kesehatan, kebugaran, dan peralatan rumah tangga. Di Indonesia, Amway termasuk perusahaan MLM yang sudah lama berdiri, yaitu sejak 1992.

6. HDI

Saat terjadi pandemi, banyak masyarakat yang mulai sadar pentingnya arti kesehatan. Mereka pun mulai memburu berbagai produk kesehatan, termasuk makanan yang bisa memberikan manfaat kesehatan, seperti clover honey, yaitu madu yang berasal dari bunga semanggi yang dinyatakan sebagai madu terbaik oleh peternak lebah di seluruh dunia. Salah satu perusahaan MLM yang memproduksi dan menjual clover honey adalah HDI (Harmoni Dinamik Indonesia) yang juga menawarkan berbagai produk kesehatan dan kecantikan. Produk HDI yang terkenal adalah HDI Naturals Clover Honey.

7. Young Living

Penggunaan aromaterapi semakin marak belakangan ini. Aromaterapi sendiri merupakan terapi pemulihan dengan menggunakan minyak atsiri (essential oil) untuk meningkatkan kondisi kesehatan dan psikologis. Nah, Young Living yang didirikan pada tahun 1993 menawarkan beragam produk minyak atsiri dengan bermacam fungsi. Young Living juga dinilai sebagai salah satu perusahaan multi level marketing dengan rating A dari Better Business Bureau dan masuk peringkat 10 menurut Direct Selling News.

8. Jeunesse Global

Jeunesse Global adalah perusahaan MLM asal Florida, AS, yang menjual produk anti-aging. Hadir di Indonesia sejak 2016, selain dengan sistem penjualan dalam kategori MLM, mereka juga menawarkan sistem dropship yang berlaku di seluruh dunia. Perusahaan ini menduduki peringkat 14 berdasarkan Direct Selling News dengan omset sebesar 1,4 miliar dollar AS.

Jadi, mau pilih bisnis MLM yang mana, Moms? (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: mlm,   multi level marketing,   bisnis