Mother&Baby Indonesia
Studi Ini Buktikan Bertengkar dengan Saudara Banyak Manfaat

Studi Ini Buktikan Bertengkar dengan Saudara Banyak Manfaat

Sibling rivalry yang diartikan sebagai rasa cemburu, persaingan, atau pertengkaran antara kakak beradik adalah hal yang nyata terjadi. Tak hanya dialami oleh anak-anak Anda saat ini, mungkin dulu ketika Anda kecil, Anda suka bertengkar dan berselisih dengan saudara Anda ya, Moms dan Dads, misalnya berebutan cokelat, bersaing mendapatkan perhatian orang tua, dan masih banyak hal lainnya.

Menariknya, menurut sains, jika pertengkaran yang terus-menerus terjadi antara Anda dan saudara Anda tersebut membuat Anda marah dan cemas, ini justru dianggap sehat. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan di University of Cambridge, Inggris, berkelahi dengan saudara kandung saat kecil sebenarnya bisa membantu perkembangan emosional sekaligus mental Anda. Anak yang bertengkar dengan saudaranya akan memiliki akal sehat yang lebih baik daripada mereka yang tidak pernah bertengkar.

Hasil Studi dan Manfaat Sibling Rivalry

Melansir laman Times of India, studi yang bertajuk Toddlers Up ini melakukan pengamatan pada 140 anak dan membuktikan bahwa saudara kandung memiliki banyak pengaruh untuk satu sama lain. Faktanya, bertengkar dengan saudara Anda ketika Anda masih kecil, dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial Anda.



Studi tersebut menunjukkkan ketika saudara kandung berdebat, cara mereka membingkai argumen masing-masing memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan mental dan perkembangannya yang baik. Kebanyakan kakak beradik biasanya mencoba untuk menyelesaikan pertengkaran secara lisan dan hal ini juga memungkinkan mereka untuk menguasai kemampuan mental dan kesadaran mereka.

Jadi, meskipun Anda dan saudara Anda sering bertengkar satu sama lain, argumen dan pertengkaran ini benar-benar membantu Anda untuk tumbuh menjadi individu yang cerdas. Anda juga dapat menghargai saudara Anda atas semua pertengkaran yang pernah terjadi karena berujung pada mengubah Anda menjadi sosok pribadi yang seimbang atau bisa diartikan membuat Anda lebih bijaksana dan tidak memiliki banyak masalah emosional saat ini.



Cara Mendapatkan Manfaat dari Sibling Rivalry

Untuk mendapatkan manfaat dari adanya persaingan atau pertengkaran dengan saudara, pertama Moms dan Dads perlu melupakan perbedaan masa kecil tersebut seiring dengan Anda bertambah usia agar Anda menjadi orang yang lebih baik dan bijaksana. Namun, jika persaingan antar saudara ini terjadi melampaui masa kanak-kanak hingga dewasa, hal itu mungkin malah tidak akan membantu Anda tumbuh dengan memiliki kemampuan emosional yang baik.

Beberapa perselisihan antara kakak dan adik tak dimungkiri bisa menjadi racun dalam hubungan Anda dan saudara Anda, maka perlu adanya intervensi yang tepat untuk mengatasi masalah yang dapat ditimbulkan dari perselisihan tersebut di masa depan.

Meski demikian, sesekali bertengkar dengan saudara Anda saat dewasa memang tidak selalu buruk, ini bisa membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik) 



Tags: sibling rivalry,   kakak adik,   saudara