Mother&Baby Indonesia
Moms, Yuk Ketahui Gaya Pengasuhan Orang Tua Amerika

Moms, Yuk Ketahui Gaya Pengasuhan Orang Tua Amerika

Setiap orang tua tentu memiliki caranya masing-masing dalam mengasuh anaknya. Di seluruh dunia pun ada beragam parenting style atau gaya pengasuhan yang diterapkan setiap orang tua dari berbagai negara. Salah satunya pola asuh yang dipakai oleh orang tua asal Amerika. Mau tahu seperti apa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua Amerika? Yuk, baca ulasannya berikut ini, Moms!

Mengutamakan Kebebasan

Orang tua dari Amerika atau yang tinggal di wilayah Barat umumnya menerapkan pola asuh ala Barat atau distal. Pola ini mengutamakan kebebasan anak serta adanya komunikasi yang efektif melalui kata-kata, kontak mata, dan ekspresi wajah.

Dengan menanamkan rasa bebas dalam memilih keinginan sejak dini, anak diharapkan bisa bersikap dan siap untuk menjadi mandiri sambil mencari cara guna memenuhi keinginannya. Hal ini misalnya tampak dari kebiasaan anak yang sejak satu tahun sudah dibiarkan untuk tidur di kamar sendiri. Keberanian Si Kecil untuk tidur di kamarnya sendiri akan mendapatkan pujian dan apresiasi dari orang tua.



Di sisi lain, orang tua Amerika sangat menghindari kritik untuk melindungi harga diri serta rasa percaya yang dimiliki anak mereka. Lebih jelasnya, mereka tidak melihat usia anak, melainkan memperlakukannya seperti pada orang yang sudah paham akan banyak hal.

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap gaya pengasuhan yang ada tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk pola yang dipakai oleh orang tua Amerika, anak didorong untuk mengenal diri mereka sendiri sejak dini. Si Kecil juga menganggap dirinya mampu memberikan pengaruh serta kontrol pada lingkungan sekitar.

Maka, tak heran jika anak-anak, terutama dari negara Barat memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi. Mereka berani berpendapat dan berargumen, ekspresif, serta cukup mandiri dengan memutuskan untuk tinggal sendiri, khususnya setelah memasuki dunia perkuliahan.



Namun di sisi lain, kebebasan yang dimiliki anak-anak tersebut dianggap berbahaya dan bisa melewati batas. Mereka jadi cenderung memiliki sifat ingin "berkuasa" karena kemampuannya untuk mengatur, terutama jika tanpa arahan yang jelas.

Bisakah Diterapkan di Keluarga Saya?

Moms dan Dads tentu punya kesepakatan masing-masing dalam mengasuh Si Kecil. Karenanya penting bagi Anda untuk mengetahui beragam gaya pengasuhan untuk menambah sudut pandang dan cara menerapkannya pada anak hingga ia tumbuh dewasa.

Pola asuh dengan gaya ala Amerika atau Barat ini tentu bisa diterapkan, dengan maksud agar Si Kecil lebih mandiri di masa depan. Namun, kembali pada nilai yang ingin orang tua terapkan pada anak, pola asuh pun perlu disesuaikan agar tujuan orang tua terhadap anaknya bisa tercapai dan sesuai harapan. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   orang tua,   parenting,   pola asuh