Mother&Baby Indonesia
Jangan Katakan 5 Hal Ini pada Ibu dari Anak Kembar

Jangan Katakan 5 Hal Ini pada Ibu dari Anak Kembar

Semua mata pasti berbinar-binar melihat lucunya anak kembar. Sulit rasanya menahan diri untuk tidak menyapa si kembar dan melihat reaksinya yang menggemaskan. Kendati demikian, entah Anda mengenal orang tua si kembar atau sekadar berpapasan di taman bermain, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak perlu Anda katakan pada orang tua yang memiliki anak kembar. Yuk, ketahui beberapa kalimat terlarang tersebut, Moms!

Apakah Kembar Alami?

Jika orang tua si kembar menceritakan usaha bayi tabung demi mendapatkan bayi kembar, tidak masalah. Namun lain hal jika Anda harus memulai pembicaraan tersebut dan menanyakan apakah kehamilan kembarnya didapat dengan cara alami atau tidak. Hmm, ini sama saja dengan menanyakan, “Hidung kamu mancung banget, operasi plastik, ya?” Bukan obrolan yang nyaman didengar kan, Moms.

Ada Keturunan Kembar?

Pertanyaan ini sepertinya normal ditanyakan, tetapi disadari atau tidak, pertanyaan ini sama saja arahnya dengan “Kembar alami atau bayi tabung?” yang sangat menjengkelkan. Percayalah, orang tua dari anak kembar sudah bisa mencium maksud Anda bertanya seperti itu.



Siapa yang Lahir Duluan?

Bagi banyak orang, pertanyaan ini memang terkesan baik-baik saja untuk dilontarkan. Namun ternyata banyak orang tua dari anak kembar yang keberatan dengan pertanyaan seperti ini lho, Moms. “Banyak orang tua dari anak kembar memilih untuk tidak mengatakan pada anaknya siapa yang lahir lebih dulu, karena ide siapa yang lebih tua adalah hal yang tidak tepat dan bisa menyebabkan friksi yang tidak seharusnya ada,” ujar salah satu ibu dari klub anak kembar pada Parents.

Hal ini juga bisa menciptakan situasi dibanding-bandingkan. “Oh, itu kakaknya, pantas saja lebih tinggi,” atau, “Aduh, kakaknya enggak mau mengalah ya, sama adiknya,” dan berbagai kalimat perbandingan lainnya yang ditujukan untuk dua bersaudara dengan beda usia beberapa menit saja.



Enggak Mau Steril?

Punya anak kembar, bukan berarti keinginan punya anak lagi (dan lagi) harus pupus di tengah jalan. Namun satu hal yang pasti: Jenis kontrasepsi, steril, dan rencana punya anak lagi adalah murni keputusan orang tua si kembar, bukan orang lain. Pertanyaan seperti, “Masih mau punya anak lagi? Enggak mau steril aja?” benar-benar tidak perlu ditanyakan, Moms.

Hidupmu Pasti Kacau Banget, Ya?

Kembar atau tidak, kurang tidur dan me-time adalah paket yang datang dengan hadirnya anugerah malaikat kecil di hidup orang tua. Perihal repot, kacau, kurang tidur, adalah pertanyaan seputar keluhan yang tidak perlu dilontarkan. Cut the crab! Akan lebih menyenangkan untuk memberikan semangat bagi para orang tua dari anak kembar kan, Moms? Yuk, bangun kebiasaan berkomunikasi yang positif, bukan yang saling menjatuhkan. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak kembar,   orang tua,   motherhood