Mother&Baby Indonesia
Cara Seru untuk Menjaga Kesehatan Mental Ibu Baru

Cara Seru untuk Menjaga Kesehatan Mental Ibu Baru

Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah baby blues, yang jika tidak ditangani dengan baik bisa meningkat menjadi post partum depression (PPD) atau depresi pasca melahirkan. Pencetusnya banyak, mulai dari merasa tidak kompeten menjadi ibu, kurang dukungan dari suami, hingga kurangnya teman bicara untuk diajak berkeluh kesah.

Ketika mental ibu baru merasa tertekan, maka ia pun sulit memberikan yang terbaik untuk Si Kecil, terutama di 1000 hari pertama kehidupan (HPK) anak. Seperti yang Moms ketahui, masa 1000 HPK adalah periode terpenting di kehidupan anak, di mana pemberian nutrisi, simulasi, dan tentunya bonding yang kuat dapat menjadi fondasi masa depan anak yang optimal.

Menyadari akan pentingnya kesehatan mental ibu baru untuk mengoptimalkan 1000 HPK Si Kecil, Mother&Baby dan Zwitsal Indonesia mengadakan Zwitsal Precious "A Soiree with New Moms" pada 28 Oktober 2020 lalu. Acara 'arisan' virtual yang dipandu oleh Neea Elvira ini dipersembahkan khusus untuk para ibu baru agar bisa berbagi pengalaman, tips, dan dukungan untuk satu sama lain.



Acara ini dibuka oleh Novita Angie, Editor in Chief Mother&Baby Indonesia, yang mengakui pentingnya dukungan untuk ibu baru agar terhindar dari PPD. “Menjadi ibu tantangannya berat sekali, maka sangat penting untuk menjaga kesehatan mental para ibu baru. Bisa berbagi kisah seperti di acara Zwitsal Precious ini tentunya sangat membantu. Terlebih, para Moms juga bisa berkonsultasi langsung dengan psikolog. Terima kasih Zwitsal yang telah membantu memfasilitasi terwujudnya soiree ini,” ujar Novita Angie.

Sependapat dengan Novita Angie, Kara Darusman sebagai Senior Brand Manager Zwitsal Indonesia pun sangat mendukung untuk menjaga kesehatan mental para ibu baru. “Zwitsal berharap acara ini bisa menjadi wadah bagi para ibu baru agar bisa saling mendukung. Terlebih, 1000 hari pertama Si Kecil adalah golden period, di mana sangat penting untuk Moms memberikan stimulasi yang tepat. Untuk bisa memberikan yang terbaik, maka ibu perlu memulainya dengan menjaga kesehatan mental dirinya,” jelas Kara Darusman.

Joyful Bonding Moment


Bicara mengenai kesehatan mental ibu baru, rasanya tak lengkap kalau belum curhat dengan psikolog. Untuk itu, acara ini menghadirkan Orissa Anggita Rinjani, M.Psi, Psi, seorang psikolog pendidikan dari Rumah Dandelion. Dalam kesempatan ini Orissa menjabarkan presentasi bertajuk “Mental Health for New Moms” yang langsung disambut antusias oleh para peserta. 

Menurut Orissa, banyak perasaan baru yang mungkin muncul pada ibu baru, seperti cemas anak sakit, kurang tidur, bingung anak tidak mau makan, tidak percaya diri bisa mengasuh anak dengan baik, hingga rasa tertekan untuk menjadi ibu sempurna. Semua ini tentu bisa membuat ibu cemas dan tidak bahagia, yang membuatnya sulit memberikan yang terbaik untuk menunjang periode emas Si Kecil di 1000 hari pertama kehidupan.

Kedekatan ibu dan anak atau bonding di 1000 HPK sangat krusial, karena bisa menumbuhkan rasa aman dan percaya pada anak, merangsang kecerdasan anak, hingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak karena terjadi kontak skin-to-skin saat melakukan joyful bonding moment. Momen bonding di 1000 HPK ini tak hanya memberi manfaat bagi anak, tapi juga bagi kesehatan mental ibu lho, Moms.

Momen bonding tidak perlu repot, rutinitas sederhana seperti memandikan Si Kecil pun bisa dijadikan momen bonding ibu-anak yang tepat. Nah, sambil bonding, Moms bisa memandikan Si Kecil dengan varian Zwitsal Antibacterial Hair & Body Baby Bath yang mampu melawan kuman hingga 99,9%. Ini penting banget untuk memastikan Si Kecil aman terlindungi dari bahaya kuman jahat, terutama di tengah pandemi seperti saat ini di mana kebersihan dan kesehatan anak harus diutamakan. Anak bersih dan sehat, ibu pun bebas cemas.

Curhat dengan Psikolog


Having baby is a life-changer! Baik fisik, emosional, gaya hidup, dan hubungan sosial pun turut berubah. Maka jangan lupa untuk mencintai diri sendiri. Ingat, self love is not selfish!” ujar Orissa. Menurutnya, sangat wajar hidup ibu baru banyak yang berubah.

Orissa menyebutkan data dari New Moms Speak Out Survey, Childbirth Connection 2014, di mana 81 persen ibu baru merasa kelelahan, terutama di 2 bulan pertama setelah melahirkan. Beberapa perasaan lainnya adalah berantakan (60 persen), tidak yakin (43 persen), dan terisolasi (29 persen).



Sambil menjelaskan, di sesi ini Orissa juga memberi kesempatan para Moms untuk bertanya, meminta pendapat, atau sekadar curhat mengenai masa-masa kurang tidur merawat newborn. Semua merasakan pengalaman yang sama. Maka kapanpun Anda merasa lelah dengan profesi menjadi ibu, ingatlah kalau Anda tidak sendiri, Moms.

Perhatikan NESTS

Menjaga kebahagiaan ibu agar kesehatan mentalnya juga terjaga perlu dijadikan prioritas juga lho, Moms. Orissa menyarankan para ibu baru untuk memperhatikan NESTS, yaitu:

• Nutrition: Makanlah 3 kali sehari dan minum air putih yang banyak.

• Exercise: Olahraga bisa meningkatkan mood, energi, dan kualitas tidur. Pilih aktivitas yang mudah, tidak terlalu lama, dan bisa dinikmati.

• Sleep: Tidurlah saat bayi tidur, bagi waktu malam hari 50/50 dengan pasangan, dan lakukan rutinitas tidur malam hari.

• Time for Self: Menurut State of Motherhood Survey (Motherly, 2020) 68% ibu dengan anak batita memiliki waktu kurang dari 1 jam untuk dirinya sendiri. Gunakan waktu untuk melakukan hal yang diminati dan menstimulasi: Baca buku, nonton drakor, main musik, luluran, update berita, dll.

• Support: Kelilingi diri dengan lingkungan yang positif ya, Moms.

Arisan Seru


Setelah puas mengumpulkan ilmu dan curhat dengan psikolog, tiba waktu yang paling dinanti: Pengumuman doorprize! Acara “A Soiree with New Moms” ini punya kejutan doorprize berupa voucher belanja untuk 3 Moms yang beruntung, masing-masing senilai Rp 400.000. Bagaimana dengan Moms yang tidak menang doorprize? Jangan berkecil hati, karena semua Moms juga diberikan paket menarik dari Zwitsal.

Tak hanya itu, para Moms peserta ini juga akan menjadi orang pertama yang mengetahui berbagai info menarik dari Zwitsal, seperti news letter, promosi, hingga kelas-kelas bersama pakar untuk ibu dan anak. “Program ini dipersembahkan Zwitsal, eksklusif untuk para Moms, karena Zwitsal ingin membantu para ibu Indonesia untuk melewati pengalaman menjadi ibu dengan penuh joyful bonding moment bersama anaknya,” tutup Kara di penghujung acara.

Seru! Bagi Moms yang belum berkesempatan mengikuti acara ini, nantikan Zwitsal Precious "A Soiree with New Moms" berikutnya, ya. Pantau informasi acara berikutnya di Instagram @motherbabyind dan @zwitsal_id. Ingat, self love is not selfish, Moms! Di saat ibu bahagia, ibu tentu mampu memberikan yang terbaik untuk Si Kecil di 1000 hari pertama kehidupannya. (Tiffany/ND/Dok. M&B)



Tags: post partum depression,   ibu baru,   stres,   arisan,   zwitsal