Mother&Baby Indonesia
Ini 7 Tanda Anda Telah Menjadi Seorang Ibu yang Baik

Ini 7 Tanda Anda Telah Menjadi Seorang Ibu yang Baik

Tidak ada sekolah untuk menjadi ibu yang baik bagi seorang anak. Semua berjalan sesuai naluri Anda, dan tentu Anda telah mencoba segala hal terbaik untuk Si Kecil. Sayangnya, walau sudah memberikan yang terbaik untuk anak dan keluarga, masih banyak ibu yang selalu merasa dirinya bukanlah ibu yang baik. Padahal, Anda tidak perlu menjadi ibu yang sempurna, karena anak-anak lebih butuh ibu yang baik dan bahagia. Ketahui beberapa tanda Anda telah menjadi ibu yang baik di bawah ini, pasti Anda telah memilikinya, Moms.

Seru


Bersenang-senang tidak berarti harus mengajak anak jalan-jalan ke tempat hiburan. Ibu adalah sumber kebahagiaan yang seru banget! Anda bisa bersikap konyol, dan bisa menyematkan ilmu matematika di tengah quality time membuat kue bersama anak. Di tengah pandemi yang mengharuskan Anda di rumah saja, Anda selalu punya ide seru untuk bersenang-senang tanpa harus ke keluar rumah. Awesome, Moms!



Serba Bisa

Semenjak menjadi ibu, tiba-tiba Anda memiliki kekuatan ekstra untuk bisa menyelesaikan banyak urusan sekaligus. Menjadi guru saat school from home sambil menyelesaikan deadline kantor? Bisa! Merawat dua balita sambil menjalankan bisnis rumahan? Bisa! Dan lebih hebatnya lagi, Anda adalah sosok serba bisa yang selalu diandalkan Si Kecil dalam berbagai situasi. Yes, you are a superhero!

Memberi Contoh yang Baik

Anda tidak harus menjadi ibu sempurna yang selalu tampil memukau di depan keluarga. Yang penting, Anda selalu berusaha memberikan contoh yang baik untuk ditiru Si Kecil. Anda tak takut melakukan kesalahan, dan tetap bisa memberi contoh yang baik dalam memperbaiki kesalahan. Sikap apa adanya inilah yang perlu dicontoh anak, bahwa tak perlu takut mencoba hal baru dan belajar dari kesalahan yang pernah dibuat.

Seimbang

Anda bisa menjadi sosok yang seru, tapi juga sosok yang tegas soal kedisiplinan. Anda bisa menjadi koki terbaik di rumah, tapi juga pemandu wisata kuliner ramah-anak yang baik. Hidup tidak perlu serba sempurna, yang penting serba seimbang. Anda tahu kapan harus fokus pada anak-anak, tapi Anda juga tahu pentingnya me-time untuk menjaga kesehatan mental Anda. Itulah ciri ibu yang baik, yang tahu cara memenuhi kebutuhan anak, suami, dan diri sendiri.



Berusaha Menjadi Lebih Baik

Walau Anda merasa belum menjadi sosok ibu yang lebih baik, namun niat dan usaha Anda untuk menjadi ibu yang baik sudah membuktikan Anda adalah ibu yang baik. Bahkan ketika Anda membaca artikel ini dan mencari tahu apakah Anda sudah memenuhi kriteria ibu baik, itu sudah menunjukkan Anda adalah ibu yang baik lho, Moms. 

Anda Tahu Cara Bilang “Tidak”

Bukan ibu otoriter, tapi juga bukan ibu yang memanjakan anak. Anda tahu betul manfaat berani bilang “tidak” pada hal-hal yang akan merugikan Si Kecil kelak. Walau menolak permintaan anak bisa berbuah tantrum, namun Anda tahu kapan harus memberi reward dengan tepat.

Anak Suka Mengobrol dengan Anda

Salah satu tanda kedekatan ibu dan anak adalah terciptanya komunikasi yang baik. Tak mudah lho, untuk mendengarkan cerita panjang balita. Tapi, ibu yang baik tahu manfaat menjadi pendengar yang baik, dan anak pun nyaman mengobrol panjang dengan ibunya. Ibu yang baik juga sangat menikmati momen mengobrol seperti ini, karena kesempatan ini mungkin akan berkurang ketika anak-anak sudah dewasa kelak. Seize the moment, Moms! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu,   orang tua,   parenting,   ibu yang baik