Mother&Baby Indonesia
5 Trik Membuat Masakan Tetap Enak Meskipun Tanpa MSG

5 Trik Membuat Masakan Tetap Enak Meskipun Tanpa MSG

Moms, seberapa banyak MSG atau monosodium glutamate yang Anda konsumsi setiap harinya? MSG atau lebih dikenal dengan istilah mecin merupakan bumbu penyedap masakan yang berasal dari asam glutamat, yakni asam amino yang diubah menjadi garam natrium, untuk memberikan rasa gurih dan lebih enak pada masakan yang dibuat.

Anda dapat menemukan MSG pada makanan, termasuk bumbu instan, buah-buahan kalengan, keripik, makanan siap saji, dan sup kemasan. Bahkan, tidak sedikit para Moms yang menambahkan MSG ke dalam masakannya untuk mempertajam rasa.

Akan tetapi, ternyata penambahan MSG pada makanan telah diketahui berdampak kurang baik bagi kesehatan, terutama pada anak-anak jika dikonsumsi secara berlebihan. Nah, jika Moms ingin membuat masakan yang tetap enak dan lezat serta disukai anak, meskipun tanpa menggunakan MSG, berikut ini 5 trik yang bisa Anda terapkan:



1. Memasak dalam Waktu yang Tepat

Perlu diketahui, memasak dalam waktu yang tepat dapat memengaruhi rasa dari masakan Anda. Selain itu, memasak dalam waktu yang kurang tepat, misalnya terlalu lama, juga dapat memengaruhi kandungan nutrien dan vitamin di dalam bahan masakan sehingga berdampak pada rasa yang dihasilkan. Misalnya, brokoli memerlukan waktu memasak yang relatif sebentar, yakni selama kurang dari tiga menit, sedangkan daging memerlukan waktu memasak lebih lama agar bisa menjadi empuk saat dimakan.

2. Menggunakan Garam dan Gula

Untuk memperkuat rasa masakan, Anda bisa mengandalkan penambahan gula dan garam dengan takaran yang tepat. Dengan kata lain, Moms bisa mendapatkan rasa masakan yang gurih dan enak tanpa perlu mengandalkan penggunaan MSG.

Meskipun tidak akan menghasilkan rasa masakan sekuat MSG, penggunaan gula dan garam sebenarnya sudah sangat cukup dan tentunya lebih menyehatkan. Jika perlu, pilihlah jenis garam laut yang diproses melalui penguapan air laut dan mengandung kalium alami.

3. Memperhatikan Teknik Memasak

Tips masakan tetap enak meskipun tanpa MSG berikutnya adalah menggunakan teknik memasak tertentu agar bisa menghasilkan makanan yang lebih sehat tanpa MSG, tetapi tetap membuat rasa masakan lebih sedap dan enak, seperti memanggang, merebus, mengukus, atau memasak daging dengan sedikit air.



Tujuan dari beberapa teknik memasak tersebut adalah untuk memecah kandungan glutamat alami dari bahan makanan yang diolah, sehingga akan bisa memberikan rasa lebih gurih dan enak pada masakan Anda nantinya.

4. Menambahkan Tomat untuk Memperkuat Rasa

Mengutip laman Fitday, tomat mengandung glutamat alami tinggi yang dapat memberikan rasa sedap pada makanan. Tak heran jika tomat juga kerap disebut sebagai MSG alami. Moms bisa memasukkan tomat ke dalam masakan pada saat terakhir, ketika masakan Anda hampir matang sempurna. Cara ini bisa membuat rasa masakan jadi lebih sedap sekaligus segar dengan penambahan tomat. Selain memasukkannya ke dalam masakan, Anda juga bisa memanggang tomat, Moms. Tomat yang dipanggang akan berfungsi untuk memperkuat rasa yang sangat baik pada banyak hidangan.

5. Mengganti MSG dengan Bahan Penyedap Alami

Mungkin sebagian dari Anda pernah bertanya-tanya, adakah bahan makanan alternatif lain yang dapat digunakan sebagai bahan penyedap alami pengganti MSG? Jawabannya, tentu saja ada, Moms! Beberapa di antaranya sudah dijelaskan sebelumnya, seperti penggunaan gula dan garam dengan takaran yang tepat, serta penambahan tomat ke dalam masakan.

Namun tak hanya itu, ada beberapa bahan makanan alternatif yang dapat memperkaya rasa masakan Anda, salah satunya kedelai. Kedelai mengandung protein yang sama tingginya dengan daging sehingga dapat membuat cita rasa masakan menjadi lebih kaya.

Namun tentunya Moms harus pintar menyiasati cara pengolahan kedelai ini karena tidak semua masakan akan cocok jika dimasak bersama dengan kedelai. Selain kedelai, jamur juga bisa dijadikan sebagai bahan penyedap alami. Ini karena jamur memiliki rasa gurih alami sehingga dapat membuat rasa masakan yang Anda buat menjadi lebih sedap. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Senivpetro/Freepik)



Tags: tips memasak,   penyedap alami,   masakan enak tanpa msg