Mother&Baby Indonesia
Tak Hanya Harum, Ini 8 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Tak Hanya Harum, Ini 8 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Moms, Anda tentu sudah tidak asing dengan daun pandan. Ya, pandan merupakan salah satu tanaman yang daunnya cukup terkenal karena banyak digunakan oleh masyarakat kita. Di Indonesia sendiri, daun dari tanaman bernama latin Pandanus amaryllifolius ini sering dimanfaatkan untuk penambah cita rasa masakan karena aroma khasnya yang harum.

Namun selain aroma khasnya yang harum, daun pandan juga dipercaya memiliki sederet manfaat baik untuk kesehatan tubuh lho, Moms. Berikut ini beberapa khasiat daun pandan buat kesehatan Anda.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat daun pandan untuk kesehatan yang pertama adalah menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi jika dibiarkan bisa menimbulkan penyakit berbahaya, seperti jantung dan stroke. Nah, salah satu cara efektif untuk mencegah hipertensi adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun pandan. Caranya, rebus daun pandan dengan 2-3 gelas air hingga air rebusan hanya tersisa setengahnya, lalu minum air rebusan daun pandan dua kali sehari secara rutin untuk menormalkan tekanan darah.



2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Menurut penelitian The National Center for Biotechnology Information (NCBI), ekstrak daun pandan dapat mengurangi gula darah postprandial dan merangsang produksi insulin pada sel-sel pankreas, sehingga bisa secara efektif mengurangi risiko diabetes. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa daun pandan berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber alami antihiperglikemik, meskipun hal tersebut masih perlu penelitian lebih lanjut.

3. Meredakan Nyeri Sendi

Daun pandan juga dapat membantu meredakan nyeri pada persendian atau rematik. Ini karena ekstrak daun pandan memiliki kandungan antioksidan flavonol yang membantu memblokir peradangan penyebab kerusakan rawan. Cara menggunakannya, masukkan 3 lembar daun pandan dan ke dalam rebusan minyak kelapa. Setelah dingin, oleskan daun pandan pada titik sendi yang terasa nyeri.

4. Menyembuhkan Diare

Daun pandan juga bisa berfungsi untuk menyembuhkan diare, Moms. Ekstrak daun pandan memiliki efek antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu membersihkan bakteri berbahaya di dalam usus. Jadi, mengonsumsi air rebusan daun pandan dapat bermanfaat untuk mengatasi diare. Minum air rebusan daun pandan setiap pagi dan sore hari hingga diare sembuh.



5. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan. Untuk itu, harus dilakukan upaya pencegahan sejak dini. Menurut sejumlah penelitian, ekstrak daun pandan memiliki efek sitotoksik, antimitotik, antiproliferatif, dan apoptosis. Semua itu dipercaya berfungsi efektif dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Konsumsi air rebusan daun pandan untuk membantu Anda terhindar dari bahaya kanker.

6. Mengatasi Insomnia

Anda yang memiliki gangguan kesulitan tidur bisa mengonsumsi air rebusan daun pandan secara rutin untuk mengatasi masalah tersebut. Pasalnya, daun pandan memiliki kandungan alkaloid yang bisa membantu menenangkan saraf sehingga menimbulkan sensasi rileks dalam tubuh dan meningkatkan kualitas tidur. Minum air rebusan daun pandan dengan tambahan madu saat malam tiba sehingga Anda bisa tidur lebih mudah.

7. Menghilangkan Ketombe dan Mengatasi Rambut Rontok

Daun pandan juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan ketombe dan mengatasi masalah rambut rontok. Untuk mendapatkan manfaat ini, caranya cukup mudah. Tumbuk 10 lembar daun pandan segar hingga halus dan lembut, campurkan ke 100 ml air bersih sampai berbentuk seperti pasta, lalu aplikasikan ke kulit kepala, dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih.

8. Membantu Detoksifikasi

Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, Anda mungkin akan sering terkena paparan polusi dan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Ini harus dilenyapkan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Anda bisa gunakan daun pandan untuk detoksifikasi tubuh. Tak hanya menetralkan, minum air rebusan daun pandan bisa membantu melepaskan racun dan kotoran dari dalam tubuh. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: daun pandan,   nutrisi,   kesehatan