Mother&Baby Indonesia
Cara Memasak Pare yang Nikmat dan Menghilangkan Pahitnya

Cara Memasak Pare yang Nikmat dan Menghilangkan Pahitnya

Banyak orang yang enggan makan pare. Alasannya apalagi kalau bukan rasanya yang cenderung pahit dan getir. Padahal, sayuran satu ini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho Moms, misalnya menjaga kesehatan pencernaan, mengatasi diabetes, mengurangi peradangan, dan menurunkan kolesterol.

Ya, di balik rasanya yang pahit dan getir, pare menyimpan nutrisi cukup lengkap, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, B2, dan B3, plus folat. Selain itu, sayur ini juga mengandung zat besi, kalsium, kalium, zinc, magnesium, fosfor, karbohidrat, antioksidan, dan serat.

Sayang sekali kan, jika Anda kurang suka dengan pare hanya karena rasanya. Nyatanya, rasa pahit dan getir pada pare juga bisa lho, dinetralkan dengan pengolahan yang tepat. Berikut ini sejumlah langkah untuk memasak pare yang nikmat dan meminimalisir rasanya yang pahit dan getir sehingga Anda bisa lebih menikmatinya.



1. Memilih Pare yang Tepat

Cara pertama untuk mengolah pare yang tidak terlalu pahit diawali dengan memilih pare yang tepat. Anda bisa terapkan tips berikut ini, Moms. Pertama, pilih pare berukuran sedang, karena semakin besar ukuran pare, semakin pahit pula rasanya. Jadi, pilih pare yang berukuran kecil atau sedang saja. Kedua, pilih pare yang permukaan kulitnya berwarna hijau tua. Pare dengan warna cenderung muda biasanya sudah hampir matang atau tua. Nah, pare yang matang umumnya punya rasa yang lebih pahit dan getir.

2. Bersihkan dan Buang Biji Pare

Langkah berikutnya, bersihkan permukaan kulit pare, belah pare menjadi dua bagian, kemudian buang bijinya berikut selaput putih yang menempel pada daging buahnya untuk meminimalisir rasa pahit dan getir. Anda juga bisa iris pare secara tipis-tipis sebagai salah satu cara untuk mengurangi pahit, apalagi jika pare hendak dijadikan tumisan.

3. Remas dengan Garam

Setelah itu, Moms bisa taburi garam di atas pare yang sudah diiris-iris, lalu remas-remas irisan pare hingga layu dan peras sedikit agar airnya keluar. Kemudian siram pare dengan air dan bilas hingga bersih, lalu tiriskan. Anda bisa lakukan langkah ini hingga dua kali agar hasilnya maksimal.



4. Rebus dengan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga bisa Anda gunakan untuk menteralisir rasa pahit dan getir pada pare. Caranya cukup mudah, rebus irisan pare yang telah Anda buang biji dan selaput putihnya dengan beberapa lembar daun jambu biji selama 5 menit. Setelah selesai, tiriskan pare dari air rebusan, kemudian bilas dengan air mengalir, dan tiriskan kembali.

5. Rebus dengan Cuka, Garam, dan Gula

Cara lain yang juga bisa Anda terapkan adalah dengan pickle, alias merebus pare seperti acar. Caranya simpel, rebus irisan pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya bersama campuran air, secangkir cuka putih, 2 sendok makan garam, dan 2 sendok makan gula pasir. Cukup rebus selama dua menit hingga layu, lalu tiriskan dan cuci dengan air bersih.

6. Masak dengan Bumbu dan Bahan yang Pedas dan Asin

Sisa rasa pahit pare yang ada akan makin tersamarkan jika Anda mengolah pare dengan bumbu yang pas. Masak pare menggunakan bumbu pedas dan tambahkan dengan bahan lain yang berasa asin, seperti kecap asin atau ikan teri. Masakan dengan rasa cenderung pedas dan asin lebih bisa menyamarkan rasa pahit pare yang masih tertinggal dibandingkan dengan masakan yang dominan berbumbu manis.

Nah, Moms bisa terapkan cara-cara di atas sebelum mengolah pare menjadi masakan yang Anda inginkan. Kini, Moms dan keluarga bisa menikmati pare tanpa harus merasakan pahitnya. Selamat makan, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   pare,   memasak pare