Mother&Baby Indonesia
Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Kesehatan Gigi Anak

Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Kesehatan Gigi Anak

Nutrisi yang baik enggak cuma membuat anak jadi tidak mudah sakit, tetapi juga bisa menyehatkan gigi Si Kecil. Ya, Anda pasti sudah tahu kalau terlalu sering makan permen bisa membuat gigi anak berlubang. Lalu, makanan apa saja yang bisa menyehatkan gigi anak? Yuk, ketahui beberapa jenis makanan terbaik dan terburuk untuk gigi anak berikut ini, Moms.

Makanan Terbaik untuk Gigi Anak

Makanan enak, sehat, dan baik untuk gigi anak? Ada banyak, kok! Coba berikan beberapa makanan ini untuk menjaga dan mengoptimalkan kesehatan gigi anak:

1. Makanan Tinggi Vitamin C



Salah satu penyebab radang gusi pada anak adalah bakteri yang bersarang di mulut Si Kecil. Nah, makanan tinggi vitamin C seperti kiwi, jeruk, stroberi, dan pepaya bisa membantu membasmi bakteri nakal tersebut. Opsi lain yang juga baik untuk gigi anak karena tinggi vitamin C adalah paprika merah dan kuning, tomat, dan ubi. Semuanya enak lho, Moms.

2. Yoghurt

Adam S. Harwood, D.M.D., dokter gigi spesialis endodontist dari New York City, mengatakan pada Parents bahwa yoghurt mengandung bakteri probiotik yang mampu melawan bakteri penyebab plak dan radang gusi. Ini opsi camilan yang baik untuk gigi anak, tapi pastikan Anda memberikan Si Kecil yoghurt dengan varian tanpa gula atau rendah gula ya, Moms.

3. Keju dan Susu

Ray J. Jurado, DDS, mengatakan pada Parents bahwa ketika Si Kecil mengonsumsi makanan tinggi kalsium, vitamin D, dan fosfat (seperti keju dan susu), maka kadar pH di mulutnya akan meningkat, kadar asam menurun, dan ini bisa mengurangi risiko gigi berlubang. Kalsium juga bermanfaat untuk melindungi gigi dari asam yang menempel, memperbaiki enamel gigi yang rusak, dan tentu saja memperkuat gigi anak agar terhindar dari penyakit periodontal di kemudian hari.

4. Sayuran Renyah

Sayuran mentah yang ketika dikunyah berbunyi “kriuk” seperti wortel, ketimun, kembang kol, dan kacang panjang adalah jenis makanan yang secara mekanis bisa membersihkan gigi dan gusi anak. “Makanan-makanan ini secara alami bisa mengikis penumpukan plak di antara waktu makan di mana anak tidak menyikat gigi mereka,” jelas Jimmy Wu, DDS, pada Parents.

5. Telur

Telur, terutama kuning telur, kaya akan vitamin D yang bisa membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfat (mineral yang dibutuhkan untuk membangun dan melindungi enamel gigi) dari makanan lain.

Makanan Terburuk untuk Gigi Anak



Sangat mudah untuk menyebutkan makanan terburuk untuk gigi anak, yaitu makanan yang bergula tinggi dan lengket! Makanan jenis ini akan sangat mudah menempel di antara gigi anak atau menurunkan kadar pH di mulut Si Kecil.

Maka ketika anak mengonsumsi makanan di bawah ini dan kemudian tidak menyikat gigi, besar kemungkinan giginya akan lebih mudah berlubang dibandingkan dengan anak lain yang tidak melakukannya. Beberapa makanan terburuk untuk gigi anak adalah:

• Permen kenyal (termasuk vitamin!)

• Karamel

• Minum berkarbonasi

• Minuman buah dengan sirup fruktosa tinggi

• Permen karet manis

• Keripik kentang

• Permen keras

• Kismis

Beberapa makanan di atas mungkin boleh sesekali dinikmati anak, tetapi pastikan ia menyikat giginya setelah selesai makan. Lagipula, kalau ada pilihan yang lebih sehat, sepertinya makanan di atas tidak perlu diberikan untuk Si Kecil ya, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: gigi,   anak,   nutrisi,   kesehatan,   mulut,   makanan,   vitamin