Mother&Baby Indonesia
Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Tetap Sehat dan Cantik

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Tetap Sehat dan Cantik

Moms, Anda pasti tahu tentang tanaman aloe vera. Tanaman mirip kaktus yang di masyarakat kita akrab disebut dengan lidah buaya ini merupakan salah satu tanaman yang punya segudang manfaat. Tanaman ini mengandung banyak sekali nutrisi di dalamnya. Ya, daun lidah buaya menghasilkan gel yang kaya vitamin A, C, E, dan B12.


Nah, kebanyakan kandungan tersebut dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut. Karena itu, tak heran jika lidah buaya sering dijadikan sebagai bahan utama untuk produk-produk kesehatan dan kecantikan, seperti produk perawatan rambut dan wajah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk wajah yang perlu Anda ketahui.



1. Mengobati Jerawat

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit wajah yang sudah banyak diketahui umum adalah untuk mengobati jerawat. Kandungan antiinflamasi dalam lidah buaya baik untuk mengatasi jerawat yang meradang, mengurangi rasa sakit, bengkak, dan nyeri, serta mempercepat waktu penyembuhan luka dan membatasi jaringan parut. Untuk mendapatkan manfaatnya, Moms bisa oleskan gel lidah buaya ke kulit yang berjerawat sebanyak tiga kali sehari atau bisa juga gunakan masker lidah buaya.

2. Melembapkan Kulit Wajah

Gel lidah buaya dapat diserap dengan mudah oleh kulit. Moms bisa coba gunakan pelembap alami dari lidah buaya untuk mengatasi kulit kering. Mengoleskan gel lidah buaya secara rutin juga akan melindungi Anda dari berbagai macam risiko yang disebabkan oleh kulit kering, seperti kulit bersisik, kulit terkelupas, dan munculnya jerawat.

3. Mencerahkan dan Menghaluskan Wajah

Lidah buaya mengandung vitamin A dan E yang berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah, membuatnya jadi tidak kusam, serta melembutkan kulit yang kasar. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan seperti auksin dan gibelerin yang membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru, sehingga kulit wajah akan terus terasa halus.

4. Menghilangkan Bintik Hitam pada Wajah

Sebagian besar wanita akan merasa terganggu dengan adanya bintik hitam dan flek di wajah, karena hal tersebut dapat merusak penampilan mereka. Nah, mengoleskan lidah buaya pada wajah bisa membantu menghilangkan bintik hitam dan flek tersebut. Cobalah untuk mengoleskan gel lidah buaya secara teratur, setidaknya dua kali sehari, untuk menghilangkan bintik hitam dan flek di wajah.

5. Mencegah Keriput

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa lidah buaya terbukti mampu meningkatkan elastisitas kulit sehingga akan membantu memperlambat penuaan pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit wajah tetap kencang dan mencegah munculnya keriput di wajah Anda.

Cara Mengekstrak Gel Lidah Buaya

Cara termudah untuk memperoleh gel lidah buaya segar adalah dengan memelihara tanaman lidah buaya di rumah. Namun, jika tidak punya tanaman lidah buaya, Anda juga bisa membelinya di toko maupun secara online. Melansir Medical News Today, untuk mengekstrak gel lidah buaya mentah dari daun tanamannya, Moms bisa lakukan cara berikut ini:

• Potong daun lidah buaya sedekat mungkin dengan akar.

• Cuci daunnya, kemudian keringkan.

• Letakkan potongan lidah buaya di dalam mangkuk dan biarkan selama sekitar 15 menit agar lateks lidah buaya yang berwarna kuning mengalir keluar.



• Potong ujung yang runcing pada bagian atas daun.

• Potong duri yang terdapat di kedua sisi tanaman sedekat mungkin ke tepi.

• Potong daun lidah buaya dan keluarkan gel secara hati-hati dengan menggunakan sendok atau pisau.

• Cuci gel secara hati-hati untuk membersihkannya dari residu.

• Tempatkan gel lidah buaya dalam wadah tertutup dan dinginkan sebelum digunakan.

Penting untuk diperhatikan, selalu lakukan tes alergi sebelum mengoleskan lidah buaya ke wajah. Oleskan sedikit gel ke bagian dalam pergelangan tangan untuk memeriksa reaksinya. Tunggu 24 jam. Jika kulit mulai gatal, bengkak, atau berubah warna, jangan oleskan lidah buaya ke wajah.

Selain untuk wajah, Moms juga bisa manfaatkan lidah buaya sebagai cara alami untuk melebatkan rambut bayi. Bagaimana caranya? Moms bisa tonton video YouTube Mother&Baby Indonesia berikut ini.


(M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: lidah buaya,   nutrisi,   kesehatan,   kecantikan,   wajah,   perawatan wajah