Mother&Baby Indonesia
Mengenal Air Fryer, Cara Menggoreng Sehat Tanpa Minyak

Mengenal Air Fryer, Cara Menggoreng Sehat Tanpa Minyak

Gorengan menjadi salah satu jenis makanan yang digemari banyak orang. Namun sayangnya, makanan yang dimasak dengan cara digoreng termasuk kategori makanan tak sehat karena mengandung lemak trans akibat pengolahannya dengan minyak goreng sehingga patut dihindari karena bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Namun, kini Anda pecinta gorengan tidak perlu was-was atau merasa bersalah lagi jika hendak makan gorengan. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini sudah ada alat masak yang dapat membantu anda menikmati makanan gorengan tanpa minyak goreng. Alat ini bernama air fryer. Ini adalah alat memasak yang digunakan untuk menggoreng makanan dengan sedikit hingga tanpa menggunakan minyak goreng sekalipun.

Makanan yang digoreng dengan air fryer hanya butuh sedikit minyak, sekitar 1-2 sendok makan, atau bahkan tidak sama sekali, tergantung jenis makanannya. Hasil gorengan dengan air fryer juga bisa sama persis dengan makanan yang digoreng dalam rendaman minyak goreng.



Nah, karena menggunakan sedikit minyak atau bahkan tidak sama sekali, masakan hasil air fryer juga mengandung lebih sedikit lemak. Bahkan dalam sebuah penelitian, kentang yang digoreng dengan air fryer memiliki kadar lemak 70% lebih rendah dibandingkan kentang goreng biasa. Kalorinya pun sudah pasti lebih rendah. Karena itu, penggunaan alat satu ini dianggap lebih menyehatkan dibandingkan dengan cara menggoreng makanan pada umumnya.

Cara Kerja Air Fryer

Bagaimana sih, sebenarnya cara kerja air fryer hingga alat ini bisa menggoreng tanpa menggunakan minyak goreng? Sebenarnya, cara kerjanya mirip dengan oven untuk memanggang makanan. Sederhananya, alat ini bekerja mematangkan makanan menggunakan udara panas yang beredar dengan kecepatan tinggi mengelilingi makanan. Nah, suhu panas yang dihasilkan akan membuat kandungan air di dalam makanan jadi menguap, sehingga dapat mematangkan sekaligus membuat tekstur renyah pada makanan yang digoreng.

Yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Air Fryer

Pada dasarnya, air fryer dapat digunakan untuk menggoreng hampir semua bahan makanan, seperti kentang, daging sapi, ayam, ikan, dan sebagainya. Bahan makanan yang ingin digoreng hanya perlu diletakkan di dalam wadah air fryer. Sederhana dan mudah, bukan? Namun, jika Anda ingin proses menggoreng dengan alat ini lebih maksimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni:

1. Keringkan makanan sebelum digoreng

Pastikan makanan dalam keadaan kering atau tidak mengandung banyak air saat hendak digoreng dengan air fryer. Semakin banyak air yang dikandung bahan makanan tersebut, maka air fryer akan semakin sulit untuk menghasilkan tekstur makanan yang garing dan renyah.

2. Panaskan terlebih dahulu



Sebelum digunakan, air fryer perlu dipanaskan terlebih dahulu. Kondisi air fryer yang telah panas akan membuat proses menggoreng jadi lebih cepat dengan hasil maksimal.

3. Jangan masukkan terlalu banyak makanan

Meski ruang di dalam air fryer cukup besar, Moms sebaiknya tidak memasukkan banyak makanan sekaligus ke dalamnya. Jika wadah air fryer terlalu penuh, hal tersebut akan memengaruhi tingkat kematangan yang dihasilkan jadi tidak sama dan rasa makanan pun tidak maksimal.

4. Perhatikan takaran minyak

Jumlah minyak yang digunakan saat menggoreng dengan air fryer juga tetap harus diperhatikan. Jangan sampai jumlahnya terlalu sedikit atau terlalu banyak. Umumnya, kita hanya perlu 1-2 sendok makan minyak untuk menggoreng. Bahkan, ada makanan yang tidak perlu menggunakan minyak sama sekali.

5. Bersihkan secara rutin

Sama dengan alat masak lainnya, air fryer juga wajib dibersihkan secara rutin. Perhatikan cara membersihkannya dengan benar sesuai dengan buku petunjuknya ya, Moms. Jika alat ini bersih, hasil gorengan pun juga akan maksimal (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: air fryer,   gorengan,   alat masak,   menggoreng sehat,   kesehatan