Mother&Baby Indonesia
Jangan Lakukan Kebiasaan Ini Jika Tak Mau Payudara Kendur

Jangan Lakukan Kebiasaan Ini Jika Tak Mau Payudara Kendur

Setiap wanita tentunya menginginkan bentuk payudara yang sempurna dan kencang. Namun tanpa disadari, kebiasaan-kebiasaan tertentu justru bisa membuat payudara Anda mengendur.

Seiring bertambahnya usia, payudara seorang wanita memang bisa mengalami perubahan bentuk. Pada umumnya, payudara akan terlihat mulai mengendur setelah Anda menginjak usia 40 tahun. Selain pertambahan usia, kehamilan dan proses menyusui bisa memicu kondisi yang sama.

Di sisi lain, penyebab payudara kendur bukan hanya hal-hal alami yang telah disebutkan di atas. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang membuat payudara kendur sebelum waktunya, Moms.



1. Mengenakan Bra dengan Ukuran yang Salah

Tidak sedikit wanita yang abai dalam hal memilih bra atau penyangga payudara yang ukuran dan bentuknya sesuai. Kebiasaan ini menjadi salah satu penyebab payudara kendur yang paling umum terjadi. Saat wanita tidak memakai ukuran bra yang tepat, maka artinya payudara tidak disangga dengan baik. Hal ini yang menyebabkan payudara kendur. Jadi pastikan, Anda mengenakan bra dengan ukuran yang pas agar payudara Anda tersangga dengan baik dan tetap kencang.

2. Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Kebiasaan merokok juga dapat membuat payudara kehilangan elastisitasnya sehingga mudah kendur. Pasalnya, merokok dapat mengurangi jumlah kolagen di kulit dan memperburuk aliran darah. Dampak buruk yang mungkin terjadi akibat merokok adalah munculnya tanda-tanda penuaan diri, termasuk payudara yang telihat kendur.



3. Menurunkan Berat Badan Secara Drastis

Banyak wanita yang menginginkan postur tubuh ideal sehingga mereka melakukan segala cara agar berat badannya berkurang dengan cepat. Hanya saja, penurunan berat badan yang terlalu drastis dapat membuat kulit kehilangan kekencangannya. Payudara terdiri dari kelenjar dan jaringan lemak. Itulah sebabnya, menurunkan berat badan terlalu cepat dapat membuat payudara menjadi kendur sebelum waktunya. Dengan melakukan diet seimbang, Anda dapat menjaga ketegangan di bawah kulit yang bertanggung jawab untuk menjaga payudara tetap sehat.

4. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Tabir surya termasuk salah satu perawatan tubuh esensial bagi masyarakat yang tinggal di daerah tropis, seperti Indonesia. Tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengaplikasikan tabir surya juga menjadi salah satu cara untuk menjaga payudara agar tidak kendur. Perlu diketahui, sinar matahari bisa menyebabkan kulit terbakar, keriput, dan menua sebelum waktunya. Dan hal ini juga bisa memengaruhi kekenyalan kulit di area payudara.

5. Malas Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu kunci untuk membantu menjaga payudara tetap kencang. Namun penting bagi Anda untuk mengetahui cara melatih area payudara. Sebagai catatan, gerakan maju dan mundur tertentu justru dapat mengurangi jumlah kolagen dan membuat payudara lebih mudah kendur. Sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter atau personal trainer sebelum berolahraga agar manfaatnya bisa maksimal. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: payudara,   kolagen,   kesehatan,   olahraga,   merokok