Mother&Baby Indonesia
Memahami Vasektomi, Ini Para Seleb Pria yang Melakukannya

Memahami Vasektomi, Ini Para Seleb Pria yang Melakukannya

Dengan ilmu pengetahuan yang semakin canggih, kini dapat ditemukan lebih banyak metode kontrasepsi dibandingkan 20 tahun yang lalu. Salah satunya adalah vasektomi yang khusus dilakukan oleh laki-laki. Mengutip laman NHS (National Health Service) UK, vasektomi lebih dari 99% efektif untuk mencegah kehamilan.

Metode ini dinilai sangat efektif sejak pertama kali dilakukan, sehingga penggunaan kontrasepsi lain tidak diperlukan. Walau begitu, tidak banyak laki-laki yang menjalani prosedur ini karena bersifat permanen. Lalu, apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum menjalani prosedur ini? Siapa saja yang pernah menjalaninya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, Moms!

Prosedur Penyegelan

Vasektomi bekerja dengan cara menghentikan sperma bercampur pada air mani, sehingga saat ejakulasi air mani tidak mengandung sperma dan tidak bisa membuahi sel telur. Kontrasepsi ini dilakukan melalui tindakan bedah ringan untuk menyumbat, memotong, atau menyegel saluran yang menyalurkan sperma dari testis ke penis (vas deferens).



Terdapat dua tipe vasektomi yang bisa dilakukan, yakni vasektomi konvensional dan vasektomi tanpa pisau bedah. Pada vasektomi konvensional, dokter akan menyayat kedua sisi skrotum kemudian vas deferens akan dihilangkan, diikat, atau dipotong. Bekas luka akan dijahit.

Sedangkan pada vasektomi tanpa pisau bedah, dokter akan membuat lubang pada kulit skrotum kemudian saluran vas deferens akan diikat atau disegel. Tanpa sayatan dan jahitan, prosedur ini dianggap lebih nyaman dan minim risiko komplikasi dibandingkan dengan prosedur konvensional.

Oleh karena modifikasi vas deferens dapat bersifat permanen, akan sangat sulit untuk membatalkan prosedur ini. Operasi pembatalan vasektomi disebut vasovastotomy, tapi metode ini sangatlah rumit dan sulit sehingga tidak ada jaminan pasti akan keberhasilannya. Maka, vasektomi perlu dipertimbangkan dengan sangat matang.

Beberapa Artis yang Menjalani Vasektomi

Walaupun melakukan vasektomi termasuk bukan keputusan yang gampang dilakukan, ternyata ada beberapa selebriti pria yang pernah menjalaninya. Siapa saja mereka?



Giring Ganesha

Pada tahun 2018, Giring Ganesha, mantan vokalis Nidji yang kini terjun ke dunia politik, memutuskan untuk melakukan vasektomi. Mengutip Liputan 6, Giring dan Cynthia Riza tak mau anak-anaknya tak mendapat kasih sayang yang tak adil. “Saya sih percaya, banyak anak banyak rezeki. Tapi kan, setiap anak butuh kasih sayang. Takutnya kalau terlalu banyak anak, jadinya malah enggak merata kasih sayangnya,” ujar Giring.

Dax Shephard

Komedian asal Amerika Serikat ini mengaku bahwa ia menjalani prosedur vasektomi akibat rasa cemas akan kehamilan selanjutnya. Pada acara yang dipandu oleh Jimmy Kimmel di tahun 2016, suami Kristen Bell ini mengutarakan keputusan nya tersebut. “Selama 8 jam saya membayangkan hidup bersama anak-anak ini. Hari itu adalah Selasa. Kemudian saya kembali ke rumah di hari Rabu untuk rapat. Kamis pagi, saya menjalani vasektomi,” ujar Dax.

Ozzy Osbourne

Mengutip People, vokalis band metal Black Sabbath ini mengaku telah menjalani prosedur vasektomi pada tahun 1986. Fakta inilah yang kemudian ia gunakan sebagai bukti saat memungkiri isu menjadi ayah dari anak baru pada tahun 2013.

Master Limbad

Pesulap Limbad dikabarkan telah menjalani prosedur vasektomi. Hal ini ia lakukan sebagai sebuah syarat dari istri pertamanya, Susi Indrawati, untuk berpoligami. Tetapi ternyata istri kedua, Benazir Endang, kemudian hamil. Mengutip Detik, ibu Benazir menyebutkan bahwa Limbad melakukan vasektomi setelah Benazir hamil. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   vasektomi,   artis,   selebriti