Mother&Baby Indonesia
Jerawatan? Kenali Tanda Kesehatan Berdasarkan Letak Jerawat

Jerawatan? Kenali Tanda Kesehatan Berdasarkan Letak Jerawat

Secara umum, jerawat terjadi ketika folikel rambut atau pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Biasanya, jerawat ditandai dengan benjolan atau bintik kecil berwarna kemerahan pada kulit. Jerawat bisa muncul di berbagai area kulit dengan kelenjar minyak yang banyak, khususnya di area wajah, leher, dada, dan punggung.

Namun, tak hanya membuat Anda jadi merasa tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri, jerawat pada dan area tubuh lainnya ternyata juga bisa menandakan kondisi kesehatan tertentu, lho! Hal ini disebut sebagai face mapping yang telah lama dipercaya oleh ilmu kedokteran Cina Kuno dan Ayurvedic. Melansir The Jakarta Post, berikut ini penjelasan Dr. Roshini Raj, gastroentologis dan co-founder merek perawatan kulit TULA, tentang jerawat dan tandanya bagi kesehatan.



1. Kening

Jerawat pada dahi biasanya disebabkan oleh stres dan masalah sistem pencernaan yang buruk. Munculnya jerawat juga bisa dipicu oleh berbagai faktor topikal seperti pemakaian topi atau rambut yang kotor. Menurut Dr. Raj, tidur setidaknya 7 jam sehari, mengonsumsi cukup air, memiliki pola makan sehat seimbang, serta menjaga kebersihan topi atau rambut dapat membantu Anda mengatasi jerawat yang sering muncul di kening.

2. Pipi

Jerawat pada pipi bagian atas seringkali berkaitan dengan sistem pernapasan, sedangkan pada pipi bagian bawah berkaitan dengan kebersihan mulut dan gigi yang buruk serta bakteri pada kulit. Untuk mengatasi jerawat di area pipi, Dr. Raj merekomendasikan untuk menjaga udara yang bersih di rumah dan membersihkan barang-barang yang sering bersentuhan dengan pipi, seperti telepon genggam, kuas makeup, serta sarung bantal.



3. Wilayah Hidung

Jerawat pada T-zone atau area dahi di antara alis, hidung, hingga dahi, seringkali dipicu oleh ketidakseimbangan bakteri pada sistem pencernaan atau alergi karena makanan. Secara spesifik, jerawat pada hidung berkaitan erat dengan masalah hati dan ginjal. Hidung yang memerah atau berjerawat juga bisa menandakan tekanan darah tinggi atau disfungsi hati.

“Beberapa ahli merekomendasikan untuk mengurangi asupan makanan olahan susu, daging merah, dan makanan siap saji, serta lebih banyak makan sayuran untuk memperbaiki rupa kulit hidung,” ujar Dr. Raj.

4. Dagu

Biasanya, jerawat pada bagian dagu menunjukkan adanya ketidakseimbangan hormon. Artinya, sistem endokrin Anda bisa saja sedang bermasalah. Siklus menstruasi dan pola makan yang buruk juga bisa memengaruhi hal ini. Untuk mengatasi jerawat di dagu, menurut Dr. Raj, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain tidur yang cukup secara rutin, pola makan yang sehat, minum teh spearmint, serta mengonsumsi suplemen omega-3.

5. Punggung, Tangan, dan Paha

Jerawat yang muncul di area punggung, tangan, dan paha seringkali disebabkan oleh fluktuasi hormonal dan genetik. Bahan pakaian yang Anda kenakan juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

Untuk mengatasi hal ini, Dr. Raj menyarankan pemilihan pakaian yang bersih dan tidak terlalu ketat, menggunakan losion kulit dan sabun yang bebas bahan penyumbat pori-pori, serta mengganti pakaian dengan bahan yang halus. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: jerawat,   kesehatan,   penyakit