Mother&Baby Indonesia
Eye Cream, Perlukah Dipakai dan Apa Manfaatnya buat Mata?

Eye Cream, Perlukah Dipakai dan Apa Manfaatnya buat Mata?

Buat sebagian besar wanita, produk perawatan kulit dan wajah sepertinya sudah menjadi kebutuhan wajib yang ada di dalam tas atau meja Anda, misalnya pembersih wajah, pelembap, hingga tabir surya. Namun, bagaimana dengan eye cream atau krim mata? Memang, tidak semua orang memasukkan eye cream ke dalam rutinitas perawatan kulit karena menganggapnya hanya produk tambahan.

Pentingnya Menjaga Kulit di Sekitar Mata

Padahal, mata merupakan salah satu organ penting yang harus dijaga kesehatannya, termasuk juga kulit yang berada di sekitar mata. Menjaga kesehatan kulit di sekitar mata penting karena kulit di sekitar mata lebih tipis, tidak memiliki kelenjar minyak, rentan terhadap kekeringan, serta cenderung mengalami kelelahan dan proses penuaan lebih cepat.

Selain pertambahan usia, pengaruh sinar matahari, dan gaya hidup, aktivitas kulit mata yang sangat aktif (pernah menghitung berapa kali kita mengedipkan mata dalam sehari?) membuat kulit di area mata menjadi bagian yang cepat mengalami kekeringan serta menunjukkan tanda-tanda stres dan penuaan dengan munculnya garis-garis kerutan kecil.



Karena itu, untuk mengatasi masalah-masalah pada mata tersebut, Anda memerlukan eye cream atau krim mata. Eye cream sendiri merupakan produk yang mengandung pelembap khusus untuk merawat kulit di sekitar mata Anda.

Manfaat Menggunakan Eye Cream

Mengutip Thebodyshop.co.id, eye cream berfungsi untuk melembapkan sekaligus menghaluskan kulit di sekitar mata. Umumnya, eye cream memiliki kandungan minyak lebih banyak daripada kandungan minyak pada pelembap wajah biasa. Semua bahan yang ada pada eye cream diformulasikan khusus untuk kulit di sekitar mata.

Selain itu, kulit di sekitar mata cenderung lebih tipis, sehingga perlu lebih banyak hidrasi. Nah, eye cream mampu memberikan hidrasi lebih daripada pelembap biasa, namun tetap bertekstur ringan dan menyerap lebih cepat sehingga tidak mengganggu pemakaian makeup di wajah.

Fungsi eye cream berikutnya adalah mengurangi tanda-tanda penuaan di sekitar mata, seperti garis-garis halus, keriput, dan lingkaran hitam di bawah mata. Pemijatan lembut saat menggunakan eye cream juga membantu memperlancar sirkulasi darah di sekitar kulit mata dan mengurangi mata bengkak. 



Kapan Harus Menggunakan Eye Cream?

Melansir Self, Dr. Harold Lancer, dokter kulit ternama yang sering menangani selebriti ternama, mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada usia tertentu Anda perlu memakai eye cream sebagai rutinitas. Namun, orang dengan kulit sangat kering, kulit sensitif, kantung mata, lingkaran hitam di mata, atau keriput di sekitar mata sebaiknya menggunakan eye cream

Sementara, banyak pakar kesehatan dan kecantikan menyarankan Anda agar mulai rutin memakai eye cream memasuki akhir usia 20-an atau awal usia 30-an, untuk menghindari masalah kulit di sekitar mata yang mungkin dialami. Selain itu, penting juga untuk melindungi kulit di sekitar mata pada siang hari dengan tabir surya khusus wajah untuk membantu mencegah kerusakan kulit akibat polusi dan penuaan dini.

Perlu tidaknya eye cream memang bergantung pada kondisi kulit di sekitar mata Anda. Jika Anda memiliki kulit wajah normal dan berminyak, Anda bisa cukup gunakan pelembap wajah yang kaya kandungan emolien untuk perawatan. Namun jika area mata memiliki kulit yang tipis, kering, dan rentan iritasi, tentunya perawatannya akan berbeda, dan Anda disarankan untuk menggunakan eye cream.

Mengutip HuffPost, Jika Anda memutuskan untuk menggunakan eye cream, pilihlah produk eye cream yang bebas pewangi buatan dan hypollergenic. Ini merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan pada area mata dengan jaringan kulit yang tipis. Krim dengan kandungan wewangian berisiko menyebabkan iritasi atau alergi di sekitar area mata. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   mata,   eye cream,   krim mata