Mother&Baby Indonesia
Sedang Viral! Manfaat Clover Honey untuk Anak dan Dewasa

Sedang Viral! Manfaat Clover Honey untuk Anak dan Dewasa

Moms, apakah akhir-akhir ini Anda memperhatikan bahwa di lini masa akun media sosial Anda banyak berseliweran produk-produk madu dengan warna kuning terang dan pekat? Ya, clover honey yang merupakan jenis madu yang berasal dari sari bunga tanaman semanggi ini memang terlihat berbeda dari madu kebanyakan yang berwarna cokelat bening.

Clover honey memiliki warna yang kuning pucat dengan tekstur yang begitu kental. Aromanya pun sangat khas dan meskipun teksturnya sangat kental dan creamy, madu ini ternyata cenderung terasa lebih ringan dan langsung lumer begitu menyentuh lidah Anda, hmm…

Ternyata, tak hanya lezat, katanya nih, madu yang sedang viral ini juga kaya akan nutrisi, melebihi madu-madu dari tanaman lainnya. Benar enggak, ya?



Kandungan Nutrisi Clover Honey dan Manfaatnya

Semua orang tahu bahwa manfaat madu untuk kesehatan tubuh sangat banyak, begitu pun dengan clover honey. Meskipun kandungan gulanya cukup tinggi, clover honey juga kaya akan nutrisi. Dalam satu sendok makan (sekitar 21 gram) clover honey, terkandung sekitar 60 kalori dan 17 gram karbohidrat.

Tak hanya itu, clover honey juga mengandung protein, lemak, serta vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, tembaga, kalsium, mangan, dan zinc. Kandungan senyawa antioksidannya pun membuat clover honey ini menjadi incaran, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Lalu, apa saja sih, manfaat clover honey ini?

1. Meningkatkan Imunitas

Madu murni yang satu ini memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang berasal dari hidrogen peroksida yang mampu membuat tubuh efektif dalam melawan kontaminasi benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga bisa menjaga sistem imun agar tetap prima.

2. Meredakan Gejala Flu dan Batuk

Jika sistem kekebalan tubuh semakin kuat, otomatis gejala flu dan batuk yang Moms alami pun bisa lebih cepat mereda. Kandungan antiradangnya juga akan sangat membantu tubuh mengusir flu dan batuk. Cukup konsumsi 1-2 sendok teh dalam sehari saat Anda flu atau batuk, atau campurkan dengan teh hangat, perasan lemon, dan jahe.

3. Memperbaiki Sistem Saluran Cerna

Kandungan gula dalam clover honey juga berperan sebagai prebiotik yang efektif melancarkan saluran cerna. Konsumsi clover honey dengan takaran yang pas secara rutin untuk membantu penyembuhan gangguan pencernaan, meredakan nyeri perut, sembelit, diare, serta tukak lambung.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat clover honey berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Sebagai langkah pencegahan dari masalah-masalah yang mungkin terjadi pada jantung, Moms bisa mulai mengonsumsi clover honey sejak dini. Sebab, clover honey mengandung banyak flavonoid dan asam fenolat, yang bersifat antiradang dan antioksidan. Dengan konsumsi rutin, kesehatan jantung akan lebih terjaga dan kadar kolesterol dalam darah pun berkurang.

5. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Moms, menyikat gigi dan berkumur saja tidak cukup lho, untuk menjaga kesehatan gigi. Ada banyak hal lainnya yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu mengonsumsi clover honey. Clover honey kaya akan kandungan antibakteri, antiradang, dan antioksidan yang bisa menghambat pertumbuhan kuman serta bakteri jahat pada gigi dan gusi. Tak hanya itu, kandungan-kandungan tersebut juga dapat mencegah peradangan gusi, serta menghambat pembentukan plak pada gigi.

6. Menangkal Stres Oksidatif

Stres oksidatif nyatanya terjadi karena adanya ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan. Dalam jangka panjang, hal ini bisa memicu berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Nah, masalah ini bisa ditangkal dengan clover honey. Madu ini memiliki kandungan antioksidan polifenol kuat yang berguna untuk membantu memerangi radikal bebas pemicu timbulnya berbagai jenis penyakit, seperti kanker, jantung, maupun rusaknya organ hati.



7. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Mengandung antiradang dan antibakteri, clover honey bermanfaat dalam mengurangi peradangan yang terjadi pada luka, mempercepat pertumbuhan jaringan kulit baru, serta membersihkan luka pada kulit. Bagi Moms atau Si Kecil yang memiliki masalah dermatitis atau eksim, kandungan clover honey juga bisa membantu menangani infeksi bakteri yang terjadi pada kulit sekaligus membuat kulit terasa lebih nyaman.

8. Pengganti Gula

Rasa clover honey yang light dan mudah larut dalam cairan membuat banyak orang yang memilih untuk menggunakannya sebagai pengganti gula, baik itu dikonsumsi dengan teh, kopi, maupun roti untuk sarapan. Walaupun jumlah gula yang dimilikinya sama dengan madu lainnya, namun clover honey merupakan pilihan yang sangat baik untuk mengatur kadar gula darah Anda. Dengan catatan, Moms tetap memperhatikan dan membatasi konsumsinya, ya.

Ada Aturan Pakainya, lho!

Untuk mendapatkan manfaat clover honey secara maksimal, bukan berarti kita harus mengonsumsinya dalam jumlah berlebih ya, Moms. Yuk, simak takaran tepatnya:

Balita

• Oleskan terlebih dahulu di bibir secukupnya saat konsumsi pertama kali untuk mengetahui apakah Si Kecil mengalami alergi atau tidak. Apabila tidak, Moms bisa melanjutkannya dengan memberikan 1 sendok teh clover honey, satu kali sehari, di saat perut kosong agar enzim bekerja maksimal. Jangan lupa berikan Si Kecil air putih setelahnya.

Clover honey bisa dikonsumsi begitu saja ataupun dicampurkan dengan air biasa atau teh hangat.

Dewasa

• Di pemakaian pertama, konsumsi sebanyak 1 sendok makan setiap hari sebanyak satu kali. Apabila cocok, maka bisa dilanjutkan menjadi 2-3 kali konsumsi setiap harinya, sebanyak 1 sendok makan.

Clover honey bisa dikonsumsi begitu saja maupun dicampur dengan air biasa atau air hangat, agar tidak merusak struktur madunya.

Efek Samping Mengonsumsi Clover Honey

Secara keseluruhan, sebenarnya clover honey tidak akan memberikan efek samping apa pun, meski dikonsumsi setiap hari, dengan dosis yang tepat. Namun, Moms perlu lebih waspada jika Moms atau Si Kecil memiliki indikasi hipersensitif terhadap beberapa kandungan dari clover honey. Sebaiknya, hindari mengonsumsi clover honey, untuk mencegah timbulnya efek samping.

Begitu pun jika Moms atau Si Keci tidak memiliki indikasi hipersensitif, namun mengalami efek samping sesaat setelah mengonsumsi clover honey. Segera hentikan penggunaannya dan hubungi dokter. (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: madu,   clover honey,   madu semanggi,   kesehatan