Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Menonton Film Horor untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Menonton Film Horor untuk Kesehatan Tubuh

Saat sedang bosan di rumah saja, sesekali menonton film bergenre horor memang seru ya, Moms. Terlebih, hari Jumat ini bertepatan dengan tanggal 13, yang membuat orang teringat dengan film horor Friday The 13th yang beken di tahun 90-an dulu. Tahukah Anda? Menurut penelitian, menonton film horor ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho! Melansir Times of India, ketahui manfaat baik film horor untuk kesehatan tubuh Anda, yuk!

1. Mengurangi Cemas

Siapa bilang film horor membuat Anda lebih cemas? Faktanya, respons tubuh fight or flight justru memicu otak untuk memompa adrenalin, glukosa, dan kortisol di tubuh. Semua itu membuat kecemasan berkurang, terlebih karena Anda menonton film horor dengan sukarela yang membuat Anda merasa aman dibanding merasa melihat ancaman secara langsung di dunia nyata. Tubuh bisa tahu mana ancaman nyata dan mana yang hanya di film.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal Stress menguak fakta bahwa menonton film horor bisa meningkatkan daya tahan tubuh lho, Moms. Ini karena jantung yang berdebar saat menonton film horor meningkatkan sirkulasi darah dan sel darah putih yang membasmi infeksi.



3. Memperbaiki Mood

Pernah merasa suasana hati atau mood menjadi lebih baik setelah menonton film horor? Ternyata itu memang sudah terbukti secara penelitian, Moms! Menonton film horor bisa mengurangi frustrasi dan meningkatkan rasa lebih bahagia. Ya, walaupun Anda mungkin masih takut saat film berakhir, namun tanpa Anda sadari hati Anda merasa lebih bahagia.

4. Membakar Kalori

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Westminster, Inggris, pada 2012 lalu, menunjukkan bahwa menonton film horor yang sangat menyeramkan bisa membakar kalori hingga 184 kalori. Ini mirip seperti berjalan kaki 40 menit lho, Moms!

Pembakaran kalori ini terjadi karena keluarnya stimulan penuh stres, yang menyebabkan munculnya hormon adrenalin. Moms pasti sudah tahu kalau hormon ini membuat jantung Anda berdebar kencang dan menyediakan energi untuk tubuh. Ya, energi tersebut dibuat dari kalori.



5. Meningkatkan Fungsi Otak

Sudah ada penelitian yang menyebutkan kalau menonton film horor akan membuat otak mengeluarkan neurotransmitters, yang meningkatkan aktivitas otak dan membuat Anda lebih waspada. Film horor membantu Anda meningkatkan fungsi otak, karena lebih siap menghadapi beberapa situasi sehari-hari.

6. Menjaga Hubungan Tetap Mesra

Menonton film horor bersama pasangan bisa jadi ide kencan sehat nih, Moms. Ketika Anda ketakutan, otak akan mengeluarkan zat kimia alami untuk membuat Anda merasa nyaman dan tenang, seperti hormon dopamin dan serotonin. Kedua hormon tersebut menjadi aktif ketika kita merasa nyaman atau jatuh cinta dengan seseorang. Lagi pula, ketakutan saat menonton film horor bisa jadi kesempatan untuk lebih "lengket" dengan suami, kan.

7. Mengusir Stres

Tak hanya memperbaiki mood, menonton film horor juga bisa mengusir stres. Sayangnya, ini hanya berlaku jika Anda benar-benar menyukai film horor dan benar-benar ketakutan menontonnya. Jika Anda tidak takut atau tidak suka film horor, manfaat ini tidak bisa Anda dapatkan. Maka untuk mengusir stres, coba pilih film yang paling Anda takuti.

Jadi, mau nonton film horor apa malam ini, Moms? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: film,   film horor,   kesehatan