Mother&Baby Indonesia
5 Bahan Alami yang Ampuh untuk Redakan Penyakit Kulit

5 Bahan Alami yang Ampuh untuk Redakan Penyakit Kulit

Gatal-gatal di kulit bisa terjadi karena berbagai macam penyebab. Namun satu yang pasti, gatal-gatal bisa membuat kita jadi sangat terganggu, merasa tidak nyaman, dan bahkan kerepotan karena harus menggaruk-garuk akibat tak tahan dengan gatal yang dirasakan.

Salah satu masalah kulit yang bisa menyebabkan munculnya gatal luar biasa adalah dermatitis atopik atau dikenal dengan istilah eksim. Penyakit ini merupakan radang kulit berbentuk ruam dan menyerang orang-orang yang memiliki kulit sensitif serta mudah teriritasi. Gangguan kulit ini biasanya terjadi dalam waktu lama, dapat kambuh sewaktu-waktu, dan tidak bisa hilang.

Eksim bisa dipicu oleh alergi makanan, udara dingin, produksi keringat berlebih, hingga stres. Sejauh ini obat untuk mengatasinya belum ditemukan, tetapi beberapa metode penanganan tertentu terbukti dapat mengurangi reaksi dan mencegah timbulnya gejala lanjutan.



Jika umumnya Anda menggunakan obat-obatan kimia untuk mengurangi reaksi eksim di kulit, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengurangi gejala penyakit tersebut. Bahan-bahan alami berikut bisa Anda jadikan alternatif untuk mengatasi masalah eksim.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memang telah lama dipercaya dapat memberikan manfaat untuk menyehatkan kulit. Lidah buaya mengandung antiinflamasi yang dapat membantu meredakan gejala eksim, seperti meredakan gatal dan mengurangi rasa panas pada kulit. Cara memakainya pun simpel, oleskan gel lidah buaya ke bagian kulit yang terkena eksim, lalu biarkan hingga meresap dan kering. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Gunakan dua kali sehari hingga gejala eksim mereda.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni mengandung vitamin K dan E serta asam laurat yang dapat meredakan gatal dan memberi efek sejuk pada kulit yang meradang. Minyak kelapa juga memiliki khasiat antijamur, antibakteri, dan antioksidan yang dapat mencegah risiko infeksi pada kulit penderita eksim.

Oleskan minyak kelapa ke kulit yang terkena gatal atau meradang selama beberapa kali dalam sehari. Makin sering makin baik karena masalah utama eksim adalah kulit yang terlampau kering, dan minyak kelapa bisa memberikan kelembapan ekstra.



3. Cuka Apel

Cuka apel bisa membantu mengurangi gejala eksim. Tapi jangan gunakan cuka apel terlalu banyak karena bisa merusak jaringan lunak pada kulit. Cara memakai cuka apel, campur 1 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena eksim. Anda juga bisa menggunakan bantuan kapas atau kasa yang direndam ke dalam larutan cuka apel, lalu kompreskan ke bagian kulit yang terkena eksim selama beberapa saat.

4. Oatmeal

Oatmeal juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari gatal, eksim, hingga luka bakar. Makanan dari gandum utuh ini punya sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan gatal serta rasa panas yang disebabkan eksim.

Oatmeal juga mengandung fenol dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan gatal-gatal. Gunakan oatmeal sebagai pereda gatal dengan cara mencampur satu cangkir oatmeal ke dalam ember berisi air. Lalu rendam bagian kulit yang terkena eksim di dalam campuran air tersebut selama 30 menit.

5. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi eksim, karena kunyit dikenal memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Cara pakainya pun mudah. Tumbuk kunyit hingga halus dan berbentuk seperti pasta, lalu oleskan pada kulit dan biarkan hingga kering. Setelah itu baru bilas sampai bersih.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa kita gunakan untuk meredakan gejala eksim. Namun, jika setelah memakai bahan-bahan tersebut masalah gatal di kulit Anda belum juga reda, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   penyakit kulit,   dermatitis atopik,   eksim,   bahan alami