Mother&Baby Indonesia
7 Pilihan Camilan Sehat buat Temani Aktivitas Anak di Rumah

7 Pilihan Camilan Sehat buat Temani Aktivitas Anak di Rumah

Makan camilan atau snacking bukan hanya kegemaran orang dewasa, anak-anak juga menyukai hal tersebut. Menurut Mayoclinic.org, ngemil tidak selalu berarti hal yang buruk buat anak lho, Moms. Bahkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan pemberian camilan sehat untuk anak sebanyak 2 kali sehari di sela waktu makan utama.

Apalagi di masa Si Kecil mesti melakukan proses pembelajaran jarak jauh dan harus selalu berada di rumah, ia tentunya juga akan menjadi cepat bosan. Moms sebagai orang tua tentu saja perlu mengeluarkan kreativitas ekstra agar Si Kecil tetap semangat belajar dan tidak dihinggapi kejenuhan mesti berada di rumah terus. Salah satunya adalah dengan menyediakan camilan sehat.



Meskipun demikian, pemberian camilan buat anak haruslah yang memiliki nutrisi seimbang untuk mendukung terpenuhinya kebutuhan gizi Si Kecil. Berikan juga camilan secara terjadwal di antara jam makan utama, sehingga tidak mengganggu waktu makan utama anak dan malah memicu perilaku makan yang buruk.

Baca juga: Aturan Memberikan Camilan Sehat untuk Balita

Nah, untuk menemani aktivitas Si Kecil saat di rumah saja, berikut ini M&B merekomendasikan beberapa pilihan camilan sehat untuk dikonsumsi anak. Moms juga bisa membuatnya di rumah, dan untuk menambah keseruan, ajak juga Si Kecil untuk membantu Anda.



1. Sandwich

Sandwich merupakan makanan yang digemari banyak orang. Moms juga bisa membuatnya dengan berbagai pilihan isi, sehingga Si Kecil tidak akan merasa bosan, misalnya dengan daging cincang, ayam, atau telur mata sapi yang sudah dimatangkan terlebih dahulu, lalu lapisi dengan daun salada, olesi mayones, dan ditutup dengan roti di kedua sisinya. Selain itu, isian mentimun dan tomat juga bisa menjadi pilihan. Tambahkan lembaran keju kesukaan Si Kecil.

2. Pizza Buah

Moms bisa beli kulit tortilla di supermarket, lalu panggang dalam oven atau di atas wajan tanpa minyak. Setelah matang, olesi dengan mayones dan beri topping irisan buah-buahan seperti jeruk, nanas, alpukat, stroberi, dan pisang. Jangan lupa untuk taburi keju di atasnya. Rasa manis buah dan renyahnya pizza akan selalu menarik perhatian Si Kecil untuk mencicipinya.

3. Popcorn

Popcorn merupakan salah satu makanan ringan yang digemari banyak orang. Biasanya, popcorn menjadi camilan yang wajib ada saat kita menonton film bersama. Popcorn jadi camilan yang sehat jika dikonsumsi tanpa tambahan rasa atau penyedap. Moms bisa membuat sendiri popcorn di rumah yang tentunya lebih sehat buat Si Kecil.

4. Sayuran Celup

Sayuran juga bisa menjadi camilan yang menarik untuk anak lho, Moms. Anda bisa merebus wortel, seledri, brokoli atau juga mengiris tomat ceri atau mentimun terlebih dahulu. Lalu, siapkan celupan sebagai saus, seperti hummus, saus kacang, atau saus keju yang dilelehkan. Penggabungan sayur dan saus celupan ini akan menjadi ide camilan inovatif buat anak.

5. Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu pilihan camilan yang menyehatkan untuk anak, karena merupakan sumber protein dan kalsium yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. Berikan yoghurt tanpa rasa atau plain yoghurt dengan ditambahi topping buah-buahan, seperti seperti stroberi, pisang, anggur, ataupun buah kering seperti kismis di atasnya.

6. Crackers

Crackers bisa jadi pilihan camilan juga buat Si Kecil. Akan tetapi, pilihlah crackers yang terbuat dari gandum utuh karena lebih menyehatkan untuk anak. Anda bisa olesi crackers dengan selai kacang atau berikan dengan tambahan irisan apel, pisang, alpukat, maupun lembaran keju. Si Kecil pasti suka!

7. Oatmeal

Oatmeal memang identik untuk sarapan, namun tak ada salahnya disantap sebagai camilan untuk anak, Moms. Agar oatmeal yang disajikan tidak terasa hambar, Moms bisa tambahkan dengan bahan lain, misalnya irisan apel, pisang, stroberi, kiwi, dan tambahkan dengan madu atau bubuk kayu manis jika Si Kecil suka. Untuk menambah nilai nutrisinya, Anda bisa membuat oatmeal menggunakan susu. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: camilan sehat,   anak,   balita