Mother&Baby Indonesia
10 Trik Tepat untuk Mengatasi Anak Picky Eater

10 Trik Tepat untuk Mengatasi Anak Picky Eater

Tumbuh kembang anak bukanlah suatu proses yang berjalan mulus. Ada saatnya orang tua harus menghadapi tantangan yang tidak mudah, misalnya saat Si Kecil mulai pilih-pilih makanan. Pusing memang, tapi bukan berarti masalah ini tidak bisa ditangani, Moms. Anda tak perlu khawatir, ini 10 trik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak picky eater:

1. Kenalkan Secara Perlahan

Langkah pertama, Moms perlu bersabar saat mengenalkan makanan baru pada Si Kecil. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), butuh 10 hingga 15 kali mengenalkan makanan baru pada Si Kecil sampai ia menyukainya.



2. Kenalkan Melalui Cerita atau Edukasi

Menurut dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed, Konsultan Gizi-MPASI Klinik Tumbuh Kembang Anak My Lovely Child dan penulis buku Diary Pintar Bunda Menyusui dan MP-ASI, cara ini bisa menstimulasi anak untuk menyukai makanan. Ceritakan karakter favorit Si Kecil, misalnya melalui karakter dinosaurus pemakan tumbuhan seperti apatosaurus, sehingga anak bisa diajak untuk ikut menyukai sayuran.

3. Bervariasi dan Bergizi Seimbang

Biasakan Si Kecil untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang. Buat menu harian lengkap mengandung seluruh komponen zat gizi yang dibutuhkan Si Kecil, terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam setiap menu utamanya.

4. Berikan Porsi yang Tepat

Jangan beri porsi yang terlalu banyak ketika Anda sedang mengenalkan makanan baru pada Si Kecil. Porsi makan anak adalah setengah dari porsi makan orang dewasa.



5. Ciptakan One Bite Dish

Sebagian anak lebih suka makan dalam porsi kecil namun sering. Buat makanan dengan kandungan gizi lengkap dalam porsi kecil. Ibaratnya, dalam “satu gigitan” saja, makanan tersebut sudah memenuhi gizi seimbang.

6. Atur Jadwal Makan Utama dan Camilan

Jadwal makan yang teratur akan membantu menciptakan sensasi lapar dan kenyang pada anak jadi lebih baik. Berikan menu utama pada jadwal makan utama, bukan untuk camilan. Menurut dr. Zuhrah, disiplin dan konsisten dalam penerapan jadwal pemberian makan ini menjadi kunci sukses dalam mempertahankan nafsu makan anak.

7. Ajak Anak Menyiapkan Makanan

Biarkan Si Kecil membantu Anda menyiapkan makan siang, makan malam, dan kudapannya sendiri. Ajak pula Si Kecil berkreasi mengolah makanannya. Sebuah penelitian menunjukkan, anak yang ikut menyiapkan makanannya akan memiliki sikap positif pada makanan dan akan memakan makanan yang ia siapkan.

8. Menjadi Role Model

Si Kecil adalah peniru andal. Kebiasaan makan orang tua akan berpengaruh pada kebiasaan anak. Jika Anda makan sayur, pasti ia juga akan makan sayur.

9. Ajarkan untuk Fokus

Jangan alihkan perhatian Si Kecil terhadap makanan dengan memberikan tontonan, mainan, atau buku saat ia sedang makan. Waktu makan ya untuk makan, bukan untuk kegiatan lainnya.

10. Batasi Waktu Makan

Waktu ideal Si Kecil untuk makan adalah 30 menit. Membiarkan Si Kecil makan terlalu lama hanya akan membuatnya bosan dan ia malah tidak akan menghabiskan makanannya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   picky eater,   anak makan