Mother&Baby Indonesia
Ini Tanda-tanda Anak Menerima Cukup Perhatian Orang Tua

Ini Tanda-tanda Anak Menerima Cukup Perhatian Orang Tua

Kehadiran anak di dalam keluarga tentu membawa kebahagiaan tersendiri. Rasanya ingin memberikan semua perhatian dengan selalu bersama Si Kecil setiap saat. Orang tua pun akan meluangkan waktunya, meski di tengah kesibukan sekalipun.

Akan tetapi, terkadang mungkin muncul pertanyaan dalam diri Anda, "Apakah Si Kecil sudah merasakan dan mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tuanya?" Mungkin Anda jadi merasa ragu dengan hal yang telah dilakukan sebagai bentuk perhatian untuk anak. Jangan khawatir, karena ada tanda-tanda yang tampak jika anak menerima perhatian yang cukup dari orang tuanya.

1. Terbuka saat Bercerita

Jika Moms dan Dads memberikan perhatian yang cukup, maka Si Kecil akan semakin mudah terbuka saat bercerita. Tak hanya pada orang tua, anak juga lebih mudah membagikan pengalaman atau perasaannya dengan orang terdekat lainnya.



2. Kepercayaan Diri Menonjol

Anak yang cukup menerima perhatian dari orang tuanya mampu menunjukkan keterampilannya dengan penuh percaya diri. Tak jarang mereka bisa menghasilkan prestasi yang bagus, baik secara akademik maupun non-akademik.

3. Aura Positif

Si Kecil akan lebih tampak positif, banyak tersenyum, dan memperlihatkan antusiasmenya pada sesuatu. Hal yang paling mudah terlihat adalah saat ia menantikan kehadiran sosok ayah dan ibunya, terutama setelah seharian beraktivitas.

4. Mudah Beradaptasi

Aura positif yang dimiliki Si Kecil bisa membuatnya lebih mudah beradaptasi. Kepribadiannya yang cukup terbuka saat berkomunikasi dengan orang baru bisa menjadi bukti bahwa ia menerima cukup perhatian dari Moms dan Dads.



5. Bahagia

Satu tanda yang paling penting adalah Si Kecil merasa bahagia. Ia menjadi anak yang ceria, tidak gampang rewel ataupun mengalami tantrum, dan tidak mudah murung. Anak pun senang saat sedang makan dan tidak sulit untuk diajak tidur. Intinya, Si Kecil memiliki perkembangan yang baik dan sesuai dengan pertambahan usianya.

Tanda-tanda tersebut bisa menjadi patokan bagi orang tua untuk meyakinkan diri bahwa sang anak mendapat perhatian yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan. Selama Anda masih bisa meluangkan waktu untuk bermain dan menghabiskan waktu bersamanya, anak akan bisa merasakan keberadaan dirinya dianggap dan bisa memberikan kebahagiaan juga untuk Moms dan Dads.

Hal ini tentu akan memengaruhi tak hanya perkembangan secara kognitif dan motorik, tetapi fisiknya juga bisa selalu sehat karena sistem imun yang bekerja dengan baik, kesehatan mentalnya juga bisa lebih terjaga, yang Si Kecil dapatkan dari sapaan, pelukan, dan ucapan hangat dari orang tuanya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   perhatian orang tua