Mother&Baby Indonesia
6 Tips Mudah Ajarkan Balita Nyaman Menyapa Orang Lain

6 Tips Mudah Ajarkan Balita Nyaman Menyapa Orang Lain

Menyapa orang lain merupakan hal yang tak mudah dilakukan bagi anak yang pemalu atau introvert. Mungkin Si Kecil lebih memilih untuk berlindung di balik tubuh Moms atau Dads saat diminta untuk menyapa orang yang ditemuinya. Atau justru ia akan memperlihatkan muka masam dan tak nyamannya saat terpaksa harus menyapa.

Namun hal ini tidak boleh dibiarkan, Moms! Anda perlu mengajarkan Si Kecil untuk lebih berani dan nyaman menyapa orang lain karena hal ini akan berpengaruh pada keterampilan sosialnya kelak. Salam atau menyapa juga merupakan awal dari sebuah interaksi sosial. Maka, penting untuk mengajarkan Si Kecil agar bisa merasa nyaman saat menyapa orang lain.

Nah, berikut ini beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan Si Kecil menyapa orang lain:



1. Ajari Anak Membuat Kontak Mata dengan Orang Lain

Melakukan kontak mata saat menyapa adalah hal penting. Mungkin anak akan merasa malu untuk menatap mata orang lain, namun menurut Patricia Rossi, penulis Everyday Etiquette, ini merupakan cara untuk membantu Si Kecil merasa tidak terlalu terintimidasi saat menyapa orang lain.

2. Bantu Si Kecil Menjawab dengan Singkat

Saat Si Kecil mengunjungi tempat yang terdapat banyak orang di sana, Moms bisa membantunya untuk mengarahkan apa yang harus ia katakan ketika ada orang yang menyapa atau bertanya padanya. Saat ia ditanya bagaimana kabarnya, Moms bisa memberitahunya untuk menjawabnya dengan “Baik, terima kasih.”

Memberi tahu Si Kecil beberapa kutipan singkat dan sederhana dapat membantunya merasa tidak terlalu tertekan untuk memikirkan sesuatu yang harus dikatakan saat ia berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, ini juga bisa mencegahnya untuk memberikan terlalu banyak informasi yang mungkin menjadi masalah keamanan.

3. Bersikaplah Supportif dan Beri Anak Semangat

Saat anak Anda tidak berhasil menyapa orang lain, yakinkan ia bahwa Anda tahu di lain kesempatan Si Kecil pasti bisa menyapa orang lain dengan cara lebih baik lagi. Jika ia merasa kecil hati atau melakukan kesalahan saat menyapa orang lain, Moms bisa mendorongnya agar ia mau belajar dari pengalamannya tersebut dan menerapkannya pada kesempatan berikutnya. Jika Si Kecil berhasil menyapa orang lain, katakan padanya betapa bangganya Anda ketika melihatnya bisa menyapa seseorang dengan begitu baik.



4. Ajari Si Kecil Mau Berjabat Tangan

Saat menyapa seseorang, tak jarang kita pun berjabat tangan dengan orang tersebut. Hal ini juga bisa Moms ajarkan pada Si Kecil. Lakukanlah permainan peran dengan memintanya berpura-pura menyambut Anda dengan jabatan tangan yang penuh percaya diri.

5. Pastikan Anak Mau Berdiri saat Menyapa Orang Lain

Jika anak Anda sedang duduk, saat tengah berada di restoran atau di rumah, kemudian ada orang lain atau kenalan menghampiri dan menyapanya, beri tahu Si Kecil untuk berdiri sebelum menyapa atau mengucapkan salam pada orang tersebut.

6. Buat Saat Mengajarinya Menyapa Jadi Menyenangkan

Saat mengajarkan Si Kecil untuk menyapa orang lain dengan santai dan nyaman, pastikan Anda membuat waktu belajar ini menjadi menyenangkan dan tidak membuatnya merasa terpaksa melakukannya. Cobalah membuat suasana yang menyenangkan saat bermain peran tersebut.

Jangan lupa untuk memberikannya banyak pujian ketika ia bisa belajar menyapa orang lain dengan baik. Katakan pada anak Anda bahwa ketika ia menyapa orang dengan sopan, orang tersebut pasti akan menghadiahinya dengan pujian. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   anak mau menyapa